Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kumpulan Soal dan Kunci Jawaban PTS Tematik Semester 1 Kelas 2

Kumpulan Soal dan Kunci Jawaban PTS Tematik Semester 1 Kelas 2

Penilaian Tengah Semester (PTS) atau juga dikenal dengan istilah Ujian Tengah Semester (UTS) semester 1 kelas 2 akan dilakukan pada September minggu akhir atau awal bulan Oktober. Metode penilaian hasil belajar berbentuk PTS dilaksanakan dengan pendekatan tematik. Ini sudah sesuai dengan yang diterapkan oleh Kurikulum 2013.


PTS adalah kegiatan yang dilakukan oleh guru guna mengukur ketercapaian siswa sesudah melakukan kegiatan pembelajaran selama setengah semester ganjil. PTS akan jadi salah satu penilaian hasil belajar siswa. Masih ada penilaian lain; Penilaian Harian, Penilaian Tugas, dan Penilaian Akhir Semester (PAS).

Dalam Kurikulum 2013( K-13) kelas 2 ada 8 tema. Masing- masing tema terdiri dari 4 subtema, serta tiap-tiap subtema terdapat 6 pembelajaran. PTS kelas 2 semester 1 terdiri dari 2 tema. SekolahDasar.Net akan berbagi berkas soal PTS Tematik semester ganjil kelas 2. Tema yang digunakan untuk PTS semester 1 kelas 2, adalah sebagai berikut:

Tema 1. Hidup Rukun 
Subtema 1. Hidup Rukun di Rumah
Subtema 2. Hidup Rukun dengan Teman Bermain
Subtema 3. Hidup Rukun di Sekolah
Subtema 4. Hidup Rukun di Masyarakat

Tema 2. Bermain di Lingkunganku 
Subtema 1. Bermain di Lingkungan Rumah
Subtema 2. Bermain di Rumah Teman
Subtema 3. Bermain di Lingkungan Sekolah
Subtema 4 Bermain di Tempat Wisata

Tujuan pelaksanaan PTS secara khusus adalah untuk memperbaiki cara pembelajaran yang sudah berjalan selama separuh semester. Mengetahui kemajuan hasil belajar serta mendiagnosis kesulitan belajar siswa. Tidak cuma itu, PTS juga untuk memotivasi siswa dalam melakukan perbaikan nilai dan hasil belajar.

Download Soal PTS Kelas 2 Semester 1 dan Kunci Jawabannya

Soal PTS Tematik kelas 2 semester ganjil terdiri dari beberapa Kompetensi Dasar (KD) muatan mata pelajaran: PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika serta Seni Budaya dan Prakarya( SBdP). Soal- soal latihan penilaian tengah semester 1 (PTS) kelas 2 serta kunci jawaban dalam satu folder .rar bisa didownload lewat tautan ini:


Soal latihan PTS semester 1 kelas 2 tematik terdiri dari soal pilihan ganda, isian pendek, serta soal penjelasan. Pertanyaan disusun mengacu pada kisi- kisi KD muatan mata pelajaran. Untuk belajar anak serta koleksi bank soal kelas 2 bisa mengunduh kumpulan soal PTS 1 kelas 2 di atas yang telah dilengkapi dengan kunci jawabannya.

Soal-soal yang diberikan dalam PTS biasanya memuat mengenai materi yang sudah diajarkan oleh guru. Dalam pembuatan soal PTS juga wajib memperhitungkan bobot soal yang diberikan dengan memakai prinsip mudah, sedang serta sulit dengan tujuan supaya soal lebih proposional. Naskah penilaian merupakan salah satu administrasi penting untuk guru.

Ketika belajar, seharusnya anak juga soal-soal PTS lain di internet. Kumpulan soal PTS kelas 2 semester 1 di atas dapat dicoba. Soal latihan PTS semester 1 yang sudah didownload juga dapat dicetak. Dengan memiliki banyak bank soal, anak bisa menduga kemungkinan-kemungkinan pertanyaan yang muncul pada PTS. Anak juga memahami bermacam jenis soal PTS.