Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Prospek dan Peluang Kerja Jurusan PGSD

Prospek dan Peluang Kerja Jurusan PGSD

Prospek dan peluang kerja jurusan PGSD luas dan dinilai lebih ekstensif terutama di bidang pendidikan dasar. Mahasiswa PGSD akan mempelajari mata kuliah, konsep dasar materi sekolah dasar, studi eksplorasi, hingga metode menciptakan perangkat pembelajaran yang efektif untuk peserta didiknya kelak.

Seiring berkembangnya zaman, kualitas pendidikan di Tanah Air perlu adanya peningkatan. Oleh karena itu, beberapa perguruan tinggi ternama mulai membuka jurusan PGSD guna mempersiapkan tenaga pendidik sekolah dasar yang berkualitas.

Peran guru SD tidak boleh dianggap sebelah mata. Faktanya, pondasi pendidikan dan karakter anak usia 6-12 tahun, 85% ditentukan dari peran seorang guru sekolah dasar.

Sebenarnya Apa Saja Sih Prospek dan Peluang Kerja Jurusan PGSD

Mutu pembelajaran tetap dituntut mengalami perkembangan dan peningkatan setiap harinya. Menuntut ilmu di jurusan PGSD akan membuat mahasiswanya lebih terampil dan memiliki banyak kemampuan.

Bekal ilmu jurusan PGSD yang sedemikian kompleks merupakan modal dasar mengajar anak-anak baik untuk kepentingan akademis hingga pembentukan karakter. Manfaatkan keahlian dan pengetahuan yang Anda dapat sebagai sumbangsih meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

Sayang bukan jika lulusan PGSD hanya berpangku tangan. Lalu, apa saja sih peluang untuk alumni PGSD dengan gelar SPd yang didapatkan? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Guru SD

Tujuan utama lulusan PGSD adalah mempersiapkan tenaga pendidik sebagai guru SD. Prospek dan peluang kerja jurusan PGSD luas dan menjanjikan.

Saat ini, guru SD yang masih bertugas sebagian besar mendekati masa pensiun. Faktanya, masih banyak sekolah yang memerlukan posisi tersebut. Bahkan beberapa sekolah dasar kekurangan tenaga pendidik. Anda bisa memanfaatkan peluang tersebut untuk menjadi guru pengganti.

Meskipun hanya sebagai guru honorer dengan penghasilan yang tidak seberapa, tetap tekuni pekerjaan ini. Jadikan sebagai kesempatan mengasah kemampuan Anda di bidang mengajar.

2. Guru Les Privat

Pilihan peluang kerja lulusan PGSD berikutnya adalah membuka les privat. Jika Anda bekerja sebagai guru honorer, peluang kerja yang satu ini dapat dijadikan sebagai ladang penghasilan tambahan.

Lihat juga : Cara Menjadi Guru Les Siswa SD yang Baik dan Menyenangkan

Tempat pelaksanaannya dapat dilakukan di rumah sendiri, datang ke rumah siswa, atau bergabung dengan lembaga bimbel atau kursus yang saat ini sudah menjamur. Saat ini, kegiatan belajar mengajar tidak hanya cukup dilakukan di sekolah. Banyak orang tua yang membutuhkan kehadiran guru les privat untuk memberikan pelajaran tambahan bagi buah hati mereka.

3. Radio Announcer

Peluang kerja jurusan PGSD yang satu ini tepat dipilih untuk Anda yang suka menceritakan tentang dunia edukasi, namun tidak nyaman jika harus bertemu banyak orang. Pekerjaan sebagai penyiar yang menyajikan info-info seputar dunia pendidikan juga dituntut memiliki teknik-teknik dasar yang sudah Anda dapatkan dari bangku kuliah PGSD. Teknik pembawaan dan penyajian yang baik akan menjadikan Anda sebagai announcer yang baik pula bagi para pendengar.

4. Content Creator

Di era digital saat ini, banyak sekali platform yang menyediakan konten pendidikan online. Buatlah video pembelajaran khusus anak SD lalu  unggah ke media online tersebut.

5. Konsultan Pendidikan Dasar

Peran seorang konsultan di tingkat pendidikan dasar adalah memberikan perencanaan pendidikan terbaik yang sebaiknya ditempuh oleh siswa, orang tua, atau lembaga pendidikan. Cobalah menjadi seorang konsultan pendidikan dengan keterampilan yang Anda peroleh.

6. Pegawai Bank

Biasanya, rekrutmen calon pegawai bank tidak memberikan persyaratan khusus. Dengan kata lain, semua jurusan bisa mencoba mendaftar. Jadi, tidak ada salahnya Anda mencoba pekerjaan ini.

Prospek dan peluang kerja jurusan PGSD yang sedemikian luas, tidak akan berarti jika Anda tidak bisa memanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Jadi, lulusan PGSD masih bingung atau menganggur? Segera beranjak dan berbenah yuk untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan di Indonesia.