Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kunci Keberhasilan Sekolah dalam Membangun Mutu, Terapkan Prinsip Ini

Kunci Keberhasilan Sekolah dalam Membangun Mutu, Terapkan Prinsip Ini

Kunci keberhasilan sekolah dalam membangun mutu bisa kita terapkan dengan memperhatikan beberapa hal. Karena dalam menghadapi masa depan jelas siswa memerlukan persiapan yang jauh lebih baik daripada sebelumnya.

Bidang pendidikan tanah air memerlukan pergerakan dalam aksi nyata dan kontribusi berbagai pihak. Oleh karena itu akan lebih baik apabila kita ikut menerapkan dalam sistem pendidikan.

Lihat juga : 7 Cara Memajukan Sekolah Negeri Maupun Swasta

Sebagai pendidik tentu tindakan yang akan Anda lakukan jelas memberikan kontribusi penting. Maka dari itu kami akan membahasnya lebih lanjut untuk Anda perhatikan.

Kunci Keberhasilan Sekolah dalam Membangun Mutu

Dalam membangun sebuah mutu dalam dunia pendidikan diperlukan prinsip dasarnya. Sehingga keberhasilannya akan terwujud dengan hal seperti ini. Bahkan negara maju telah menggunakan prinsip seperti ini dalam praktek nyatanya.

Prinsip Dasar Menurut Dr. Joseph M. Juran

Apabila Anda menginginkan keberhasilan dalam pembangunan mutu maka terapkan dari prinsip dasarnya berikut ini. Beliau merupakan tokoh berpengaruh asal Jepang yang sudah menerapkan sejak tahun 1966. Kita bisa memperhatikan bagaimana hasilnya pada tahun ini bukan?

1. Proses Tidak Mengenal Akhir

Pertama menekankan bahwasannya dalam meraih sebuah mutu bukan proses yang singkat. Namun merupakan proses yang tidak mengenal kata akhir.

Kita berbenah dan memperbaiki sedikit demi sedikit untuk lebih baik dan semakin baik kedepannya. Sehingga tidak mudah puas akan hasil akhir dari sebuah prosesnya.

2. Proses Berkesinambungan

Kunci keberhasilan sekolah dalam membangun mutu juga merupakan proses yang panjang dan saling berkesinambungan. Kita tidak bertindak satu kali proses dan selesai begitu saja.

Misalnya nanti akan ada pergantian orang tetap akan terus berlanjut seterusnya seperti itu. Hal seperti ini yang sering tidak bisa terealisasi karena mudah mengganti sistem sebelum benar-benar mendapatkan perubahan yang membaik.

3. Memerlukan Kepemimpinan dan Administrator

Perbaikan mutu seperti ini memerlukan sosok pemimpin yang bisa kita dengarkan arahannya. Karena ketika kita menggunakan semua suara sama kerasnya hanya menciptakan bentrok.

Memilih satu dari anggota dewan yang terdapat dalam sekolah akan memberikan aksi yang baik kedepannya. Selain seorang pemimpin kita perlu adanya administrator yang bertindak dalam setiap prosesnya dalam mengkoordinasi tentu saja.

4. Pelatihan Massal

Selanjutnya setelah membentuk kepengurusan dalam pembentukan prosesnya akan ada pelatihan massal. Karena hal ini menjadi kunci persyaratan mutu kedepannya untuk Anda.

Maka dari itu akan ada pemahaman dan ilmu yang kompeten berkelanjutan. Hal seperti ini jelas jadi pertimbangan yang harus Anda perhatikan nantinya.

5. Pelatihan Seluruh Sekolah

Selain untuk para guru karyawan, semua lingkup sekolah wajib mendapatkan pelatihan dalam peningkatan mutu seperti ini. Karena kontribusi tidak hanya dari dalam namun seluruh pihak yang saling bersinggungan.

Maka dari itu hal seperti ini akan memberikan hasil yang bergerak dengan kontribusi sama. Tentu jika semua memiliki kesadaran dan bertindak kearah sama kecepatan perubahannya akan lebih baik daripada sebelumnya.

6. Pencegahan Kegagalan

Kunci keberhasilan sekolah dalam membangun mutu tentu akan terlihat apabila kita memperhatikan bagaimana prosesnya. Ketika terjadi sebuah peristiwa kita perlu meninjau dan melakukan pencegahan ketika terlihat ada tanda adanya kegagalan.

Tindakan penanggulangan ini akan membantu membangun mutu yang lebih baik. Karena membiarkan dalam mutu yang sama dan berulang jelas tidak akan memberikan perubahan sama sekali.

Kunci keberhasilan sekolah dalam membangun mutu seperti ini memerlukan peranan dan kontribusi seluruh pihak. Dalam melaksanakan prinsip dan praktek nyatanya dalam kegiatan pendidikan sehari-hari tentu saja.