Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tips Mengajar Bahasa Inggris untuk Anak SD yang Efektif dan Menyenangkan

Tips Mengajar Bahasa Inggris untuk Anak SD yang Efektif dan Menyenangkan
Metode yang efektif dan menyenangkan.

Kemampuan bahasa Inggris saat ini amat penting. Tidak hanya untuk memenuhi kewajiban mata pelajaran, bahasa Inggris akan dapat menambah keterampilan anak-anak dalam menguasai bahasa asing. 

Menguasai bahasa Inggris sebagai bahasa internasional akan memberikan banyak keuntungan kepada peserta didik dalam menyiapkan pendidikan pada tingkat selanjutnya. Tidak hanya itu, mereka juga dapat berpeluang mendapatkan pendidikan di luar negeri dan pengalaman belajar yang berbeda. 

Belajar bahasa sejak kecil diketahui akan lebih mudah diserap dibandingkan mereka yang mempelajarinya setelah dewasa. Karena itulah, tidak heran jika banyak guru yang mengusahakan metode terbaik dan menyenangkan agar bahasa Inggris mudah dipahami oleh anak-anak.

Tips Mengajar Bahasa Inggris Efektif dan Menyenangkan

Kemajuan teknologi dan perkembangan ilmu pengetahuan membuat banyak orang tua menyadari bahwa belajar bahasa Inggris sejak dini amat penting. Selain sebagai bekal untuk mereka, keterampilan bahasa asing juga akan memberikan nilai tambah bagi anak-anak. 

Untuk itu, diperlukan metode yang efektif dan menyenangkan dalam mengajarkan bahasa Inggris untuk anak SD sebagaimana diuraikan berikut ini.

1. Ikut Berbahasa Inggris

Belajar bahasa adalah perkara praktik yang sering agar mudah dalam menghafal dan terbiasa menggunakannya. Untuk itu, membangun lingkungan yang mendukung amat penting agar bahas Inggris makin cepat terkuasai. 

Jika Anda tidak memiliki kemampuan bahasa Inggris yang hebat, tidak masalah. Gunakanlah kalimat mudah yang sering digunakan sehari-hari ataupun kosakata mudah dari lingkungan sekitar.

Lihat juga: Ternyata Nggak Semudah yang Dipikirkan! Ini Suka Duka Menjadi Guru Bahasa Inggris di SD

Cara ini tidak akan terlalu memaksa anak-anak untuk belajar dengan serius, tetapi belajar dengan cara yang menyenangkan sehingga mereka tidak merasa tertekan. 

Selain itu, berikanlah penghargaan kepada mereka ketika telah mampu mengungkapkan kalimat dalam bahasa Inggris, meskipun belum begitu fasih karena hal ini juga merupakan kemajuan bagi mereka.

2. Menonton Film Favorit dalam Bahasa Inggris

Anak-anak pada masa sekolah dasar (SD) tentu menyukai film-film animasi ataupun fantasi. Cara ini juga dapat Anda manfaatkan sebagai media pembelajaran yang menyenangkan bagi mereka. 

Ketika menonton film animasi ini, usahakanlah untuk memilih film yang menggunakan bahasa Inggris sehingga mereka terbiasa mendengarkan percakapan dalam bahasa Inggris. 

Tidak hanya itu, menyaksikan percakapan bahasa Inggris dari film favorit mereka juga dapat meningkatkan kreativitas dalam membayangkan jalan ceritanya. Jadi, tidak hanya keterampilan bahasa asing saja yang dapat dikuasai, kemampuan cara bercerita mereka juga dapat meningkat.

3. Membaca Cerita

Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris anak-anak adalah dengan membaca. Untuk membuat mereka makin cepat menguasai dan mereka senang dalam belajar, pilihlah bahan bacaan yang tepat, salah satunya adalah buku cerita. 

Pilihlah buku cerita favorit mereka dan carilah dalam versi bahasa Inggris-nya. Sebaiknya, buku bacaan ini dipilih yang sesuai dengan level usia mereka.

Makin sering membaca buku bacaan favorit seperti ini akan membuat mereka makin terbiasa mengucapkan kalimat dalam bahasa Inggris. Keuntungan lainnya, mereka akan lebih cepat fasih dan cepat mengenali kalimat-kalimatnya.

4. Aplikasi Permainan

Teknologi smartphone saat ini telah makin maju. Banyak aplikasi permainan yang dapat menunjang dalam pembelajaran bahasa Inggris, apalagi bagi anak-anak yang amat suka memainkan game. 

Untuk itu, manfaatkanlah media permainan ini sebagai sarana belajar mereka. Saat ini tidak sulit mencari aplikasi permainan yang menggunakan bahasa Inggris dan disajikan dalam kata-kata sederhana dengan jalan permainan yang seru.

Meskipun permainan dapat membuat anak-anak kecanduan, di sisi lain juga dapat dengan mudah meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka. Untuk itu, saat belajar menggunakan smartphone ini, dampingi anak guna mengontrol mereka dalam menggunakan aplikasi.

5. Melalui Video

Video pembelajaran tentang bahasa Inggris saat ini sangat mudah ditemukan, terutama di kanal YouTube. Anda dapat memanfaatkan media ini untuk mengajarkan keterampilan bahasa Inggris pada anak karena YouTube menayangkan berbagai video dengan tema yang beragam.

Untuk menghindarkan anak dari tontonan yang tidak bermanfaat, buatlah aturan tentang hal ini atau temani anak ketika mereka belajar melalui tayangan video.

Berlangganan via Email