Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tips Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru

Tips Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru

Tips meningkatkan kompetensi profesional guru memang cukup penting untuk bapak atau ibu guru ketahui. Sebab sebagai salah satu profesi yang mulia ini memang pada dasarnya membutuhkan keahlian khusus untuk menyampaikan ilmu.

Terlebih saat ini dengan memanfaatkan teknologi yang telah mendominasi dan memudahkan melakukan segala aktivitas, seperti dunia pendidikan. Peran seorang guru adalah untuk membimbing dan mendidik para siswanya agar kelak bisa menjadi orang-orang yang berguna.

Simak Tips Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Paling Mudah

Guru profesional merupakan seseorang yang mempunyai komponen tertentu dan sesuai dengan persyaratan yang dituntut oleh profesi tersebut. Seorang guru akan senantiasa mampu untuk menguasai bahan maupun materi pelajaran yang kemudian akan diajarkan ke murid-muridnya.

Tapi apa yang dimaksud dengan profesionalisme guru? Jadi profesionalisme guru merupakan kewajiban seorang guru agar melakukan tugas pokoknya. Mulai dari kemampuan untuk merencanakan sampai dengan melaksanakan berbagai evaluasi pembelajaran.

Pada intinya bahwa guru adalah salah satu elemen terpenting dalam keberhasilan peserta didik untuk meraih cita-cita mereka. Maka dari itu, untuk bisa menjadi seorang guru harus sudah memenuhi kualifikasi yang wajib dimiliki oleh profesi tersebut.

1. Melakukan Gerakan Guru Membaca

Tips meningkatkan kompetensi profesional guru bisa dilakukan dengan cara Gerakan Guru Membaca atau G2M. Karena buku merupakan salah satu sumber belajar yang tidak hanya untuk siswa saja, melainkan juga untuk setiap guru.

Seharusnya guru harus memiliki kesadaran akan pentingnya untuk membaca demi mengembangkan pengetahuan serta wawasannya. Tidak lucu pula jika seorang guru selalu menyuruh semua muridnya untuk rajin membaca sementara guru tersebut tidak mau membaca.

Oleh karena itu Anda sebagai guru harus serba tahu daripada peserta didik, yakni dengan membaca buku-buku. Sehingga harus digalakkan G2M ini dan guru dapat memanfaatkan beragam buku maupun media massa yang ada sekolah, perpustakaan atau toko buku.

2. Mengikuti Kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG)

Tips meningkatkan kompetensi profesional guru untuk langkah selanjutnya adalah rutin mengikuti Kegiatan Kelompok Kerja Guru. Strategi pengembangan profesi guru ini bisa dilakukan dengan cara mengikuti berbagai kegiatan.

Tujuannya adalah untuk terus meng-upgrade keterampilan serta kemampuan seorang guru agar lebih baik lagi. Nah untuk mendapatkan sumber inspirasi juga tidak harus dengan belajar dari seorang profesor.

Justru dengan belajar sesama guru saja sudah bisa berhasil untuk mempraktikkan strategi maupun terobosan besar dalam belajar. Sehingga pembelajaran dan mengikuti KKG seperti ini sangat penting, sebab tidak hanya sebatas teori semata.

3. Mampu Membuat Karya Tulis

Tips meningkatkan kompetensi profesional guru adalah dengan membuat sebuah karya tulis dalam bentuk apapun itu. Sehingga hal yang diperlukan seorang guru supaya bisa berkembang tidak hanya sekedar baca buku maupun mengikuti seminar saja.

Pasalnya sebagai seorang guru, maka profesi tersebut dianjurkan untuk lebih banyak menulis, termasuk tentang tema pendidikan. Nah hasil karya tulis guru itu berupa penelitian, jurnal, artikel hingga praktik pengajaran untuk dijadikan dokumentasi.

4. Melanjutkan ke Jenjang yang Lebih Tinggi

Salah satu upaya dari pemerintah untuk meningkatkan profesionalisme seorang guru yakni dengan kualifikasi serta persyaratan jenjang pendidikan lebih tinggi. Mulai dari tingkat persekolahan dulu sampai dengan ke perguruan tinggi kelak.

Selain itu pemerintah juga selalu mengadakan sebuah program khusus agar guru bisa mempunyai akuntabilitas yang memadai. Tujuannya untuk bisa menjalankan peran dan fungsinya dalam mendidik para siswa.

Lihat juga : Tips Agar Guru PNS Mudah dan Cepat Naik Pangkat dan Golongan

Tips meningkatkan kompetensi profesional guru seperti diatas tidak akan berhasil apabila tidak ada kemauan serta komitmen tinggi. Sehingga Anda sebagai guru jangan bosan untuk selalu memotivasi diri agar bisa menjadi guru yang lebih baik.