Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

5 Dampak Anak Main HP Sambil Tiduran yang Tak Boleh Dibiarkan

5 Dampak Anak Main HP Sambil Tiduran yang Tak Boleh Dibiarkan
Mulai sekarang jangan biasakan anak main HP sambil tiduran.

Main HP sambil tiduran sering kali menjadi kegiatan anak di rumah menjelang tidur. Seperti yang kita tahu, anak-anak saat ini lebih suka main HP daripada berbagai macam permainan tradisional jaman dulu.

Disatu sisi ponsel pintar memang membuat anak mudah dalam berkomunikasi, berinteraksi dengan pengguna yang lain. Apalagi di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Pembelajaran jarak jauh yang diterapkan membuat penggunaan ponsel pintar pada anak mengalami peningkatan.

Dampak Buruk Anak Main HP Sambil Tiduran


Saat anak terlalu sering menggunakan ponsel pintar, baik itu untuk melihat film favorit, bermain game atau melihat sosial media membuat mereka sering lupa waktu.

Apalagi bila memainkan HP sambil tiduran. Ini bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh dan mata anak. Maka dari itu, orang tua perlu mengetahuinya dan mulai menghilangkan kebiasaan ini pada anak.

Lantas, apa saja dampak buruk yang bisa terjadi pada anak yang terbiasa tiduran sambil bermain HP? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

1. Bisa Mengakibatkan Insomnia Pada Anak

Insomnia merupakan gangguan tidur yang membuat penderitanya tak cukup tidur atau sulit untuk tidur. Meskipun sebenarnya ada cukup waktu untuk melakukannya. Bukan hanya orang dewasa saja yang bisa mengalami masalah ini.

Ternyata anak-anak juga bisa mengalami insomnia. Terutama anak yang bermain ponsel saat malam hari dan saat pagi hingga siang hari sekolah. Bila anak kurang tidur di malam hari, maka ini bisa membuat konsentrasi anak menurun dan kualitas tidurnya tidak sehat.

2. Memiliki Resiko Terkena Tumor Otak dan Kanker Mata

Begitu mengerikannya kebiasaan main HP sambil tiduran pada anak. Sebab ini bisa membuat anak beresiko terkena kanker mata serta tumor otak.

Hal ini karena mata anak akan terpapar sinar radiasi yang terpancar dari ponsel. Anda tentu tidak ingin bukan anak anda mengalami hal ini?

3. Mengalami Masalah Kebutaan Sementara Hingga Permanen

Memakai ponsel sambil tiduran bisa membuat resiko Transient Smartphone Blindness meningkat. Ini adalah sindrom yang memicu mata anak tidak bisa melihat beberapa waktu.

Kondisi seperti ini diakibatkan karena penyesuaian cahaya mata sebelah kiri ke mata bagian kanan yang bisa menyebabkan mata mengalami minus sebelah.

Jika ini tidak segera dihentikan, kemungkinan lebih besar anak bisa mengalami buta permanen. Salah satu gejala yang bisa dilihat adalah mata yang berwarna putih lama-lama menjadi merah.

4. Anak mengalami Gangguan Motorik

Duduk atau tiduran sambil bermain game membuat anak kurang banyak bergerak. Sehingga kemampuan motorik anak bisa menurun. Ini akan membuat pertumbuhan anak terganggu dan beresiko mengalami obesitas.

5. Tingkat Konsentrasi Anak Menurun

Saat anak kecanduan bermain game anak biasanya mengalami kesulitan konsentrasi. Apalagi bila dilakukan sambil tiduran. Anak akan mengalami gangguan kesehatan mata dan mudah lupa serta gagal fokus.

Mulai sekarang jangan biasakan anak main HP sambil tiduran. Orang tua harus mengawasi kapan anak bermain Hp dan kapan waktunya belajar, bersosialisasi dan melakukan berbagai aktivitas hariannya. Tujuannya supaya anak bisa tetap terjaga kesehatan mata dan tubuhnya.

Berlangganan via Email