Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Merasa Takut Saat Menjadi Guru? Ingatlah Ini Ketika Mulai Merasa Lelah

Merasa Takut Saat Menjadi Guru? Ingatlah Ini Ketika Mulai Merasa Lelah

Menjadi seorang guru, bukan untuk mengajari orang-orang yang pandai, tapi membuat orang yang tidak tahu menjadi tahu. Kadang kala hal tersebut membuat banyak guru menjadi pusing dan lelah menghadapi para siswa. Parahnya, guru juga bisa merasa ketakutan karena tidak bisa mengajari para siswa.

Karena itulah, beberapa motivasi sangat diperlukan agar guru tetap semangat menjadi hari-harinya. Dengan banyaknya guru yang antusias mengajar, meningkatnya daya saing pendidikan Indonesia di mata dunia bukan hal yang mustahil.

Nah, jika Anda seorang guru dan sedang merasa lelah maupun takut, berikut kami berikan beberapa motivasi sekaligus penjelasannya.

1. Guru itu penting

"Guru adalah anggota masyarakat yang paling bertanggung jawab dan penting karena upaya profesional mereka memengaruhi nasib bumi." - Helen Caldicott

Kata-kata tersebut menunjukkan bahwa guru adalah orang-orang penting yang bisa mempengaruhi nasib bumi. Karena itulah, menyerah bukan pilihan yang bagus bagi seorang guru.

2. Tugas guru

"Kerja seorang guru tidak ubah seperti kerja seorang petani yang senantiasa membuang duri serta mencabut rumput yang tumbuh di celah-celah tanamannya." - Al-Ghazali

Dari kata-kata analogi dari Al-Ghazali di atas, kita tahu sebuah makna penting dari adanya guru, yaitu menghilangkan kebodohan dan menanamkan ilmu pengetahuan kepada para murid.

3. Seni menjadi guru

"Seni tertinggi guru adalah untuk membangun kegembiraan dalam ekspresi kreatif dan pengetahuan." - Albert Einstein

Nah sepertinya inilah yang harus dikuasai para guru. Dengan membangun kegembiraan bagi para murid, bukan tidak mungkin bahwa Anda juga akan terus bergembira dan menghiraukan rasa lelah dan takut yang sering menghantui.

4. Jenis guru terbaik

"Guru terbaik mendidik generasi muda untuk hidup, bukan sekolah." - Ira Socol

Banyak guru yang hanya fokus mendidik muridnya agar menjadi orang yang pintar di sekolah, tapi ia lupa untuk mengajari tata cara hidup yang benar dan beradab. Karena seperti yang kita tahu, adab lebih penting daripada ilmu.

5. Guru yang efektif

"Guru yang sangat efektif sepadan dengan bobot mereka dalam berlian karena memang itulah mereka. Mereka bersinar, memesona, dan membuat kita takjub dengan kesenian mereka." - James L

Keefektifan dalam mengajar sangat penting. Karena itulah, menumbuhkan semangat juang dengan segera menghilangkan rasa takut dan rasa lelah adalah hal yang sangat penting.

6. Inilah yang penting

"Hal yang penting bukanlah bahwa setiap anak harus diajar, tetapi setiap anak harus diberi keinginan untuk belajar." - John Lubbock

Mungkin rasa lelah dan takut tersebut timbul karena Anda hanya mengajar para siswa, dan tidak menumbuhkan keinginan untuk belajar di diri mereka masing-masing.

7. Hasilnya tidak akan langsung terlihat

"Dalam mengajar kamu tidak dapat melihat buah dari pekerjaan sehari-hari. Itu tidak terlihat dan tetap demikian, mungkin selama 20 tahun." - Jacques Barzun

Mengharapkan hasil yang instan merupakan sesuatu yang tidak boleh dilakukan. Mungkin ilmu yang diberikan pada siswa-siswa tidak akan langsung berguna dan malah membuat apa yang Anda ajarkan terasa tak berguna. Tapi, tunggulah nanti beberapa tahun setelahnya.

Lihat juga : Lakukan Evaluasi Diri dengan Membenahi Cara Mengajar

Ingatlah semua kata-kata motivasi di atas ketika Anda lelah. Selain itu, Anda juga harus mengingat bahwa gurulah yang menjadi tumpuan bangsa dalam menciptakan generasi penerus yang berkualitas. Sedikit saran, belajar lebih banyak lagi, maksimalkan penggunaan teknologi, dan gunakanlah metode pelajaran yang benar-benar efektif. Dengan begitu, dunia pendidikan Indonesia akan semakin maju lagi.