Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tips dan Trik untuk Guru Mudah Mulai Belajar Bahasa Inggris

Tips dan Trik untuk Guru Mudah Mulai Belajar Bahasa Inggris

Bahasa Inggris merupakan bahasa universal. Zaman sekarang bahasa Inggris sangat penting untuk memperluas wawasan ataupun karir. Jadi tidak heran banyak masyarakat Indonesia yang mulai mempelajari bahasa Internasional ini. Artikel kali ini akan membantu Anda cara mudah memulai belajar bahasa Inggris. Pastikan Anda menyimak ulasan hingga selesai untuk mengetahui caranya.

Cara Mudah Mulai Belajar Bahasa Inggris

Sebagian orang menyerah sebelum mencoba untuk belajar bahasa. Pastinya di bayangan Anda belajar bahasa tidak mudah apalagi menghafal kosakata yang terdengar asing. Untungnya Anda tidak perlu mengetahui semua kosakata yang terdapat di kamus.

Lihat juga: Tips Mengajar Bahasa Inggris untuk Anak SD yang Efektif dan Menyenangkan

Dalam bahasa Inggris hanya sekitar 300 kata atau 65% bacaan dan penulisan dalam sehari-hari. Artinya, bahasa Inggris tidak sesulit yang Anda bayangkan. Berikut ini tips mudah belajar bahasa Inggris dengan cepat.

1. Mempelajari Kosakata dengan Flashcard

Apa Anda pernah mendengar metode flashcard? Flash card merupakan kartu dengan kata kategori tertentu. Misalnya freshcare tentang makanan, binatang, warna, atau kosakata.

Flashcard sering dianggap membosankan tetapi cara ini ampuh untuk menghafal karena kata-kata terus diulang. Fresh care bisa dibuat sendiri dengan mudah. Bahkan banyak dijual di pasaran, sehingga tidak heran lagi jika bisa menjadi perantara mudah mulai belajar bahasa Inggris.

2. Mempelajari Bahasa Inggris Dasar

Sebaiknya Anda mempelajari terlebih dahulu kata-kata sederhana pada bahasa Inggris yang sering diucapkan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya seperti kata aku, kamu, dia, dan kata yang sering digunakan.

3. Rutin Menulis dalam Bahasa Inggris

Siapkan buku catatan saat Anda ingin pergi ke mana pun. Selalu aktif untuk mencari kosakata baru setiap hari yang menurut Anda menarik lalu tulis di buku. Anda bisa menulis satu paragraf  setiap hari untuk mempelajari bahasa Inggris dengan cepat.

Anda bisa menentukan tema apapun. Jangan khawatir dengan kesalahan Anda bisa mengecek hasil tulisan di internet atau minta bantuan.

4. Mendengarkan Lagu Lalu Tulis Lirik

Di zaman teknologi ini pastinya sangat mudah untuk Anda mengunduh lagu bahasa Inggris. Jika Anda suka musik pasti belajar sembari play music sangat menyenangkan untuk Anda. Tetapi dengarkan baik-baik liriknya selalu catat di dalam buku atau notes gadget Anda. Setelah lirik selesai cek lirik di internet apa sudah sama atau tidak.

5. Menentukan Tujuan Belajar Bahasa Inggris

Sebenarnya seberapa lama Anda membutuhkan waktu untuk mulai belajar bahasa Inggris? Hal ini bergantung dengan kerutinan dan tujuan Anda. Tentukan tujuan Anda belajar bahasa Inggris serta kapan ingin mahir.

Apakah ingin mendapat hasil TOEFL tinggi dalam 3 bulan? Atau ingin sekolah di luar negeri dalam 6 bulan ke depan? Dengan adanya batas waktu Anda akan bersemangat untuk belajar bahasa Inggris.

6. Menonton Film Tanpa Subtitle Indonesia

Hal yang menyenangkan bisa Anda lakukan dengan menonton film berbahasa Inggris. Pastinya hal ini membuat Anda semakin pintar dengan menonton film tanpa subtitle bahasa Inggris.

Jika Anda masih kesusahan bisa menggunakan subtitle Indonesia tetapi usahakan jangan terlalu sering. Jika anda menemukan kata yang susah catat lalu cari artinya untuk menambah kosakata Anda.

7. Belajar Berbicara Bahasa Inggris Pada Cermin

Sebelum berbicara dengan orang lain dalam bahasa Inggris Anda bisa mencoba untuk belajar bahasa Inggris di depan cermin. Hal ini bertujuan agar anda lebih fasih dan tidak kaku saat berbicara.

8. Membangun Kosakata Inggris dengan Imbuhan

Dalam bahasa Inggris pasti Anda mengenal imbuhan di-, -kan, ber-, dan -an. Setiap imbuhan mempunyai fungsi untuk membentuk kata kerja, kata sifat kata keterangan dan yang lainnya.

Bahasa Inggris juga mempunyai imbuhan yang disebut suffix dan prefix. Belajar imbuhan adalah trik mudah mulai belajar bahasa Inggris dengan cepat.

Untuk Anda yang ingin mencoba belajar bahasa Inggris pastikan melakukannya secara rutin. Anda bisa mengikuti cara mudah memulai belajar bahasa Inggris tersebut.