Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Guru Adalah Orang yang Mengajar untuk Menciptakan Semua Profesi

Guru Adalah Orang yang Mengajar untuk Menciptakan Semua Profesi

Guru merupakan profesi yang mulia. Karena guru itu adalah orang yang mengajar dan mendidik anak-anak agar menjadi generasi berprestasi. Jasanya begitu besar karena bisa menentukan keberhasilan seseorang bahkan keberhasilan negeri ini. Hal itu yang membuat guru kerap mendapat julukan sebagai pahlawan tanpa tanda jasa.

Dalam kehidupan sehari-hari, guru menempati kedudukan yang terhormat di masyarakat karena kewibawaannya. Masyarakat percaya dengan peran seorang guru, dapat mendidik dan membentuk kepribadian anak didiknya dengan baik. Sehingga anak didiknya dapat mempunyai intelektualitas yang tinggi serta jiwa kepemimpinan tinggi.

Guru itu adalah Orang yang Mengajar dan Mendidik Anak Bangsa dengan Setulus Hati

Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Ungkapan itu mampu menggambarkan betapa pentingnya peran guru dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sayangnya, jasanya yang begitu besar terkadang masih sering dilupakan.

Profesi seorang guru sekilas terlihat sangat mudah, namun kenyataannya tidak semua orang bisa menjadi guru. Karena peran seorang guru tidak hanya sebatas memberikan ilmu pada muridnya saja. Seorang guru juga haruslah bisa menjadi contoh dan panutan yang baik untuk anak didiknya. Guru itu adalah orang yang mengajar dengan sifat sabar, penuh kasih sayang dan berakhlak mulia. Berikut ini beberapa peran dan fungsi guru dalam proses pembelajaran:

1. Guru Sebagai Pengajar

Peran dan fungsi seorang guru selanjutnya yaitu sebagai pengajar atau instruksional. Seorang guru harus membuat perencanaan mengenai program pengajaran. Selanjutnya guru melaksanakan program yang telah tersusun dan membuat penilaian setelah melaksanakan program tersebut.

Dalam proses mengajar, guru harus mampu menguasai materi yang akan diajarkan. Hal ini meliputi strategi dan metode pengajaran yang digunakan. Selain itu juga harus mampu menentukan alat evaluasi pendidikan untuk menilai hasil belajar siswa, manajemen kelas dan dasar pendidikan.

2. Guru Sebagai Pendidik

Sebagai seorang pendidik guru haruslah memiliki standar kualitas tertentu yang mencakup tanggung jawab, wibawa, disiplin dan mandiri. Sebagai pendidik peran guru berkaitan dengan dengan meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan anak didik. Dalam hal ini untuk memperoleh pengalaman seperti penggunaan kesehatan jasmani, moralitas tanggung jawab kemasyarakatan serta keterampilan dasar.

Lihat juga : Tips untuk Jadi Guru Hebat Mencetak Lulusan Berprestasi

Karena guru itu adalah orang yang mengajar, maka disebut juga dengan pendidik. Sebagai pendidik yang bertanggung jawab terhadap pendisiplinan anak didiknya. Setiap guru harus mampu mengontrol aktivitas anak didiknya agar perilakunya tidak menyimpang dari norma yang ada.

3. Guru Sebagai Teladan

Bagi peserta didik dan semua orang yang menganggapnya sebagai guru, seorang guru merupakan model atau teladan. Sebagai teladan tentunya apa saja yang dilakukan guru akan mendapat sorotan dari peserta didik dan lingkungan. Untuk itu harus memperhatikan beberapa hal, seperti gaya bicara, kebiasaan ketika bekerja, sikar dasar, pakaian serta gaya hidup secara umum. Karena tanpa disadari perilaku guru sangat mempengaruhi peserta didiknya. Meski begitu, peserta didik harus berani mengembangkan sendiri gaya hidup pribadinya.

4. Tanggung Jawab Seorang Guru

Seorang guru haruslah memenuhi persyaratan sebagai pengajar yang bertanggung jawab dalam bidang pendidikan. Tanggung jawab guru sebagai pendidik adalah mewariskan segala norma dan nilai kepada generasi muda. Hal ini agar terjadi proses pelestarian dan penerusan dini. Karena peranan guru dalam hal ini tidak dapat digantikan dengan teknologi modern seperti komputer, gadget dan lainnya. Hal ini karena profesi guru itu adalah orang yang mengajar dengan menggunakan unsur manusiawi. Sehingga perasaan, sikap, sistem nilai dan kebiasaan harus dimiliki dan dilakukan seorang guru.