Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

5 Dasar Belajar Bahasa Inggris untuk Anak Usia 7-9 Tahun

5 Dasar Belajar Bahasa Inggris untuk Anak Usia 7-9 Tahun
Anak mempelajari berbagai kosakata bahasa Inggris.

Sebagian orang mungkin merasa bahwa belajar bahasa Inggris adalah sebuah hal yang sulit. Akan tetapi jika ini dipelajari sejak dini, maka tidak menutup kemungkinan bisa lebih cepat menguasainya. Sedari  kecil anda bisa membiasakan anak mempelajari berbagai kosakata bahasa Inggris.

Tentu saja anda harus selalu menerapkan berbagai dasar yang benar saat mempelajarinya. Dengan begitu, anak bisa lebih mudah mempelajari berbagai kalimat khususnya yang lebih kompleks.

5 Dasar Belajar Bahasa Inggris untuk Anak


Bahasa Inggris akan terasa rumit bila kurang baik dalam pemahaman dasarnya. Akan tetapi bila anak sudah memahaminya, pasti akan lebih mudah memahami materi yang diberikan.


Mulai dari belajar bagaimana kata dasar bahasa Inggris, kalimat, pelafalan serta cara penulisan. Berikut ini merupakan berbagai dasar penting jika anak ingin mempelajari bahasa Inggris. Khususnya mereka yang usianya 7-9 tahun.

1. Belajar Tenses Bahasa Inggris


Tenses atau bentuk kata adalah salah satu bagian penting dan mendasar ketika ingin mempelajari bahasa Inggris. Pengertian tenses yaitu bentuk kata kerja bahasa Inggris yang berfungsi menunjukkan kondisi waktu saat sebuah peristiwa terjadi.

Penunjukkan waktu sendiri bermacam-macam, diantaranya:
  • sekarang/Present
  • masa lalu/Past
  • Rencana masa lalu/ Past Future
  • yang akan datang/ Future
Bila anak sudah paham dan menguasai seluruh tenses, maka bisa dibilang anak sudah menguasai 60% bahasa Inggris. Selain itu, anak juga bisa dengan mudah melakukan berbagai interaksi dalam bahasa Inggris. Baik itu berbicara atau menulis.

2. Belajar Listening atau Mendengarkan


Bila anak sudah paham tentang tenses, maka dasar penting dalam belajar bahasa Inggris selanjutnya adalah listening atau mendengarkan. Sebab dalam hal ini listening menjadi sebuah kemampuan bahasa Inggris saat mendengarkan kosakata yang ada pada kalimat berbahasa Inggris.

Saat anak sering mendengarkan secara langsung, maka ia akan terbiasa dan bisa memahami apa yang orang bicarakan dalam bahasa Inggris.

3. Reading atau Membaca


Selain tenses dan listening, reading atau kegiatan membaca juga penting dalam membantu mempermudah anak mempelajari bahasa Inggris dengan cepat.

Saat anak membaca kalimat atau teks dalam bahasa Inggris, ini akan membuatnya lebih peka pada struktur kata yang ada. Anda bisa memberikannya buku cerita anak berbahasa Inggris yang membuatnya senang membaca. Kosakatanya akan semakin bertambah dan anak akan lebih cepat dalam memahami bahasa Inggris.

4. Writing atau Menulis


Bila anak anda sudah mahir dalam mendengar dan membaca, selanjutnya anda bisa mengajarkannya menulis atau writing. Kegiatan menulis menjadi salah satu dasar penting ketika anak mempelajari bahasa Inggris.

Dengan belajar menulis bahasa Inggris, maka anak akan melihat sejauh mana ia mahir dalam bahasa Inggris baik dari segi tata bahasa maupun kosa katanya.

5. Speaking atau Berbicara


Ketika semua dasar untuk mempelajari bahasa Inggris tersebut sudah bisa dipahami dengan baik, maka terakhir yang harus bisa dilakukan oleh anak adalah speaking.

Speaking atau berbicara menjadi akhir dari dasar belajar bahasa Inggris untuk anak. Saat anak bisa berbicara dalam bahasa Inggris, maka perlahan skillnya akan terlatih menjadi fasih.

Berlangganan via Email