Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Keuntungan Menjadi Guru Penggerak Untuk Pendidik Maupun Siswa

Keuntungan Menjadi Guru Penggerak Untuk Pendidik Maupun Siswa

Guru penggerak merupakan program untuk meningkatkan kompetensi pendidik sebagai pemimpin pembelajaran yang semua terfokus pada siswa. Sekaligus menjadi pendorong perkembangan siswa, baik holistik, aktif hingga proaktif dalam mengembangkan pendidik yang lain demi mengimplementasikan pembelajaran pada murid. Keuntungan menjadi guru penggerak adalah mampu meningkatkan kompetensi dan menambah pengalaman belajar.

Untuk menjadi guru penggerak, pendidik melalui beberapa fase dan proses pelatihan. Sehingga sebagai pemimpin pembelajaran mampu menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan demi mewujudkan profil pelajar pancasila.

Inilah Keuntungan Menjadi Guru Penggerak dalam Pendidikan

Menjadi guru penggerak, pendidik setidaknya mengikuti pendidikan guru selama 9 bulan. Selama pelaksanaan program maka guru dibimbing oleh fasilitator, instruktur hingga pengajar praktik profesional.

Kesempatan ini memberikan perubahan yang nyata bagi pendidikan Indonesia. Adapun keuntungan dan manfaat yang diperoleh adalah sebagai berikut.

1. Meningkatkan Kompetensi

Dengan mengikuti program guru penggerak maka guru dapat meningkatkan kompetensi menjadi pemimpin pembelajaran dengan terpusat pada siswa.

Selain itu para pendidik dapat meningkatkan performa diri yang sebenar-benarnya. Kelak pendidik dapat menjadi teladan dan memberikan motivasi siswa. Tujuannya untuk menguatkan kemampuan atau pemberdayaan siswa itu sendiri.

Lihat juga : Cara Menggali Kreativitas Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru

Secara totalitas memberikan pelayanan pendidikan kepada siswa sehingga mampu menangani dan mengatasi siswa dalam berbagai rupa, yang unik serta heterogen.

Mengingat adanya siswa dengan berbagai karakteristik menuntut guru harus dapat menjadi salah satu solusi demi terwujudnya sistem pembelajaran yang maksimal.

2. Mendapatkan Pengalaman Belajar Bersama Rekan Guru Lain

Keuntungan menjadi guru penggerak, pendidik dapat bertemu dengan guru dari berbagai daerah. Karena para pendaftar calon guru penggerak semua berasal dari seluruh wilayah di Indonesia.

Sehingga memungkinkan pertemuan antara guru satu dengan lainnya dalam satu lingkup. Dari sini para guru dapat bertukar informasi, ilmu yang mereka miliki dan pengalaman selama proses pelatihan berlangsung.

3. Menambah Komunitas Belajar Baru

Dari pertemuan antara guru berbagai wilayah maka memungkinkan guru mendapatkan komunitas belajar baru. Para pendidik bertemu dengan sesama peserta dan pembimbing dengan latar belakang yang beragam. Komunitas ini memungkinkan guru mengikuti program pelatihan dengan berkolaborasi dengan lebih banyak orang.

4. Mengembangkan Kompetensi dalam Lokakarya

Selama pelatihan program guru penggerak 9 bulan mampu mengembangkan kompetensi dalam lokakarya bersama. Program tersebut mencakup lokakarya, pelatihan daring, konferensi dan pendampingan selama 9 bulan. Terutama bagi calon guru penggerak secara gratis.

Selama masa pelatihan guru penggerak, pendidik tetap menjalankan tugasnya yakni mengajar. Para calon guru penggerak akan melalui proses pengawasan, pantauan terkait capaian perkembangan masing-masing. Selain itu pendidik melaksanakan evaluasi hingga tahap pelatihan selesai pelaksanaannya.

5. Pengalaman Mentoring dari Pendamping Pendidikan Guru penggerak

Keuntungan menjadi guru penggerak selanjutnya guru mendapatkan pengalaman yang tidak dimiliki guru lainnya berupa pelatihan dengan orang-orang ahli dalam bidangnya tanpa dipungut biaya.

Para pendamping bagi pelatihan guru penggerak berasal dari Widyaiswara serta pengawas sekolah yang memang memenuhi persyaratan yang sudah melalui ketetapan Kemendikbud.

Mereka memiliki tugas untuk mencatat perkembangan para peserta selama pendidikan guru penggerak secara daring, memberikan motivasi, pendampingan selama pendidikan dan membantu para peserta menjalankan perannya.

6. Mendapatkan Sertifikat 306 JP dan Piagam

Dengan mengikuti pelatihan maka para pendidik mendapatkan sertifikat pendidikan 306 JP dan piagam guru penggerak. Sertifikat tersebut menjadi penunjang karir perguruan Anda.

Peserta mendapatkan modul dan materi yang menjadi pegangan selama pendidikan berlangsung. Selain Itu mendapatkan paket data daring dan biaya transportasi, akomodasi dan konsumsi. Keuntungan menjadi guru penggerak tidak hanya terbatas pada sertifikat saja, namun juga pengalaman dan kompetensi yang semakin meningkat.