Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Seberapa Pentingkah Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak?


Tidak hanya memastikan tumbuh kembang sang anak bisa berjalan dengan optimal, akan tetapi orang tua juga memiliki peran yang penting terhadap pendidikan anak. Sebelum memasuki sekolah formal, orang tua akan berperan dalam mengajari mengenai cara berbahasa, berkomunikasi, sampai cara menghitung yang sederhana. Lantas, seperti peran orang tua dalam pendidikan anak? 

Melansir dari "Global Partnership for Education", keterlibatan dan juga peran orang tua merupakan kunci keberhasilan bagi pendidikan sang anak. Saat orang tua ikut terlibat, anak-anak akan menjadi lebih bisa menaruh perhatian terhadap pekerjaan sekolahnya. 

Dengan demikian, anak bisa meraih hasil belajar yang lebih baik. Hal tersebut pasti bisa memberikan manfaat terhadap kehidupan anak, dalam jangka panjangnya.

Bagaimana Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak Semestinya?

Sebenarnya, peran orang tua di dalam pendidikan sang anak akan mengalami perkembangan seiring dengan umur anak. Sebagai contoh, saat anak memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi, biasanya anak lebih bisa belajar sendiri tanpa perlu pendampingan orang tua, seperti saat masuk ke Sekolah Dasar. 

Akan tetapi, sikap orang tua terhadap pendidikan sang anak bisa memberikan inspirasi serta memberdayakan anak-anak ketika mereka sedang menempuh pendidikannya. Sehingga, sangat penting bagi orang tua untuk ikut serta secara aktif dalam pendidikan buah hatinya. 

Namun demikian, bukan berarti orang tua boleh mengatur semua hal dan memonopoli tanpa mempertimbangkan pendapat dari anaknya. Maksud peran orang tua dalam pendidikan anak yaitu bagaimana cara orang tua memberikan dukungan serta memastikan sang anak dalam menjalani maupun menerima pendidikan yang berkualitas.

Lihat juga : Mendidik adalah Pekerjaan Kolaborasi, Bukan Individual

Sebagai orang tua, Anda perlu membuat anak menyadari bahwa belajar merupakan perkara yang menyenangkan, penting, dan juga harus dilakukan. Ketika usianya masih prasekolah, anak cenderung bergantung pada orang tuanya. Dengan demikian, anak akan mendengarkan serta menerima pengarahan dari orang tuanya dalam setiap hal yang mereka lakukan. 

Sehingga, orang tua perlu memberikan arahan berupa hal-hal yang baik kepada anak-anak. Termasuk juga menanamkan pentingnya untuk menempuh pendidikan yang setinggi-tingginya.

Nah, apa saja yang dapat dilakukan orang tua untuk memberikan dukungan pendidikan sang anak?

Memastikan sang Anak dalam Kondisi Sehat dan Siap Menerima Pelajaran

Supaya dapat menerima banyaknya materi ajar dari sekolah, tubuh anak harus dalam kondisi prima. Lantas, siapa yang bisa memastikannya? Sudah tentu, orangtuanya. Pastikan sang anak tidur cukup saat malam hari, mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang, termasuk juga memberikan bekal minum dan makan yang cukup saat di sekolah.

Apabila kesehatan anak optimal, maka proses pembelajaran yang ia jalani di sekolah pasti menjadi lebih lancar. Sebaliknya, apabila anak kurang sehat, maka proses belajarnya pun akan terganggu. 

Jalin Komunikasi yang Baik dengan Anak

Orang tua tentu tidak bisa mengetahui apa yang terjadi pada anaknya ketika berada di sekolah. Sehingga, saat sang anak pulang sekolah, Anda jangan lupa untuk mengajaknya ngobrol secara santai. Anda bisa menanyakan apa saja yang terjadi saat di sekolah, apakah terjadi hal buruk, atau terjadi suatu hal menyenangkan.

Sebagai orangtua Anda perlu menjalin komunikasi yang baik dengan anak. Dengan begitu, anak akan terbiasa untuk menceritakan apa saja dan merasa nyaman untuk bergantung kepada orang tuanya.

Tidak hanya mendengarkan dari sisi anak, Anda juga perlu mencoba ,melakukan kontak rutin dengan guru, untuk mengetahui perkembangan sang anak di sekolah. Apakah terdapat masalah yang mungkin Anda tidak mengetahuinya, atau seperti bagaimana kemampuan anak saat menerima dan menyerap materi yang diajarkan oleh guru.

Apabila orang tua memiliki komunikasi yang baik dengan guru, hal tersebut juga memiliki manfaat dalam mencari tahu mengenai jadwal acara maupun perubahan yang terdapat di sekolah. Karena, ada saatnya anak lupa untuk memberitahukan tentang rapat wali murid, jadwal ujian, atau acara penting yang lain.

Itulah beberapa hal yang dapat dilakukan sebagai wujud dari pentingnya peran orang tua dalam pendidikan anak. Hal yang terpenting adalah, Anda tidak boleh terlalu memaksakan anak tentang prestasi akademiknya. Karena setiap anak memiliki bakat dan minat yang tidak sama. Temukanlah bakat dan juga minat sanganak, bukan memaksakan keinginan orang tua terhadap sang anak.