Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Silabus Matematika Kelas 4 Semester 1 K-13

Silabus Matematika Kelas 4 Semester 1 K-13

Mata pelajaran Matematika adalah salah satu pelajaran pada Kurikulum 2013 (K-13) yang terpisah dengan pembelajaran tematik. Ada buku Matematika kelas 4 untuk guru dan siswa, agar pembelajaran bisa lebih memahami materi ajar. Ada beberapa kompetensi dasar (KD) yang diajarkan pada kelas 4 mapel Matematika semester 1, diantaranya yaitu:

3.1. Menjelaskan pecahan-pecahan senilai dengan gambar dan model konkret

3.2. Menjelaskan berbagai bentuk pecahan (biasa, campuran, desimal, dan persen) dan hubungan di antaranya

3.3. Menjelaskan dan melakukan penaksiran dari jumlah, selisih, hasil kali, dan hasil bagi dua bilangan cacah maupun pecahan dan desimal

3.4. Menjelaskan faktor dan kelipatan suatu bilangan

3.5. Menjelaskan bilangan prima

3.6. Menjelaskan dan menentukan faktor persekutuan, faktor persekutuan terbesar (FPB), kelipatan persekutuan, dan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dari dua bilangan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari


Sebagai guru kelas 4, salah satu perangkat yang wajib dimiliki yaitu silabus Matematika semester 1. Dengan Silabus kegiatan belajar mengajar Matematika semester ganjil akan terorganisisasi dengan baik. Silabus ini juga sebagai dasar guru kelas mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Matematika kelas 4 semester 1.

Secara garis besar Silabus Matematika Kelas 4 semester 1 K-13 mencangkup; Kompetensi Dasar (KD), indikator, topik pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, alokasi waktu, serta bahan ajar. Sebelum membuat silabus matematika semester 1 tentu guru telah membuat Pemetaan KD matematika kelas 4. Setelah itu menyesuaikan dengan alokasi waktu  sesuai rincian minggu efektif belajar yang ada pada Kalender Pendidikan.

DOWNLOAD SILABUS MATEMATIKA KELAS 4 SEMESTER 1


SekolahDasar.Net akan membagikan Silabus Matematika kelas 4 semester 1. Dengan silabus ini bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang muncul pada guru kelas 4, seperti apa saja kompetensi yang harus siswa kuasai, bagaimana cara supaya siswa bisa mencapai, dan bagaimana mengetahui setiap pencapaian yang siswa peroleh. Silabus Matematika kelas 4 yang dibagikan adalah versi yang berformat 9 komponen.

Ada banyak sekali contoh silabus Matematika kelas 4 yang ada di internet. Tentu guru kelas perlu mengembangkan Silabus Matematika kelas 4 semester memerlukan waktu dan tenaga. Penyusunan silabus dibuat secara berkelanjutan sehingga menghasilkan format perencanaan yang sesuai kondisi sekolah. Silabus Matematika kelas 4 semester ganjil yang berupa file MS Word (Doc) bisa didownload melalui tautan berikut ini:


Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) merupakan format kolom tambahan pada silabus Matematika Kelas 4 semester 1. Guru harus membuat perencanaan mendidik siswa agar berperilaku religius, nasionalis, integritas, mandiri, dan gotong royong. Selain itu guru harus merancang kegiatan pembelajaran yang melatih keahlian literasi serta ketrampilan abad 21. Sehingga siswa mampu memecahkan permasalahan kompleks berhubungan sehari-hari atau HOTS (Higher Order Thinking Skills).