Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Supaya Siswa Tidak Jalan-Jalan Saat Guru Mengajar

Cara Supaya Siswa Tidak Jalan-Jalan Saat Guru Mengajar
Siswa yang suka jalan-jalan dalam kelas akan membuat tidak kondusif. Berikut cara supaya tidak jalan-jalan di dalam kelas saat guru mengajar.

Ketika Anda mengajar, biasanya siswa akan duduk dengan tenang dan memperhatikan Anda. Akan tetapi, ternyata ada pula tipe siswa yang tidak bisa duduk tenang dan selalu berjalan-jalan di kelas meski Anda masih berada di dalam kelas. Nah, untuk mengantisipasinya, berikut cara supaya tidak jalan-jalan di dalam kelas saat guru mengajar.

Ketika ada siswa yang berjalan-jalan di waktu jam belajar berlangsung pastinya akan membuat suasana kelas menjadi tidak kondusif. Hal ini akan mengganggu konsentrasi teman-teman di kelasnya, sehingga proses mengajar menjadi tidak maksimal.

Cara Mengatasi Siswa yang Suka Jalan-Jalan di Dalam Kelas Saat Pelajaran


Suasana kelas yang tidak kondusif karena ada siswa yang suka jalan-jalan pastinya bukan hal yang Anda inginkan. Selain membuat Anda terganggu, perilaku siswa yang suka jalan-jalan ini pastinya akan membuat konsentrasi teman-temannya menjadi hilang. Jika hal tersebut terus-menerus terjadi, hal ini dapat mengganggu prestasi belajar seluruh siswa di kelas.

Jika dilihat sekilas, mungkin banyak orang berpikiran bahwa siswa yang suka jalan-jalan di kelas bukanlah perilaku yang wajar. Tetapi ternyata, siswa yang suka jalan-jalan bukanlah sebuah masalah. Hal ini dikarenakan siswa tersebut cenderung memiliki gaya belajar tipe kinestetik.

Seorang siswa yang cenderung tergolong tipe kinestetik memiliki gaya belajar yang tidak bisa diam dan harus bergerak untuk memudahkan dirinya memahami pelajaran. Hanya saja karena metode di sekolah lebih banyak mengharuskan seorang siswa duduk tenang dan mendengarkan penjelasan guru, maka anak tipe kinestetik cenderung dicap sebagai anak pembawa masalah.

Sebagai guru, pastinya Anda harus bertindak dengan bijaksana agar semua siswa bisa menerima pelajaran yang diberikan. Untuk mempermudah Anda mengatasinya berikut cara supaya tidak jalan-jalan di dalam kelas saat guru mengajar.

1. Beri Alternatif Kegiatan Tanpa Mengganggu Temannya


Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengajak siswa tersebut untuk mengobrol bersama. Anda bisa membicarakannya saat jam istirahat ataupun setelah pulang sekolah.
Tanyakan kepada siswa tersebut mengapa dirinya lebih suka jalan-jalan di dalam kelas. Anda bisa mengajak berdiskusi mengenai aktivitasnya apakah nyaman untuk orang lain ataukah hanya untuk kesenangannya semata.

Hal tersebut dapat menjadi pemikiran bagi siswa, sehingga siswa menjadi sadar dan mampu mencari solusi selain harus jalan-jalan di dalam kelas. Meskipun begitu, Anda tetap harus mengarahkan siswa agar dirinya mampu mengikuti pelajaran dengan caranya sendiri.

Anda bisa memberikan saran agar siswa tersebut tetap bisa menerima materi tanpa harus mengganggu temannya. Biasanya anak dengan tipe kinestetik harus melakukan sesuatu aktivitas meski gurunya sedang menjelaskan di depan kelas. Anda bisa memberikan pilihan untuk siswa mengunyah permen karet ataupun memainkan pulpen saat pelajaran berlangsung.

2. Ganti Metode Mengajar


Agar siswa yang Anda ajar tidak bosan dengan metode mengajar Anda, sesekali mengubah metode mengajar bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain bisa mengajak siswa dengan tipe kinestetik menemukan cara yang disukainya, mengganti metode belajar juga bisa menjadi refreshing bagi siswa dengan gaya belajar visual maupun auditori.

Anda bisa melakukan praktikum untuk pelajaran sains ataupun mempraktikkan langsung di sekitar jika mengajar pelajaran ilmu sosial. Mengajar dengan menggunakan metode praktik langsung akan mempermudah siswa untuk mencerna materi yang sudah diberikan.

Meskipun mengganti metode mengajar bisa menjadi alternatif cara Anda mengajar, cara ini juga harus Anda diskusikan dengan guru lain. Dengan adanya kerjasama antar guru akan membuat siswa dengan tipe kinestetik menjadi lebih bersemangat saat bersekolah.

3. Ubah Suasana Kelas


Jika Anda kesulitan mengubah metode pengajaran, cara paling mudah dan murah adalah dengan mengubah suasana kelas. Anda bisa meminta bantuan siswa di kelas untuk menata bangku secara berputar atau membuat ruangan kelas tanpa bangku.

Meskipun cara ini belum terjamin efektif, mungkin siswa tipe kinestetik menginginkan suasana kelas yang berbeda. Terlebih sebelum kelas dimulai, dirinya sudah mengeluarkan energi untuk menata ruangan kelas. Sehingga energi untuk jalan-jalan di dalam kelas saat pelajaran berlangsung sudah berkurang.

Cara supaya tidak jalan-jalan di dalam kelas saat guru mengajar bisa Anda coba ketika menemukan siswa tipe kinestetik. Anda bisa mengembangkan sendiri cara mengajar Anda, sehingga seluruh siswa tidak merasa bosan dengan pelajaran yang Anda ajarkan.

Berlangganan via Email