Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pentingnya Jurnal Harian Mengajar Bagi Guru Kelas SD

Pentingnya Jurnal Harian Mengajar Bagi Guru Kelas SD

Guru kelas pasti tidak asing dengan Buku Jurnal Harian mengajar. Jurnal harian merupakan bagian dari Administrasi kelas atau Buku Kerja Guru yang disiapkan guru kelas di awal tahun ajar baru atau di awal semester. Menyiapkan jurnal harian sama pentingnya dengan menyiapkan perangkat pembelajaran lain.

Lihat juga: Cara Supaya Siswa Tidak Jalan-Jalan Saat Guru Mengajar

Jurnal pembelajaran harian bagi guru kelas SD merupakan suatu administrasi yang dikerjakan atau diisi oleh guru kelas setiap harinya. Selain merekap data kegiatan, jurnal harian juga sebagai acuan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Agar kegiatan belajar mengajar terlaksana lebih efektif dan efesien.

Yang perlu diisi dalam jurnal Kegiatan pembelajaran K-13 dapat berupa hal-hal yang menarik dalam pembelajaran. Misalnya, mencatat temuan yang terjadi dalam kelas pada saat kegiatan pembelajaran. Jurnal harian kelas sangat penting untuk peningkatan mutu pembelajaran karena jurnal untuk atau sebagai bahan untuk refleksi pembelajaran.

Selain itu, jurnal harian mengajar bagi guru kelas SD wajib dimiliki sebagai bentuk administrasi kelas. Biasanya Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah selalu menanyakan keberadaan buku jurnal ketika melakukan super visi. Anda tak perlu repot lagi membuat atau menulis tangan buku jurnal. Berikut buku jurnal harian untuk guru kelas SD.

DOWNLOAD BUKU JURNAL HARIAN GURU KELAS 1, 2, 3, 4, 5, DAN 6

Jurnal atau guru juga menyebutnya Agenda Guru untuk proses mengajar kelas 6 semester 1 Kurikulum 2013 (K-13) yang SekolahDasar.Net bagikan memuat beberapa data isian. Diantaranya yaitu pengisian suatu tema, subtema dan pembelajarannya, dengan ruang lingkup mulai dari materi pokok, kegiatan mengajar, dan penilaian pembelajaran.

Jurnal harian kelas ini menggunakan MS Word sehingga akan memudahkan guru kelas untuk mengedit. Misalnya untuk pengisian identitas sekolah, penetapan KI dan KD yang sudah disiapkan pada RPP, sumber alat bahan mengajar. Jurnal Harian Guru Kelas 1, ,2 ,3 ,4 , 5, dan 6 semester ganjil dapat didownload melalui link berikut: