5 Teknik Mengajar Masa Kini Untuk Guru Sekolah Dasar
Cari Berita

Atas


5 Teknik Mengajar Masa Kini Untuk Guru Sekolah Dasar

Selasa, 03 Desember 2019

5 Teknik Mengajar Masa Kini Untuk Guru Sekolah Dasar
Teknik mengajar masa kini untuk guru Sekolah Dasar adalah solusi kontemporer mencegah siswa mengalami rasa bosan dalam belajar.

Menurut Gropper di dalam Wiryawan dan Noorhadi (1998), teknik mengajar masa kini untuk guru SD (Sekolah Dasar) harus berbasis latihan. Beliau menyampaikan kalau strategi pembelajaran adalah sekumpulan latihan tertentu yang harus dicapai oleh siswa. Selanjutnya juga disampaikan kalau kegiatan belajar praktik siswa harus mampu melahirkan output yang terlatih.

Karena itu, ada beberapa teknik mengajar yang sesuai dengan argumen di atas, yang bisa diterapkan untuk siswa sekolah dasar di saat ini. Ini dia tekniknya:

1. Sosio Drama

Strategi belajar sosio drama adalah teknik mengajar yang menginstruksikan siswa untuk mengaktualisasikan materi yang sudah didapatkan ke dalam lingkungan kecil masyarakat. Contohnya adalah jika materi yang diberikan tentang kerja bakti, maka silakan bawa siswa untuk bekerja bakti membersihkan musholla. Jika materinya tentang pancasila, silakan ajak anak keliling kampung dekat sekolah untuk memberikan kertas bergambar pancasila kepada masyarakat.

2. Pemodelan

Anak lebih menyukai pembelajaran berbasis gerak, mimik, gestur selain verbal atau penjelasan secara lisan. Nah, teknik pemodelan adalah teknik pembelajaran yang penekanannya pada seorang guru harus mampu menjadi model di depan kelas dengan ketentuan di atas.

Jika pembelajaran tentang puisi, jangan hanya siswa yang disuruh membaca, gurunya juga harus bisa mencontohkannya dengan baik. Jika materi menyiram bunga, guru tidak boleh diam, tetapi harus ikut andil menyiram dan mencontohkan cara menyiram yang baik.

3. Brain Gym

Metode mengajar guru yang ketiga adalah teknik brain gym atau senam otak. Ini merupakan strategi mengajar berbasis latihan olahraga yang berfungsi untuk menyeimbangkan otak kanan dengan otak kiri. Sehingga siswa bisa belajar dengan baik, materi bisa diserap dengan baik pula.

Ada banyak sekali gerakan brain gym yang bisa dilakukan siswa sebelum belajar. Seperti pukul dan gosok kaki, tepuk pipi dan perut, melompat sambil tepuk tangan dan lain sebagainya.

4. Discusion Out Class

Diskusi masih menjadi teknik mengajar yang bagus untuk semua kelas pendidikan. Bahkan, model ajar tanya jawab secara dua arah ini juga bisa dilakukan di kelas rendah.

Namun para ahli menyampaikan kalau metode ini lebih bagus jika dilakukan di luar kelas. Karena siswa lebih santai dan nyaman. Maka dari itu, lahirlah discusion Out class. Namun, untuk memaksimalkannya pastikan sekolah memiliki taman diskusi yang indah. Supaya siswa lebih betah berdiskusi dan urun rembug di sana.

5. Belajar Integratif

Cara mengajar masa kini untuk guru SD yang kelima ini dianggap oleh para ahli sebagai arah sasaran kurikulum 2013. Karena pemangku kebijakan menginginkan siswa memahami ilmu secara utuh dan tidak terkotakkan menjadi berbagai disiplin imu berbeda yang justru membuat siswa kebingungan.

Teknik belajar integratif sendiri bisa memadukan antar materi per KD atau satu materi dengan konsep keterampilan seperti keterampilan sosial dan spiritual. Sedangkan masalah pembelajarannya, silakan diolah sendiri sesuai kemampuan guru serta sarana dan prasarana sekolah yang tersedia.

Contohnya, jika materi hari ini tentang macam-macam air (sosial), silakan integrasikan dengan jenis-jenis air yang suci (agama islam). Ini contoh integrasi antar ilmu. Sedangkan integrasi dengan konsep sosial, guru bisa mengajak siswanya untuk memberikan satu botol air mineral kepada tukang becak dan lain sebagainya.

Mendidik siswa di kelas rendah, utamanya saat ini sangat sulit. Maka dari itu, silakan terapkan teknik mengajar masa kini untuk guru SD yang sudah dijelaskan di atas. Semuanya berbasis latihan yang menyenangkan.