Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Soal Penilaian Harian K-13 Kelas 4 Semester 2 Mapel Matematika

Soal Penilaian Harian K-13 Kelas 4 Semester 2 Mapel Matematika

Bentuk evaluasi dari penilaian Kurikulum 2013 (K-13) yaitu berupa penilaian harian, penilaian tengah semester (PTS), dan penilaian akhir semester (PAS) atau penilaian akhir tahun (PAT) di semester genap. Dimana dalam komposisi penilaian rapor, penilaian harian memiliki bobot lebih besar. Rumus nilai rapor yaitu, 2 x nilai penilaian harian + nilai PTS + nilai PAS/PAT dibagi 4. 


Salah satu mata pelajaran pada K-13 untuk SD kelas 4 adalah Matematika. Bagi guru kelas 4, tentunya di awal semester telah melakukan pemetaan Kompetensi Dasar (KD) Mapel Matematika. Hal ini agar kegiatan belajar mengajar bisa terukur dan disesuaikan dengan kalender pendidikan agar tepat waktu dan tepat tujuan. Selain itu, dapat mempermudah dalam menyusun kisi-kisi soal penilaian.

SekolahDasar.Net akan membagikan soal penilaian harian mapel Matematika untuk kelas 4 semester 2. Tidak hanya itu, file yang dibagikan juga dilengkapi dengan kisi-kisi soal dan kunci jawaban. Sebelumnya, berikut adalah materi pokok dan KD Matematika kelas 4 semester 2 sesuai dengan K-13 revisi terbaru:

7. Pembulatan Bilangan

3.7. Menjelaskan dan melakukan pembulatan hasil pengukuran panjang 

8. Segi Banyak

3.8. Menganalisis sifat-sifat segibanyak beraturan dan segibanyak tidak beraturan.

9. Keliling dan Luas Daerah

3.9. Menjelaskan dan menentukan keliling dan luas persegi, persegipanjang, dan segitiga serta hubungan pangkat dua dengan akar pangkat dua.

10. Hubungan Antar Garis

3.10. Menjelaskan hubungan antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit) menggunakan model konkret.

11. Data dan Pengukuran

3.11. Menjelaskan data diri peserta didik dan lingkungannya yang disajikan dalam bentuk diagram batang.
4.11. Mengumpulkan data diri peserta didik dan lingkungannya dan menyajikan dalam bentuk diagram batang.

12. Pengukuran Sudut dengan Busur Derajat

3.12. Menjelaskan dan menentukan ukuran sudut pada bangun datar dalam satuan baku dengan menggunakan busur derajat.

Download Soal Ulangan Harian Matematika Kelas 4 Semester 2


Untuk bahan belajar siswa kelas 4 SD/MI dapat mengerjakan soal-soal latihan di atas. Selengkapnya file soal harian semester 2 pelajaran Matematika kelas 4 SD sesuai Kurikulum 2013 yang disertai kunci jawabannya dan kisi-kisi soal dapat didownload melalui tautan berikut ini: 


Untuk menguasai bahan ajar Matematika kelas 4 SD dibutuhkan banyak latihan. Setelah memahami konsep dasar materi Matematika, siswa harus sering mencoba mengerjakan soal-soal Matematika. Semoga kumpulan soal penilaian harian Matematika kelas 4 semester 2 di atas bermanfaat.