Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

6 Tips Agar Diberikan Anak yang Berbakti Pada Orang Tua

6 Tips Agar Diberikan Anak yang Berbakti Pada Orang Tua

Anak adalah salah satu anugerah terindah bagi orang tua, yang diberikan oleh tuhan. Hadirnya anak bisa memberikan banyak manfaat dalam rumah tangga. Tapi, mendidik anak bukanlah hal yang mudah. Banyak anak yang tidak berbakti kepada orang tua karena salah didikan.

Memangnya harus bagaimana agar diberikan anak yang berbakti? Berikut 6 hal yang bisa Anda lakukan.

1. Perbanyak berdo'a

Hanya tuhanlah yang mampu memberikan anak yang berbakti. Karena itulah, berdo'a kepadanya adalah yang pertama harus Anda lakukan. Setiap agama memiliki cara berdo'a dan juga do'a yang dianjurkan. Jadi, silahkan lakukanlah secara berkala.

Bagi yang beragam Islam,

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لِي فِي أَوْلَادِي وَلَا تَضُرَّهُمْ وَوَفِّقْهُمْ لِطَاعَتِكَ وَارْزُقْنِي بِرَّهُمْ

Artinya: “Ya Allah beri lah berkah untuk padaku dan anak-anakku, jangan lah Engkau timpakan mara bahaya kepada mereka, berilah mereka taufik untuk taat kepada-Mu dan karuniakan lah kepadaku rejeki berupa bakti mereka”.

2. Berikan pendidikan agama

Agama banyak mengajarkan kebaikan kepada orang tua, salah satunya dalam berbakti kepada orang tua. Jika seorang anak di didik sedari kecil tentang agama, maka kemungkinan besar ia akan menjadi anak yang berbakti.

Jika ingin diberikan anak yang berbakti, maka didik lah anak Anda dengan ajaran agama. Jika tidak sempat, maka Anda bisa menyekolahkannya ke sekolah berbasis agama. Atau masukkan saja ke pesantren bagi yang beragama Islam.

3. Gunakan bahasa yang lembut saat menasihati

Anak yang berbakti adalah anak yang menyayangi orang tuanya. Sebelum anak menyayangi Anda, Anda dulu yang harus menyayanginya. Salah satu cara untuk menumbuhkan kasih sayang anak adalah menggunakan bahasa yang lembut saat berkata-kata, termasuk saat menasehati.

Karena, jika Anda menggunakan bahasa yang cukup kasar, atau yang membuatnya tidak enak hati, maka bisa menimbulkan kebencian dihatinya. Jika terus-menerus, sang anak bisa jadi tidak peduli sama sekali pada Anda.

4. Jangan meneriaki apalagi membentak anak

Meneriaki atau membentak saat saat melakukan kesalahan, tidak akan memperbaiki kesalahannya. Hal tersebut malah akan menimbulkan masalah yang lebih besar lagi, yaitu melawan kepada orang tua.

Kepada para orang tua, kalian perlu memiliki hati yang besar untuk memaafkan dan kesabaran yang tinggi saat anak melakukan kesalahan. Karena jika sudah sering dibentak, kasih sayang anak termasuk sikap berbaktinya ia pada orang tua akan terkikis.

5. Ajari ia kesabaran

Mengajarkan kesabaran juga bisa dijadikan usaha untuk diberikan anak yang berbakti oleh yang maha kuasa. Sifat anak yang egois bisa membuat orang tua susah, apalagi jika anak tersebut sedang memiliki keinginan. Jika Anda memilih untuk memberikan setiap keinginannya, maka itu adalah yang buruk bagi masa depannya. Karena saat besar bisa saja ia tetap seperti itu, dan tidak mau mendengarkan nasihat orang tuanya. Cara terbaik adalah dengan menyuruhnya menunggu atau menabung. Karena hal tersebut bisa melatih kesabarannya.

6. Biasakan ia untuk mendengar

Dengan terbiasa mendengar, anak-anak bisa terbuka dalam menerima nasihat. Jika sudah banyak nasihat baik yang masuk ke dalam diri sang anak. Maka kemungkinan besar ia akan menjadi anak yang berbakti pada orang tuanya.

Lihat juga : Cara Bicara Pada Anak Agar Mau Mendengar dan Tidak Melawan

Nah itulah 6 tips agar diberikan anak yang berbakti pada orang tua. Banyak orang tua malah menyalahkan anak karena mereka tidak berbakti. Padahal, sikap anak tersebut merupakan hasil didikan dari orang tuanya. Jadi, sebaiknya setiap orang tua melakukan introspeksi terlebih dahulu sebelum menyalahkan anaknya.