Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

8 Keterampilan Dasar Mengajar yang Perlu Pendidik Miliki

8 Keterampilan Dasar Mengajar yang Perlu Pendidik Miliki

Ada 8 keterampilan dasar mengajar yang harus guru miliki. Untuk membuat anak didik Anda bisa merasa nyaman dalam proses pendidikan tersebut.

Nah kali ini kami akan memberikan bahasan kali ini untuk Anda. Maka dari itu simak dan pastikan sendiri keterampilan mana yang Anda miliki belum cukup mumpuni dalam penerapannya.

Lihat juga : Setiap Sikap, Perbuatan, dan Perkataan Guru Sebagai Teladan Muridnya

Sehingga ketika memberikan pembelajaran kita sebagai pengajar dan muridnya akan merasa menikmati waktu. Lalu pembelajar lebih mengasyikan dan tidak membuat tertekan.

Selama hidup anak akan merasakan bosan ketika setiap hari harus belajar. Selama beberapa tahun mereka menghabiskan waktu untuk duduk dan mempelajari banyak hal. Maka dari itu perlu keterampilan untuk membuat mereka gemar belajar.

Inilah Keterampilan Dasar Mengajar yang Perlu Pendidik Miliki

Beberapa keterampilan berikut ini bisa Anda jadikan acuan. Sehingga proses pembelajaran tidak terasa menekan dan membosankan tentu saja. Maka dari itu simak dan pastikan sendiri untuk itu.

1. Keterampilan Bertanya

Pertama kita membutuhkan keterampilan untuk bertanya pada sang murid. Pertanyaan secara verbal seperti ini jelas membantu kita dalam memberikan komunikasi yang baik.

Karena setiap pembelajaran kita perlu komunikasi yang baik dan menjadi pembangkait pembelajaran. Maka dari itu akan lebih baik memberikan pertanyaan yang memicu beberapa hal.

Misalnya seperti rasa ingin tahu dari anak tersebut. Lalu mereka akan memikirkannya secara berkala dan membuat pikiran berkembang bahkan bertahan dalam memori.

2. Keterampilan Menjelaskan

Setelah memberikan pertanyaan tentu kita perlu memiliki keterampilan memberikan penjelasan. Sehingga materi tersampaikan dengan baik pada anak murid anak tersebut.

Berikan respon yang baik dan jelas sehingga informasi terasa akurat. Tidak akan menimbulkan pertanyaan yang menyanggah atau bahkan kebingungan.

Tingkat keberhasilan mendidik terletak pada bagian penjelasan ini. Sehingga usahakan Anda memberikan penjelasan ringkas dan sepadat mungkin yang tidak bertele-tele.

3. Keterampilan Penguatan

Keterampilan dasar mengajar ketiga adalah penguatan. Setiap siswa pasti akan merasa informasi tersebut bisa mendapatkan celah tersendiri.

Anak yang berkembang pikirannya akan menanyakan alasan dan bagaimana semua bisa terjadi. Maka dari itu setelah menjelaskan Anda perlu penguat yang bisa jadi pegangan untuk mereka percayai. Sehingga pada masa depan mereka akan mengingat materi Anda dalam waktu yang lama.

4. Keterampilan Keterangan

Selanjutnya memberikan keterangan sejelas dan sedetail mungkin. Ilmu memerlukan keterangan sejelas mengunkin sehingga tidak menjadi omong kosong belaka. Maka perlunya data untuk keakuratan penerima ilmu tersebut.

5. Keterampilan Diskusi Kelompok Kecil

Berdiskusi secara perseorangan atau kelompok kecil bisa memicu ilmu yang mudah terserap. Maka dari itu kembangkan keterampilan ini agar murid yang memiliki kecenderungan belajar secara tenang merasa nyaman dengan ajaran yang Anda sampaikan.

6. Keterampilan Mengelola Kelas

Anda juga harus pandai mengatur kelas seperti seorang pemimpin dalam ruangan tersebut. Pasalnya kita menjadi pemimpin yang akan anak-anak patuhi jika secara bijak memberikan aturan yang masuk akal dan bisa mereka terima.

7. Keterampilan Variasi

Pembelajaran akan menarik jika tidak monoton dan membosankan. Maka pelajari beberapa variasi sehingga murid Anda tidak merasakan bosan dalam pembelajaran yang terasa panjang.

Pengajar yang baik akan menghabiskan jam mengajar dengan tidak terasa. Karena hal ini menunjukan bahwa anak-anak tersebut menikmati waktu tersebut.

8. Keterampilan Membuka dan Menutup

Nah keterampilan dasar mengajar yang kelima adalah membuka dan menutup sesi pembelajaran. Tidak ada kecanggungan yang terbentuk dari mulai hingga selesai.

Total 8 keterampilan dasar mengajar tersebut bisa menjadi kunci Anda. Dengan kunci ini, pembelajaran tentu tidak membosankan.