Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Akibat Pandemi Covid-19 Learning Loss Siswa Kelas 1-3 SD Paling Mengkhawatirkan

Akibat Pandemi Covid-19 Learning Loss Siswa Kelas 1-3 SD Paling Mengkhawatirkan

Selama pandemi covid-19 telah membuat dunia pendidikan di Indonesia mengalami learning loss atau kehilangan kesempatan belajar. Learning loss yang paling mengkhawatirkan di jenjang Sekolah Dasar (SD) khususnya siswa kelas 1 sampai 3.

"Kita analisa, yang paling mengkhawatirkan ya di SD khususnya di kelas 1 sampai 3," Direktur Program Inovasi Untuk Anak Sekolah Indonesia Kemitraan Australia Indonesia (Inovasi), Mark Heyward yang SekolahDasar.Net kutip dari Medcom (07/10/21).

Dalam webinar Temu Inovasi ke-12 (01/07/21) tersebut Ia menjelaskan, mengapa bagi siswa kelas awal SD mempunyai dampak yang serius terhadap learning loss. Menurutnya, kelas 1 sampai 3 SD adalah fondasi awal anak berkembang secara akademik.

"Mereka ini ada pada tahap kuncinya pembelajaran. Kalau anak-anak kelas awal itu kehilangan maka akan sulit memiliki keterampilan dasar dalam literasi dan numerasi," kata Mark.


Ia menambahkan jika siswa kelas 1, 2 dan 3 SD kehilangan kesempatan belajar, hampir bisa dipastikan mereka kesulitan di kelas berikutnya. Pasalnya, mereka dinilai tidak memiliki kemampuan literasi dan numerasi yang baik.

Pada kasus tertentu tiap siswa di kelas awal tersebut memiliki tingkatan learning loss yang berbeda. Menurutnya kondisi ekonomi mempengaruhinya, semakin rendah kemampuan ekonomi siswa, maka akan semakin besar learning loss yang dihadapi.

"Kalau begitu, tentu ini bukan hal ringan. Yang terjadi kesenjangan pembelajaran semakin lebar, makin lama makin besar kesenjangannya," tutupnya.