Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kurikulum Penyederhanaan Kurikulum 2013 Akan Diterapkan di 2022


Saat ini Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) tengah melakukan uji coba terhadap penyederhanaan Kurikulum 2013 (K-13) di sejumlah sekolah penggerak. Mulai tahun 2022 rencananya hasil penyederhanaan kurikulum 2013 tersebut akan diterapkan.


Mendikbudristek Nadiem Makarim mengatakan bahwa kurikulum itu bukan bukanlah kurikulum baru.  Namun ia menegaskan kurikulum tersebut sekadar penyempurnaan dan penyederhanaan dari kurikulum yang ada saat ini, yakni kurikulum 2013.

"Jadi kita bukan ganti menteri ganti kurikulum. Tidak. Kurikulum yang kita tawarkan tahun depan adalah kurikulum yang memberikan kemerdekaan kembali pada guru-guru," kata Nadiem yang SekolahDasar.Net kutip dari Medcom (25/11/21).

Pada Peringatan Hari Guru Nasional (HGN), di JIExpo, Jakarta, Kamis 25 November 2021 itu Nadiem menyatakan, saat ini kurikulum tersebut tengah diuji coba. Uji coba tersebut dilakukan di sekolah penggerak terlebih dahulu sebelum diterapkan secara nasional.

"Sekarang lagi dites di sekolah-sekolah penggerak. Jadi banyak hal pasti menarik tahun depan. Tolong ditunggu," kata Nadiem.

Ia juga menjelaskan bahwa kurikulum ini akan lebih mudah dimengerti oleh guru. Kemudian guru dapat lebih fleksibel dalam memberikan materi pembelajaran.

"Sehingga guru boleh mengadaptasi sesuai kebutuhan dan kemampuan murid-muridnya, dan memberi kesempatan guru berkreasi dan berinovasi, sehingga proses pembelajaran lebih mudah," jelas Nadiem.