Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Perangkat Pembelajaran Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013

Perangkat Pembelajaran Matematika Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013

Kurikulum 2013 (K-13) telah lama mengalami revisi. Awalanya, mata pelajaran Matematika masuk dalam pembelajaran tematik. Namun, karena dianggap membuat pemahaman siswa menjadi kurang, K-13 direvisi dengan menjadi mapel Matematika pada kelas 4 terpisah dengan tematik. 

Matematika menjadi mata pelajaran tersendiri di kelas 4. Lalu, diterbitkanlah buku guru dan buku siswa mata pelajaran Matematika kelas 4. Ini pun akhirnya guru kelas harus melengkapi adminitrasi kelasnya dengan berbagai program pembelajaran mata pelajaran Matematika.

Bagi guru kelas 4 wajib memiliki program atau perangkat pembelajaran. Mulai dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sampai program semester. Biasanya di awal semester guru kelas telah siap dengan program-program pembelajaran tersebut. 

Ada pula Analisis Keterkaitan SKL, KI, KD, IPK, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan penilaian. Semua perangkat pembelajaran Matematika kelas 4 tersebut disusun melalui kegiatan kelompok kerja guru (KKG) atau guru membuat sendiri.

Nah, kali ini SekolahDasar.Net akan berbagi file-file program atau perangkat pembelajaran Matematika Kelas 4 semester genap. Selanjutnya, Anda dapat mengedit atau mengubahnya sesuai dengan kondisi sekolah. File tersebut dalam format MS Word sehingga guru kelas 4 lebih mudah untuk mengeditnya.

Download Perangkat Pembelajaran Matematika Kelas 4 Semester 2 K-13

Perangkat atau program pembelajaran Matematika banyak jenisnya. Silabus salah satunya. Silabus bermanfaat untuk pedoman dalam pengembangan pembelajaran, seperti RPP, pengelolaan kegiatan pembelajaran, dan pengembangan penilaian. 

Ada pula program tahunan (prota) dan program semester (promes). Prota dan promes merupakan hasil analisis jumlah minggu efektif, jumlah Kompetensi dasar (KD), kesulitan KD. Sehingga dapat ditentukan alokasi waktu untuk setiap KD pada Kalender Pendidikan.

Tidak perlu beli, guru kelas dapat mencari kelengkapan program pembelajaran Matematika kelas 4 di internet. Selengkapnya perangkat atau program pembelajaran mata pelajaran Matematika kelas 4 semester 2 dapat didownload melalui link berikut ini:

Perangkat Pembelajaran Matematika Kelas 4 Semester 2 .Rar

Semoga perangkat atau program pembelajaran yang sudah Anda download di atas bermanfaat. Anda juga dapat melihat Soal Penilaian Harian K-13 Kelas 4 Semester 2 Mapel Matematika untuk melengkapi bank soal kelas 4 khusus mata pelajaran Matematika.