Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Penentu Keberhasilan Proses Belajar Mengajar, Ini Ciri Guru yang Qualified

Penentu Keberhasilan Proses Belajar Mengajar, Ini Ciri Guru yang Qualified

Ciri guru yang qualified ternyata juga sangat berpengaruh terhadap proses belajar mengajar. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa guru adalah salah satu faktor penting dan pertama tugas sebagai penentu keberhasilan dalam pembelajaran. Selain itu juga menjadi kunci keberhasilan dalam melakukan implementasi kebijakan juga usaha inovatif serta demokratisasi pendidikan. Dalam dunia pendidikan dan pembelajaran, guru dan seorang murid itu merupakan dua subjek yang saling berinteraksi untuk membentuk ataupun menentukan bagaimana kualitas pembelajaran tersebut akan berlangsung.

Lihat juga : Bagi Guru Gairah dan Passion Sangat Diperlukan dalam Mendidik

Tapi terkadang kita tidak memperhatikan bagaimana guru itu bisa dikatakan sebagai seorang guru yang profesional. Ada yang mengatakan guru profesional merupakan seorang guru yang mampu menguasai 4 standar kompetensi guru. Sebagaimana dalam undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 yang menjelaskan tentang guru serta dosen. Mereka itu harus mempunyai seperangkat pengetahuan, perilaku, keterampilan, penghayatan, serta penguasaan.

Perlu Anda ketahui juga bahwa dalam literatur pendidikan terdapat istilah professional teacher, qualified teacher, competent teacher, atau guru ideal. Tujuannya adalah untuk menunjukkan apakah guru tersebut benar-benar merupakan seorang guru yang bermutu atau bukan. Bukan hanya itu saja mutu serta kompetensi juga effectiveness itu nyatanya mengandung pengertian yang setara. Seringkali kompetensi dimaknai sebagai penguasaan pengetahuan maupun keterampilan yang juga mencakup kemampuan dalam memilih serta mengetahui mana pilihan yang tepat.

Beberapa Ciri-Ciri Guru yang Qualified dalam Mengajar

Tak hanya itu saja, kompetensi itu sendiri juga dipahami sebagai tingkat kemampuan serta kualitas seseorang. Maksudnya adalah bagaimana mengenai pengetahuannya, keterampilannya, serta kemahirannya yang juga mencakup niat motif serta sikapnya. Sebagai seorang guru yang profesional, mereka juga harus mempunyai empat macam kompetensi.

Di antaranya kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, serta potensi sosial. Bagi Anda yang ingin menjadi seorang guru ataupun sudah menjadi guru tetapi belum mengetahui bagaimana guru yang benar-benar bisa dikatakan sebagai seorang guru, berikut ini terdapat beberapa ciri-ciri guru yang qualified atau profesional.

Ikhlas dan Sabar

Untuk ciri-ciri yang pertama guru profesional adalah keikhlasan. Maksudnya adalah, ilmu yang Anda berikan kepada murid itu harus diberikan dengan sepenuhnya. Anda juga tidak perlu khawatir apabila ilmu yang Anda miliki tersebut akan disaingi oleh siswa. Guru yang profesional adalah ia yang menyadari tugas serta fungsinya. Ia juga tidak memandang upah yang harus ia terima dalam mengajarkan ilmunya kepada para siswa. Paling penting lagi adalah guru selalu memberikan yang terbaik.

Selain keikhlasan, kesabaran juga termasuk dalam ciri-ciri seorang guru yang qualified. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa tidak semua orang itu mempunyai kualitas yang sama dalam menerima pembelajaran dari seorang guru. Untuk itu, seorang guru harus mengutamakan kesabaran sebagai kunci kesuksesannya dalam mendidik siswa.

Mengajarkan yang Bermanfaat dengan Tujuan Jelas

Tak cukup itu saja tetapi ciri-ciri guru yang qualified adalah selalu mengajarkan sesuatu tapi tetap mengutamakan manfaatnya. Bukan hanya bisa menjelaskan mengenai materinya saja. Guru yang baik adalah ia yang mampu menjelaskan manfaat apa yang bisa kita ambil dari pembelajaran tersebut. Apabila dalam materi tersebut tidak ada kaitanya dengan menjalankan kehidupan sehari-hari. Seorang guru harus melakukan penambahan materi ataupun ilmu lain yang bersangkutan serta memberi manfaat untuk kehidupan mereka kelak.

Bukan hanya mengutamakan manfaatnya saja. Tujuan juga tidak boleh dilupakan begitu saja. Oleh sebab itu, sebelum Anda mengajarkan materi alangkah baiknya jelaskan terlebih dahulu Apa tujuan melakukan pembelajaran ini. Supaya siswa bisa memahami manfaat apa yang akan mereka peroleh dan hingga pada akhirnya mereka tertarik mengikuti pembelajaran sampai dengan selesai.

Terampil dan Disiplin

Ternyata tidak cukup itu saja ciri-ciri guru yang qualified. Melainkan mereka juga harus mempunyai keterampilan dalam mendidik siswa-siswinya supaya tetap disiplin. Ia juga bisa membuat suasana kelas yang gaduh menjadi fokus pada pembelajaran apabila materi yang diajarkan kurang menarik. Keprofesionalan mereka juga bisa dilihat dari bagaimana mereka membuat inovasi supaya siswa itu bisa tertarik mengikuti setiap proses pembelajaran.

Selanjutnya ciri-ciri guru profesional adalah mampu berkomunikasi dengan siswanya. Maksudnya adalah guru bisa menyampaikan dengan jelas setiap materi pelajaran. Jika terdapat beberapa siswa yang masih kebingungan, maka tugas guru adalah menjelaskan dengan cara personal. Penguasaan materi dalam melakukan proses belajar mengajar juga termasuk ciri-ciri guru yang qualified.