Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Anak Asyik Main HP dan Tidak Dengar Saat Dipanggil? Mengapa ya?

Anak Asyik Main HP dan Tidak Dengar Saat Dipanggil? Mengapa ya?

Pernah gak sih si kecil asyik main HP terus sampai cuek meskipun sudah dipanggil beberapa kali? Nah sepertinya banyak orangtua yang mengalami hal ini. Lalu kenapa ya? Apa ada masalah dengan proses tumbuh kembangnya? 

Tapi ingat ya, jangan beranggapan bahwa anak Anda mengidap autis, karena banyak penyebab lain yang mungkin saja terjadi. Selain itu, dalam kasus ini juga penyebab anak cuek adalah karena asyik main HP.

Penyebab anak cuek saat dipanggil

Dilansir dari grandtjokro, ciri-ciri autisme pada anak sudah terlihat sejak bayi, tapi akan semakin jelas saat anak memasuki umur 2-4 tahun. Bagi yang belum tahu, autisme adalah gangguan perkembangan serius pada anak, yang mengganggu kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi.

Jadi, jika anak Anda asyik main HP sampai sulit untuk dipanggil, kemungkinan itu bukanlah autisme. Tapi, anak Anda sudah menganggap HP adalah bagian dari hidupnya yang tidak bisa dipisahkan. Karena saya juga pernah menjadi anak-anak, hal itu sudah saya alami sebelumnya.

Penyebab asyik bermain HP tersebut kemungkinan besar karena bermain game. Seperti yang sudah kita tahu, dalam satu dekade terakhir, kecanggihan HP yang sekarang sering disebut smartphone berkembang cukup pesat. Hal itu membuat smartphone semakin canggih, dan membuat game-game yang tadinya hanya bisa dimainkan di komputer, diadopsi menjadi game mobile untuk smartphone.

Tips mengatasi anak yang asyik main HP

Untuk mengatasi masalah ini, sebaiknya Anda gunakan cara yang efektif dan tidak membuat Anda menjauhi HP. Tapi membuat mereka bisa disiplin dalam menggunakan HP. Karena di zaman yang canggih seperti sekarang, kita tidak bisa memisahkan anak-anak dari teknologi. Lalu, bagaimana cara mengatasi anak yang asyik main HP? Berikut daftar beserta penjelasannya.

1. Edukasi anak dengan baik

Orangtua seringkali terpancing emosi dan malah memarahi anak jika melihatnya bermain HP terus. Perbuatan ini merupakan hal yang sangat tidak tepat. Memarahi anak hanya akan membuat hubungan Anda dengannya semakin jauh, bahkan bisa sampai membenci Anda. Hal ini berdampak buruk pada kepatuhan anak yang bisa saja semakin berkurang.

Lihat juga : Kiat Sukses Orangtua Menerapkan Cara Mendidik Anak di Era Teknologi

Cara yang paling tepat adalah dengan mengajarkan anak tentang cara menggunakan HP yang baik, manfaat dan dampak buruk menggunakan HP, dan lain sebagainya. Hal seperti ini bisa saja membuat anak mengerti dan mematuhi Anda.

2. Buat jadwal penggunaan HP

Cara yang kedua adalah dengan membuat jadwal penggunaan HP bagi anak Anda. Hal ini sepertinya cukup efektif terutama bagi anak-anak yang sering bermain game di jam pembelajaran daring. Menurut saya, waktu yang tepat untuk anak bermain HP adalah siang hari pada pukul 12 sampai 2, dan malam pada pukul 7-8. Selain itu, Anda juga bisa membatasi jam bermain HP perharinya, dan memberikan hukuman jika melanggarnya.

3. Ganti dengan HP jadul

Cara terakhir yang saya rekomendasikan adalah dengan mengganti HP anak Anda dengan yang jadul. Penyebab utama anak bisa dengan mudah mengakses game mungkin karena HP yang ia gunakan cukup canggih. Karena itulah, Anda bisa mengatasinya dengan memberikan HP keluaran 4-8 tahun sebelumnya.

Tidak perlu diganti dengan HP Nokia jadul yang sangat kuat itu. Karena, mengganti dengan HP Android versi Jelly Bean ke bawah juga cukup baik.

Itulah penyebab anak asyik main HP sampai tidak dengan saat dipanggil, sekaligus tips untuk mengatasinya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat, terutama bagi Ayah dan Bunda yang sedang mengalami masalah ini.