Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

5 Alasan Kenapa Anda Tidak Akan Pernah Menyesal Menjadi Guru

5 Alasan Kenapa Anda Tidak Akan Pernah Menyesal Menjadi Guru

Guru merupakan profesi yang sangat mulia. Tapi, menjadi guru bukanlah hal yang mudah. Kadangkala, penyesalan pasti timbul di dalam hati karena tugas dan tekanan yang sangat berat. Akan tetapi, Anda harus tahu, karena 5 alasan ini bisa membuat Anda tidak akan pernah menyesal menjadi guru.

1. Guru adalah pendidik generasi penerus

Siapapun bisa saja menjadi astronot, dokter, pengusaha, bahkan ilmuwan. Tapi, jika tidak ada guru, semua itu tidak akan terjadi.

Saat Jepang dijatuhkan oleh sekutu karena 2 kotanya di bom, kaisar Hirohito mengumpulkan para Jenderal untuk menanyakan jumlah guru yang tersisa. Ia mengerti bahwa Jepang memang kuat dalam senjata dan strategi perang. Tapi, masih belum bisa menciptakan bom sedahsyat yang dimiliki Amerika. Hal tersebut membuat kita semua sadar bahwa masa depan bangsa ada di tangan para guru.

2. Mengajar bisa menambah ilmu

Hal yang mungkin tidak diketahui oleh mayoritas orang adalah bahwa mengajar bisa menambah ilmu. Bahkan, ilmu yang didapatkan dari mengajar lebih baik daripada dari belajar. Hal inilah yang menjadi keunggulan tersendiri bagi seorang guru.

Dengan mengajar secara rutin dalam kurun waktu yang cukup lama, ilmu yang Anda dapatkan pun pasti bertambah banyak. Hal inilah yang bisa membuat Anda tidak akan pernah menyesal menjadi guru. Terlebih lagi, seperti yang dikatakan oleh Syekh Az-Zarnujiy dalam kitab Ta’limul Muta’allim, bahwa ilmu merupakan penghias bagi pemiliknya.

3. Memiliki lebih banyak waktu luang

Guru merupakan pekerjaan yang fleksibel. Karena, jam kerjanya mengikuti jam sekolah para siswa. Dengan memiliki waktu yang luang ini, Anda bisa memiliki waktu yang lebih banyak untuk keluarga. Jika Anda menyesal dan malah mencari pekerjaan lain, tidak Anda jaminan bahwa pekerjaan tersebut akan se fleksibel guru.

Selain itu, waktu luang yang didapatkan bisa dimanfaatkan untuk hal yang lebih produktif, seperti membangun sebuah bisnis online. Dengan begitu, tambahan penghasilan tersebut bisa sangat berguna, terutama bagi Anda yang masih menjadi guru honorer.

4. Menyenangkan

Mengajar bisa menyenangkan hati. Melihat anak-anak didik Anda tumbuh besar bersama ilmu yang Anda ajarkan bisa saja memberikan rasa puas tersendiri bagi hati. Selain itu, menjadi seorang guru bisa memberikan banyak hiburan yang menyenangkan.

Lihat juga : Merasa Takut Saat Menjadi Guru? Ingatlah Ini Ketika Mulai Merasa Lelah

Jika Anda mengajar di TK maupun SD, pasti akan banyak hal absurd yang dilakukan oleh anak-anak. Mereka mungkin nakal, tapi kenakalan mereka terkadang terlihat menyenangkan. Mungkin hal ini bisa meminimalisir beban hidup Anda. Dengan begitu, rasa penyesalan menjadi guru tidak akan pernah terlintas dalam pikiran Anda.

5. Mendapatkan amal jariyah

Sesuai dengan hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, bahwa salah satu amal yang tidak akan terputus meskipun sudah meninggal, alias alam jariyah adalah ilmu yang bermanfaat.

Dengan mengamalkan ilmu dengan mengajarkannya kepada para murid, kemudian para murid tersebut memanfaatkannya sekaligus mengajarkannya lagi, maka Anda akan mendapatkan pahala. Dengan begitu, sekalipun Anda telah meninggal dunia, tapi amal jariyah tersebut tetap akan mengalir memberikan kebaikan bagi Anda. Nah bagi Anda yang beragama Islam, alasan inilah yang mungkin tidak akan pernah membuat Anda menyesal karena menjadi seorang guru.

Nah itulah 5 alasan kenapa Anda tidak akan pernah menyesal menjadi guru. Menjadi guru memang sulit untuk dilakukan, jadi semangat ya. Karena masa depan generasi penerus bangsa ada di tangan kalian.