Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mengajukan NISN Bagi Siswa Baru dan Cara Mengeceknya

Cara Mengajukan NISN Bagi Siswa Baru dan Cara Mengeceknya

Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) biasanya adalah urusan sekolah dan bersifat permanen sejak dari SD, SMP, sampai SMA. Kegunaan dari NISN ini adalah sebagai persyaratan saat melakukan pendaftaran peserta didik baru.

Bagi anak SD yang belum juga mendapatkan NISN, sebaiknya segera datangi sekolah untuk segera mendapatkannya. Pihak sekolah akan langsung mengajukan NISN. Karena jika belum juga dapat, anak Anda mungkin tidak bisa melanjutkan sekolah ke jenjang SMP.

Cara mengajukan NISN

Jika dalam data NISN belum ada nama anak Anda, maka pihak sekolah akan membantu untuk mengajukan seperti langkah-langkah berikut ini.

  1. Pihak yang ditugaskan oleh sekolah akan membuka situs web http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/.
  2. Kemudian, ia akan login terlebih dahulu. Setelah melakukan login, nama anak Anda akan terlihat pada bagian residu karena belum punya NISN.
  3. Selanjutnya, pihak yang ditugaskan oleh sekolah tersebut akan membuka bagian “Belum Memiliki NISN” dan kemudian mengklik tombol “mutasi siswa” untuk melakukan pengajuan mutasi.
  4. Nantinya, di halaman yang tampil, pihak yang ditugaskan oleh sekolah tersebut akan memasukkan data-data, yaitu provinsi, kabupaten, dan NPSN sekolah. Kemudian, pilih tombol “Tidak Ditemukan”.
  5. Proses konfirmasinya sudah selesai dan anak Anda tinggal menunggu penerbitan NISN tersebut.

Cara mengecek NISN

Jika Anda masih ragu apakah sang anak sudah memiliki NISN atau belum, maka silahkan cek sendiri. Berikut kami sajikan langkah-langkahnya.

  1. Pertama-tama, silahkan buka situs web https://nisn.data.kemdikbud.go.id/
  2. Klik “Pencarian Nama” yang berada di pojok kanan atas.
  3. Masukkan nama siswa, tempat lahir, tanggal lahir, dan nama ibu pada kolom yang sudah disediakan. Setelah itu jangan lupa selesaikan captcha terlebih dahulu. Kemudian klik “Cari Data”.
  4. Jika data yang tadi masukkan benar, maka akan langsung muncul informasi data diri termasuk NISN.

Nah itulah cara mengajukan NISN sekaligus cara mengeceknya. Setelah memiliki NISN, maka anak Anda sudah siap untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi.