Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Inilah Keterampilan yang Harus Dikuasai Anak Kelas 3 SD

Inilah Keterampilan yang Harus Dikuasai Anak Kelas 3 SD

Si kecil sudah kelas 3 SD nih? Berarti sekarang bunda harus mulai memperlakukannya lebih dewasa. Karena, anak bunda itu sudah harus mampu melakukan banyak hal secara mandiri.

Anak yang sudah kelas 3 seharusnya mulai menguasai skill-skill dasar dalam kehidupan. Karena, keterampilan akademis yang tinggi saja tidak menjamin ia akan sukses. Karena itulah, jika ia belum diajarkan, sebaiknya bunda mulai mempertimbangkan untuk mengajarkan beberapa keterampilan yang harus dikuasai anak kelas 3 SD berikut ini.

1. Literasi yang tinggi

Sekarang, literasi yang harus dikuasai tidak hanya sekedar membaca dan menulis saja. Tapi, si kecil juga harus mampu memahami dengan baik apa yang dia baca. Untuk mengajarinya, cobalah tanyakan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan buku yang suka mereka baca. Jika itu sering dilakukan, mereka pasti berkeinginan untuk memahami isi bukunya agar nanti bisa menjawab pertanyaan dari bunda.

Selain itu, ia juga harus menguasai kemampuan menganalisis, merevisi, dan juga bersikap kritis tentang segala sesuatu yang dia baca. Jika ingin mengajarkannya, ajarkan saja cara untuk membedakan berita yang aktual dan yang hoax.

2. Mengatur keuangan

Sekarang, sudah waktunya ia harus menabung. Tidak hanya menabung, mengatur keuangan juga berkaitan dengan bagaimana mengelola keuangan agar bisa cukup untuk beberapa hari. Jika ingin mengajarkannya, bisa dengan memberikannya uang mingguan secara teratur, dan bilang bahwa tidak akan diberi lagi jika uangnya habis.

Hal itu mungkin bisa membuat anak bunda mengerti dan tahu cara mengatur keuangan dan membagi-bagikannya ke dalam beberapa bagian. Selain itu, coba ajarkan ia aturan mengatur keuangan 50/20/30 yang terkenal itu.

3. Kemampuan berhitung yang lebih tinggi

Nah sekarang seharusnya anak bunda sudah bisa berhitung dengan baik, dan dengan angka yang lebih tinggi. Penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian 2-3 angka sudah seharusnya ia kuasai. Tapi, jika dirasa terlalu tinggi, penjumlahan dan pengurangan pun cukup.

Jika ia belum bisa menguasainya, sebaiknya pikirkan cara sesegera mungkin. Kalau bisa, bunda bisa mengikutsertakan ia dalam bimbel ataupun memanggil guru privat ke rumah.

4. Kemandirian

Keterampilan ke-4 yang harus dikuasai anak kelas 3 SD adalah kemandirian. Kemandirian ini penting sekali untuk dikuasai, karena dengan mandiri lebih cepat, ia bisa lebih cepat juga bersikap pantang menyerah.

Jika baru ingin mengajarkannya, cobalah untuk tidak boleh terlalu jauh mengurus kehidupan pribadinya. Beri dia ruang dan privasi untuk terus tumbuh dengan jalan pikirannya sendiri. Tugas bunda hanya mengarahkannya jika dirasa ia tersesat.

5. Aktualisasi diri

Yang terakhir adalah aktualisasi diri. Singkatnya, aktualisasi diri adalah kesadaran akan potensi, bakat, kecerdasan yang ada di dalam diri. Meskipun masih terlalu dini, tapi biasanya anak-anak sudah memiliki cita-cita untuk masa depannya.

Tugas bunda di sini bukan memilih cita-cita bagi dirinya. Tapi, hanya sekedar memberikan arahan dan dukungan yang sangat ia perlukan. Jangan ragu mengeluarkan uang demi tercapainya cita-cita anak. Anak itu berhak mendapatkannya karena bukan ia yang ingin dilahirkan, tapi mungkin bunda lah yang menginginkan dirinya hadir.

Lihat juga : Ingin Anak Berprestasi Tanpa Terbebani Nilai Akademis, Cobalah 6 Kiat Ini

Itulah 5 keterampilan yang harus dikuasai anak kelas 3 SD. Jangan lupa juga untuk mengajarkannya cara untuk mengurus rumah dan merawat barang yang ia miliki. Karena, hal itu bisa mengajarkannya cara untuk bertanggung jawab atas dirinya dan atas apa yang ada di sekitarnya.