Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Lulusan PGSD Hanya Jadi Guru? Ternyata Ini Prospek Lainnya

Lulusan PGSD Hanya Jadi Guru? Ternyata Ini Prospek Lainnya

Sesuai dengan nama jurusannya, lulusan PGSD atau Pendidikan Guru Sekolah Dasar mayoritas berprofesi sebagai seorang guru atau tenaga didik. Namun, kuliah jurusan PGSD ini membuat kamu bisa mempelajari banyak hal dan juga memiliki beragam keterampilan.

Dengan begitu, kamu tidak perlu terpaku menjadi guru setelah lulus nanti. Ada banyak prospek yang bisa kamu manfaatkan untuk memiliki jenjang karir yang menjanjikan.

Prospek Lain Bagi Lulusan PGSD Selain Menjadi Guru

Guru, memang merupakan profesi yang sangat mulia dan berjasa. Berkat dedikasi seorang guru, negara ini memiliki generasi penerus bangsa yang cerdas dan berintelektual.

Meskipun demikian, kamu yang saat ini menjadi lulusan PGSD juga bisa mencoba hal baru lainnya. Kira-kira apa sajakah itu? Sebagai sumber inspirasi, mari simak prospek lainnya yang bisa kamu coba.

1. Membuka Bimbel atau Les Privat

Saat ini, anak-anak tidak hanya membutuhkan bantuan belajar ketika berada di dalam kelas saja. Anak-anak juga butuh pendampingan belajar ketika berada di rumah.

Mengingat sibuknya orang tua yang bekerja di luar rumah, membuat anak-anak seringkali tidak mendapatkan pengawasan belajar yang maksimal. Selain itu, jumlah murid SD atau anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar juga lebih banyak, bila kamu bandingkan dengan jumlah siswa SMP maupun SMA.

Hal ini bisa kamu jadikan peluang untuk membuka bimbel atau les privat. Membuka bimbel atau les privat ini juga bisa kamu jadikan untuk menambah penghasilan hingga pekerjaan pokok. Untungnya lagi, kamu bisa menggunakan tempat dimana saja sesuai dengan kebutuhanmu.

2. Perancang dan Pengembang Media Belajar

Prospek lainnya yang bisa kamu jajal, yakni menjadi seorang perancang dan pengembang media belajar. Selain menjadi profesi yang cukup menjanjikan, pekerjaan ini juga seru.

Pasalnya, kamu membuat sebuah media belajar dengan tujuan agar anak-anak atau siswa bisa mendapatkan pengalaman belajar yang baru dan menyenangkan. Selain itu, juga membantu siswa untuk mendapatkan pemahaman materi dengan mudah.

Tentunya dengan media belajar yang bisa kamu kembangkan, juga dapat meningkatkan prestasi siswa. Maka dari itulah, tak ada salahnya jika kamu menjajal prospek kerja yang satu ini.

3. Menjadi Content Creator

Saat ini sudah banyak lulusan PGSD yang menjadi content creator. Mungkin, kamu juga bisa menjadi salah satu yang menekuni prospek ini.

Kamu bisa memanfaatkan perkembangan teknologi dan mencoba profesi yang satu ini. Ada banyak platform yang bisa kamu gunakan misalnya saja seperti Youtube.

Kamu bisa membuat video-video pembelajaran yang menarik dan disukai oleh anak-anak. Kemudian kamu unggah video ke channel youtube-mu atau media online lainnya.

Tema konten yang bisa kamu buat tidak hanya materi sekolah anak SD saja. Kamu juga bisa mengangkat tema tentang kegiatan-kegiatan menarik yang bisa dilakukan anak SD ketika di rumah dan tema konten menarik lainnya.

4. Menjadi Seorang Radio Announcer

Jika kamu memiliki bakat untuk bercerita tentang dunia pendidikan khusus anak-anak, bisa menjadi seorang radio announcer. Radio announcer, selain menjadi salah satu prospek yang menguntungkan, juga bisa mengasah kemampuan berbicara dan komunikasi. Selain itu, kamu juga tidak perlu untuk terlalu sering bertemu dengan banyak orang.

Bagaimana? Setelah membaca informasi ini, kamu tidak bingung lagi untuk menentukan karir setelah lulus nanti, bukan? Meskipun lulusan PGSD tidak menutup kemungkinan buat kamu untuk terus berkembang. Maka dari itulah, teruslah belajar dan mencoba hal-hal baru hingga kamu berhasil mewujudkan cita-citamu.