Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Ternyata Nggak Semudah yang Dipikirkan! Ini Suka Duka Menjadi Guru Bahasa Inggris di SD

Ternyata Nggak Semudah yang Dipikirkan! Ini Suka Duka Menjadi Guru Bahasa Inggris di SD
Banyak yang bilang menjadi guru bahasa inggris di SD itu lebih enak. Siapa bilang? Simak suka duka menjadi guru bahasa Inggris di SD dibawah ini:

Ada anggapan bahwa menjadi guru bahasa inggris paling enak itu mengajar di tingkat SD. Namun kenyataannya tidaklah demikian karena baik di SD, SMP atau SMA memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Suka duka menjadi guru bahasa inggris di SD mungkin tidak sebanyak di jenjang yang lebih tinggi.

Akan tetapi tingkat kesulitannya justru akan lebih tinggi dibanding dengan jenjang diatasnya. Hal ini dikarenakan anak SD sama sekali belum hafal atau mendengar kata-kata dalam bahasa inggris. Jadi benar-benar masih asing bagi anak SD. Dan guru bahasa inggris SD harus mengajarinya dari nol atau dasar.

Terutama jika kamu mengajar di kelas 1. Ada yang masih belum bisa membaca dan menghitung. Kemudian harus belajar bahasa inggris, tentu akan menjadi kesulitan tersendiri bagi guru inggris yang mengajar di kelas satu SD ini. Banyak sekali suka duka menjadi guru bahasa inggris di SD. Berikut ulasannya:

Lesson Plan Mudah Dalam Pembuatannya

Rencana pembelajaran wajib dibuat oleh guru masing-masing. Untuk guru bahasa inggris membuat lesson plannya sangat mudah karena bahan yang diajarkan masih materi-materi dasar berbahasa ingris. Kamu tinggal mengikuti saja kurikulum yang ada. Biasanya untuk anak SD lebih ke belajar vocab dan bentuk pelajaran model cerita.

Anak SD juga akan lebih paham kosa kata dan memahami bahasa inggris jika disertai gambar. Gambar dirasa lebih menarik dibanding hanya dengan tulisan. Anak SD akan senang belajar bahasa inggris dan terpancing untuk giat belajar dan fasih dalam berbahasa inggris. Meskipun bahasa asing mereka tidak akan memperdulikan itu yang penting dalam proses belajar mereka merasa senang dan nyaman.

Proses Belajar Sangat Menyenangkan

Kamu akan selalu merasa senang dan bahagia jika menjadi guru bahasa inggris anak SD. Seperti sudah diketahui bersama bahwa anak SD sangat suka bermain. Kamu bisa memanfaatkan hal ini untuk dijadikan metode belajar. Jadi kamu nanti mengajarkan kepada anak kosa kata bahasa inggris sambil bermain.

Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menggunakan metode mengajar yang satu ini. beberapa diantaranya kamu bisa menyiapkan gambar buah-buahan yang dipegang ke anak-anak. Setelah itu tunjuk anak untuk menghampiri buah-buahan yang disebutkan guru dalam kosa kata inggris. Dengan begitu anak akan senang dan cepat menghafalnya.

Harus Menguasai Materi yang Diajarkan

Karena dianggap mudah banyak yang menyepelekan materi yang akan disampaikan. Akhirnya guru tidak memahami materi apa yang harus disampaikan untuk anak didiknya. Materi untuk anak kelas 1 tentu berbeda dengan anak kelas 2,3,dan di atasnya.

Cara mengajarnya juga sudah pasti berbeda. Kamu harus bisa paham akan hal itu. Jika tidak anak didik kamu tidak akan mampu memahami dengan baik apa yang kamu berikan kepada anak-anak.

Harus Kemampuan Mengajar Tinggi

Mengajar bahasa inggris itu berbeda loh dengan mengajar mata pelajaran lainnya. Ada listening (mendengarkan) dan speaking (berbicara). Kamu harus bisa membuat siswa bisa mengucapkan kosa kata bahasa inggris dengan baik dan benar. Selain itu harus bisa membuat siswa mampu mendengarkan kosa kata dalam bahasa inggris serta menuliskan kembali dengan benar.

Ternyata tidak mudah kan menjadi guru bahasa inggris di SD? Maka dari itu kamu jangan menganggap remeh menjadi guru SD walaupun hanya setingkat SD. Dengan mengetahui suka duka menjadi guru bahasa inggris di SD kamu bisa menyiapkan diri terlebih dahulu.

Berlangganan via Email