Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kegiatan Pembiasaan di Sekolah untuk Membangun Karakter Murid

Kegiatan Pembiasaan di Sekolah untuk Membangun Karakter Murid

Indonesia tengah menggalakkan character education atau pendidikan karakter. Dimana pendidikan karakter dalam konteks saat ini cukup relevan dalam rangka mengatasi krisis moral yang tengah melanda Indonesia. Sebagai bentuk upayanya yaitu dengan melakukan sejumlah pembiasaan di sekolah untuk membangun karakter para siswa.

Pembiasan sendiri adalah proses pembentukan perilaku dan sikap yang relatif menetap serta sifatnya otomatis lewat proses pembelajaran secara individu maupun bersama-sama. Hal itu juga akan menciptakan sebuah kompetensi. Pembangunan karakter murid lewat pembiasaan ini bisa diselenggarakan secara terjadwal atau tidak terjadwal, baik di luar maupun di dalam kelas.

Beberapa Kegiatan Pembiasaan di Sekolah untuk Membangun Karakter Peserta Didik

Krisis moral yang terjadi di Indonesia di antaranya adalah maraknya angka kekerasan anak-anak serta remaja, meningkatnya pergaulan bebas, pencurian oleh remaja, kejahatan kepada teman, penyalahgunaan obat-obatan, kebiasaan mencontek, perusakan, dan juga pornografi. Di dalam pendidikan karakter, tentunya melibatkan tiga ranah moral, yaitu:

1. Konsep moral (moral knowing)
2. Sikap moral (moral feeling)
3. Perilaku moral (moral behavior)

Berdasarkan ketiga komponen tersebut bisa dikatakan bahwa karakter baik didukung dengan adanya pengetahuan mengenai kebaikan, keinginan untuk melakukan kebaikan, serta melakukan perbuatan baik.

Tujuan penggalakan pendidikan karakter ini yaitu untuk mempersiapkan generasi yang memiliki kualitas. Pendidikan karakter para siswa bisa dengan melakukan pembiasaan perilaku positif tertentu pada kehidupan keseharian. Kegiatan pembiasaan di dalam sekolah terdiri dari kegiatan rutin, spontan, terprogram, dan juga keteladanan.

Kegiatan Rutin

Pembiasaan di sekolah untuk membangun karakter murid adalah dengan melakukan kegiatan rutin, yaitu kegiatan yang pelaksanaannya secara reguler serta terus menerus. Tujuan dari kegiatan rutin ini yaitu untuk membiasakan peserta didik melakukan sesuatu yang baik. Contoh pembiasaan yang termasuk pada kegiatan rutin ini yaitu:

Berdoa pada saat akan mengawali kegiatan
Hormat kepada Bendera Merah Putih
Shalat Dhuha bersama
Melakukan shalat dhuhur berjamaah
Mengadakan infaq siswa
Melaksanakan kebersihan kelas
Berdoa pada saat mengakhiri kegiatan

Kegiatan Spontan

Pelaksanaan kegiatan spontan ini tanpa batasan waktu, ruang, dan tempat. Tujuannya adalah untuk memfasilitasi sekaligus memenuhi pendidikan secara spontan kepada murid, terlebih dalam membiasakan bersikap sopan santun, dan sikap terpuji yang lain. Contoh dari kegiatan spontan untuk membangun karakter peserta didik ini, yaitu:

Membiasakan untuk mengucapkan salam serta menyalami guru, karyawan, dan juga sesama siswa
Membudayakan antri
Membiasakan untuk bersikap santun
Berusaha untuk menghargai pendapat orang lain
Membiasakan membuang sampah di tempatnya
Membudayakan tolong menolong
Membiasakan selalu meminta izin pada saat keluar atau masuk kelas
Belajar menyampaikan aspirasi lewat media yang tersedia di sekolah, seperti Majalah Dinding atau Kotak Curhat BK
Membiasakan untuk berkonsultasi terhadap guru pembimbing atau guru yang lain sesuai keperluan

Kegiatan Terprogram

Pembiasaan di sekolah untuk membangun karakter siswa yaitu melalui kegiatan terprogram yang pelaksanaannya secara bertahap menyesuaikan kalender pendidikan atau jadwal yang sudah ditetapkan.
Membiasakan kegiatan tersebut berarti membiasakan peserta didik serta personel sekolah aktif untuk menjalankan kegiatan sekolah sesuai standar kemampuan, keterampilan, dan juga bidangnya masing-masing. Contoh dari kegiatan terprogram ini, misalnya:

Melakukan kegiatan class meeting
Mengadakan kegiatan karyawisata
Kegiatan peringatan hari-hari besar nasional
Mengadakan kegiatan pentas seni akhir tahun pelajaran
Kegiatan lomba mata pelajaran
Mengagendakan kegiatan perkemahan

Kegiatan Keteladanan

Merupakan kegiatan yang berbentuk perilaku keseharian yang bisa menjadi contoh atau teladan. Contoh kegiatan keteladan ini adalah.

Selalu berpakaian rapi
Membiasakan untuk datang tepat waktu
Berusaha untuk berbahasa dengan baik
Membiasakan untuk bersikap ramah
Berusaha untuk rajin membaca

Nah, itulah beberapa kegiatan pembiasaan di sekolah untuk membangun karakter para peserta didik. Kegiatan tersebut bisa dilakukan di sekolah dalam rangka mendukung program pendidikan karakter. Semoga bermanfaat.