Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

8 Profesi yang Paling Banyak Dibutuhkan di Masa Depan, Salah Satunya Guru

8 Profesi yang Paling Banyak Dibutuhkan di Masa Depan, Salah Satunya Guru

Di masa depan, banyak orang akan kehilangan pekerjaannya karena digantikan oleh robot atau AI. Tapi di sisi lain, beberapa pekerjaan dinilai akan bertahan dan malah akan meningkat tingkat kebutuhannya. Berikut kami sajikan datanya.

1. Web Developer

Peralihan bisnis ke era digital membuat banyak usaha membutuhkan website mereka masing-masing. Karena itulah, menjadi seorang web developer bisa menjadi pekerjaan yang potensial di masa yang akan datang.

Tidak hanya membuat website, memelihara dan memperbaiki masalah yang mungkin juga membuat web developer selalu dibutuhkan oleh banyak orang.

2. Software Developer

Smartphone maupun komputer tidak terlalu berguna tanpa adanya software. Dengan alasan tersebut, kemajuan software pasti akan dibarengi dengan meningkatnya kebutuhan akan software developer.
Banyaknya peralihan software komputer ke perangkat mobile juga memberikan keuntungan bagi software developer. Freelancer maupun pekerja tetap, pekerjaan ini pasti akan terus dibutuhkan dalam sebuah bisnis.

3. Penasihat keuangan

Meskipun dinilai akan tergantikan oleh AI, tapi penasihat keuangan berupa manusia sepertinya akan lebih banyak di pilih. Karena, bisa lebih fleksibel dan berperasaan.

Tidak hanya dibutuhkan oleh perusahaan, penasihat keuangan juga bisa dibutuhkan oleh perorangan. Apalagi semakin banyaknya orang yang melek finansial bisa memberikan banyak keuntungan pada para penasihat keuangan.

4. Perawat

Robot maupun AI tidak memiliki perasaan layaknya manusia. Karena itulah, memperkerjakan mereka sebagai perawat sepertinya bukan pilihan yang tepat.

Selain itu, kebutuhan akan kesehatan juga memberikan dampak positif bagi perawat. Contohnya di tengah wabah seperti ini membuat seluruh negara, bahkan dunia sangat membutuhkan perawat untuk memberikan layanan kesehatan kepada orang yang terjangkit.

5. Digital Marketer

Di masa depan, seorang digital marketer akan sangat dibutuhkan oleh pasar. Hal tersebut karena sekarang bisnis offline sudah mulai banyak yang dialihkan ke ranah digital.

Tugas seorang digital marketer adalah memperluas jangkauan bisnis, terutama mencari ladang bisnis baru bagi usaha baru pada ranah digital. Adanya digital marketer bisa membuat proses marketing menjadi lebih efisien.

6. Engineer (Insinyur)

Sepertinya pekerjaan ini tak akan lekang oleh waktu. Karena, adanya ilmu pengetahuan baru akan membuat adanya insinyur jenis baru.

Teknologi-teknologi yang digunakan oleh manusia dibuat oleh para insinyur. Sepertinya pekerjaan ini akan semakin banyak dibutuhkan sampai AI yang mereka ciptakan sudah mampu menggantikan pekerjaan mereka.

7. Cyber Security

Semakin banyak orang yang memiliki kehidupan di dunia maya, maka semakin banyak pula kejahatan yang terjadi. Karena itulah, di masa depan seorang Cyber Security akan banyak dibutuhkan.

Bukan hanya oleh perusahaan, sepertinya akan banyak individu juga yang membutuhkan jasa ini. Tujuannya untuk melindungi bisnis pribadi mereka dari serangan para cracker di dunia maya.

8. Guru

Tidak ada yang meragukan lagi bahwa guru masuk ke dalam daftar pekerjaan yang paling banyak dibutuhkan di masa depan.

Seperti yang kita tahu, pekerjaan apa pun di dunia ini pasti memiliki seorang guru yang mengajarnya. Entah mengajar secara formal maupun non formal, guru tetaplah guru. Dan hebatnya, pekerjaan ini sepertinya tidak akan tergantikan dalam waktu dekat.

Nah itulah 8 pekerjaan yang paling banyak dibutuhkan, dan salah satunya adalah guru. Di zaman mana pun, peran guru memang tidak akan pernah tergantikan. Karena, semua orang pada lini pekerjaan yang berbeda-beda, pasti sebelumnya dilatih oleh para guru.