Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Soal PTS Semester 2 Kelas 5 dan Kunci Jawabannya

Soal PTS Semester 2 Kelas 5 dan Kunci Jawabannya

Penilaian tengah semester (PTS) adalah kegiatan rutin penilaian hasil belajar siswa setelah melewati setengah semester. Jadwal PTS Kelas 5 SD/MI biasanya telah ditetapkan pada Kalender Pendidikan (Kaldik) yaitu sekitar bulan Maret. Untuk kelas 5 ada dua tema untuk bahan penilaian pada PTS, yaitu tema 6 Panas dan Perpindahannya dan tema 7 Peristiwa Dalam Kehidupan.

SekolahDasar.Net telah membagikan soal PTS atau UTS kelas 5 semester 2 yang menggunakan pendekatan tematik. Setiap tema terdiri dari muatan pelajaran PPKn, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, dan SBdP. Sedangkan Matematika terpisah dengan pembelajaran tematik. Untuk Matematika kelas 5 sebagai bahan PTS semester 2 yaitu materi pokok volume kubus dan balok, serta jaring-jaring balok dan kubus. 

Soal PTS Semester 2 Kelas 5 Dibuat Berdasarkan Kisi-Kisi

Dalam menyusun soal PTS tidak boleh asal membuat, melainan guru harus dapat memenuhi standar pedoman penulisan yang benar. Sebelum membuat soal PTS, guru harus membuat pedoman atau kisi-kisi mewakili secara keseluruhan indikator dari tujuan pembelajaran kompetensi dasar muatan pelajaran. Selain itu soal juga memperhatikan level kognitif dan materi yang akan diajarkan.

Download Soal PTS Semester 2 Kelas 5 dengan Kunci Jawabannya

Kumpulan soal penilaian tengah semester genap kelas 5 SD/MI ini menggunakan pendekatan tematik. Anda dapat mendownload, menyimpan dan mencetak soal-soal PTS kelas 5 semester 2. Soal tersebut juga disertai dengan kunci jawabannya. Soal disusun sesuai dengan kisi-kisi soal PTS semester 2 kelas 5. Berikut link atau tautan untuk melihat soal-soal PTS kelas 5 semester 2 dan kunci jawabannya:


Soal PTS semester 2 kelas 5 di atas bisa dijadikan guru kelas 5 sebagai bahan referensi dalam membuat soal PTS. Bagi orang tua dan siswa, soal-soal latihan PTS kelas 5 semester 2 bisa dijadikan sebagai bahan belajar. Dengan memperbanyak bank soal, anak akan mengetahui banyak variasi soal serta berbagai kemungkinan tipe soal yang muncul ketika PTS semester 2.