Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

7 Kunci Sukses Guru Ikut PPG dalam Jabatan sehingga Dapat Sertifikat Pendidik


Sertifikat pendidik merupakan salah satu syarat mutlak yang diperuntukkan bagi tenaga pengajar pada semua jenjang pendidikan. Sertifikat tersebut dapat diperoleh setelah melakoni rangkaian tes Pendidikan Profesi Guru (PPG). Adapun serangkaian tes yang dimaksud meliputi potensi akademik, pedagogik, bidang studi, serta bakat dan minat.

7 Kunci Sukses Guru sehingga Dapat Sertifikat Pendidik

PPG yang diselenggarakan pemerintah bertujuan untuk mempersiapkan tenaga pengajar yang berkualitas dengan memiliki persyaratan keahlian khusus dalam menjadi seorang guru. PPG merupakan pendidikan tertinggi yang ditempuh para calon tenaga pendidik setelah program pendidikan sarjana. 

Bagi Anda yang sedang merencanakan mengikuti UTN PPG, tidak perlu khawatir dan gelisah dengan perjuangan yang akan dihadapi. Berikut adalah tips meraih sukses saat menjalani serangkaian tes PPG yang telah disebutkan di atas.

1. Keep Calm dan Tidak Panik

Saat mengikuti serangkaian ujian, Anda akan berhadapan dengan seluruh mahasiswa PPG dari seluruh penjuru tanah air yang sudah pasti berlatar sosial, budaya, dan kepribadian berbeda. Kemungkinan beberapa dari calon peserta yang berkepribadian nervous akan sering share info dari grup sebelah, padahal belum tentu kabar yang didapatkan itu sesuai realita saat ini.

Abaikan saja kabar yang sedemikian. Sebaiknya Anda fokus pada tugas-tugas kuliah dan pendalaman materi. Tidak perlu buru-buru membahas uji komprehensif dan sebagainya. Toh nanti Anda juga akan melakukannya.

2. Persiapan Fisik dan Mental

Senantiasa menjaga kesehatan merupakan persiapan utama dalam menjalani jadwal web meeting yang semakin padat. Usahakan Anda benar-benar selalu dalam kondisi prima.

Serangkaian tugas PPG dalam proses memperoleh sertifikat pendidik tersebut benar-benar akan menguras waktu dan mental Anda. Kesehatan mental dapat dijaga dengan banyak berdoa serta menguatkan niat dan tekad. 

3. Koneksi Internet Mumpuni

Web Meeting yang dilakukan di sekolah PPG terkadang dilakukan hingga malam hari. Pastikan koneksi internet yang Anda gunakan stabil sehingga dapat mengikuti seluruh kegiatan kuliah dengan baik. Carilah provider yang tepat dan berkualitas baik. 

4. Mulailah Belajar Editing Video

Di masa pandemi ini, kemungkinan ujian Praktik Pengenalan Lapangan (PPL) akan dilaksanakan secara daring. Biasanya dilakukan di lingkungan sekolah dan penilaiannya berdasarkan video rekaman. 

Maka persiapkan diri Anda untuk memiliki keterampilan edit video. Biasanya pelaksanaan video rekaman tersebut menggunakan metode sign in di mana dosen dan guru pamong akan menyaksikan secara langsung proses pembelajaran yang sedang Anda lakukan. 

5. Kuasai PDF, PPT, dan Aplikasi Web Meeting (Zoom dan Google meet) 

Walaupun sering mengikuti kegiatan berbasis web meeting, terkadang para guru masih bingung atau bahkan asing saat mendengar aplikasi Zoom dan Google Meet. Sebaiknya Anda mulai belajar menguasai setiap fitur-fitur pada aplikasi tersebut. Pelajari pula mengenai word, PDF, dan PPT.

Paling tidak Anda memiliki dasar guna menghadapi ujian berbasis komputer nantinya. Dengan demikian Anda akan semakin percaya diri dan tidak canggung saat menghadapi ujian komputer guna mendapat sertifikat pendidik.. 

6. Lakukan yang Terbaik

Sekali lagi abaikan berita-berita hoax dari kiriman teman-teman yang tergabung dalam grup WA. Bukan tidak mungkin kabar tersebut akan menyesatkan. Ujung-ujungnya Anda harus revisi beberapa atau bahkan semua tugas karena belum mendapat nilai yang maksimal.

7. Positive Thinking pada Diri Sendiri dan Dosen

Tidak semua dosen memiliki karakter sesuai yang kita idamkan. Adakalanya beberapa mahasiswa tidak cocok dengan karakter dan pembawaan dosen tersebut. Akan tetapi, Anda tidak harus serta merta membencinya.

Lihat juga : 7 Kebiasaan Orang Sukses yang Patut Ditiru Oleh Guru

Ada baiknya selalu sabar dan berpikir positif. Kita hanya perlu mengubah cara pandang terhadap beliau. Respect yang dimiliki akan berdampak positif pada diri Anda sendiri.

Pendaftaran dan pengiriman berkas PPG Daljab tahun 2022 dibuka pada tanggal 7 hingga 23 Februari 2022. Bagi Anda yang hendak menempuh UTN PPG guna mendapatkan sertifikat pendidik, sebaiknya segera melengkapi berkas-berkas persyaratannya.PPG Daljab tahun 2022