Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Peran Pola Asuh Terhadap Perkembangan Psikologi Anak

Peran Pola Asuh Terhadap Perkembangan Psikologi Anak

Didikan orang tua berperan penting dalam perkembangan keseluruhan anak mereka. Bimbingan yang tepat dari orang tualah yang mengembangkan karakter anak. Mengasuh anak merupakan hal yang paling utama demi tumbuh kembang anak. Ini menjadi kewajiban anda sebagai orang tua.


Karena anak-anak membutuhkan asuhan dan perhatian setiap harinya. Seperti mengawasi anak untuk bermain dan belajar. Anda harus mengetahui tentang peran pola asuh orang tua dalam perkembangan di sekolah maupun di rumah dengan memberikan contoh yang baik kepada si buah hati.

Pentingnya Peran Orang Tua dalam Tumbuh Kembang Anak

Semua perkembangan si buah hati dapat diberikan pelajaran dan pengajaran yang baik di rumah maupun di saat masa sekolah. Sebab mendidik bukan suatu hal mudah, kita harus fokus pada pada cara bergaul dan berteman dengan anak yang lain. 

Perkembangan Intelektual Anak

Ketika seorang anak diberikan contoh yang positif, maka pemikiran serta keterampilan dari segi mental, intelektual, sosial, dan pemecahan masalah dapat mereka atasi secara mandiri. Cara mendidik yang benar dapat membantu mereka tumbuh menjadi sosok yang berfikir dewasa dan mandiri. 

Pengembangan di Kehidupan Sosial

Anak mudah menirukan orang lain dari hanya melihat saja karena mereka mengamati apa yang ada didepan mereka. Mengajarkan hal baik untuk berperilaku jujur  yang penting untuk tumbuh kembangnya. 

Fisik yang Kuat

Pertumbuhan yang sempurna dan anggota tubuh yang lengkap merupakan ciri fisik yang baik. Membiasakan anak makan sayuran, minum susu, itu merupakan cara orang tua untuk memenuhi nutrisi si buah hati agar tumbuh menjadi anak yang kuat.

Perkembangan Mental

Gaya mendidik yang lembut dan tegas dalam artian tidak boleh kasar, membantu anak belajar secara kreatif. Si anak pasti memahami apa itu disiplin, menerima teguran orang tua ataupun orang lain. Maka dari itu anda dapat mengajarkan berdasarkan pengalama anda di masa kecil sebagaimana anda pernah menjadi kanak-kanak dulu.

Perkembangan Spiritual anak

Selain anda mengajari tentang pelajaran umum, anda juga mempelajari hal-hal seperti berdoa, mengetahui yang benar dan yang salah, berempati, memiliki nilai-nilai etika yang benar, dan menghargai orang tua. Menyemangati sang anak untuk belajar dan menemani mereka bermain, adalah hal yang wajib untuk kemandirian mereka. 

Seperti apa cara  mengasuh anak dengan cara yang benar?

Jadilah Positif

Anak-anak dapat dengan mudah merasakan hal-hal negatif di sekitarnya karena mereka sangat peka terhadap apa yang mereka rasakan. Tidak peduli seberapa nakal anak anda, diskusikan masalah anda dengannya dan ajarkan mereka cara bertanggung jawab sejak dini. Dorong keinginan dan bakat sang anak dalam perkembangannya. Bersikap lembut dan perhatian, itu akan membuat anak nurut dan pastinya menghormati anda sebagai orang tua.

Peka Terhadap Keperluan Si Anak 

Terlepas dari seberapa kecil kebutuhan si anak, cukupi selalu apa yang mereka perlukan karena masih belum tahu apa tindakan yang akan mereka ambil. Kalian sebagai orang tua wajib memenuhinya dan tidak main-main lagi seperti waktu muda karena anda sekarang menjadi orang tua. 

Berikan Contoh yang Baik

Tunjukkan pada anak, bahwa Anda orang tua yang baik dan mampu menjadi sosok pelindung baginya. Anak merupakan titipan dan karunia yang luar biasa dari Tuhan untuk anda yang diberikan kepercayaan sebagai orang tua. Demikian artikel tentang perkembangan psikologi anak ini semoga bermanfaat.