Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Sikap Guru yang Diam-Diam Disukai Murid

Sikap Guru yang Diam-Diam Disukai Murid

Pastinya murid mempunyai guru favorit di sekolah. Menurut Anda bagaimana sikap guru yang baik serta banyak disukai para murid? Apakah guru yang mengajar yang menyenangkan atau sering jamkos? Simak sikap guru yang diam-diam disukai murid. Untuk para guru wajib mengetahui sikap berikut ini.

Inilah Sikap Guru yang Diam-Diam Disukai Murid

Siapa sih yang tidak suka jika guru bisa mengerti dengan situasi murid? Misalnya seperti saat murid jenuh belajar lalu tiba-tiba guru mengusulkan nonton bersama di kelas. Pastinya sikap guru yang seperti itu sangat disukai para murid.

Lihat juga : 9 Kiat Agar Sukses Menjadi Guru Masa Kini

Sikap guru yang baik dan disukai para murid bisa akrab, peduli, dan berbagi cerita dengan muridnya. Sikap atau karakteristik tersebut biasanya akan fokus pada pertanyaan adakah yang bisa dibantu dari siswa?

Jika ada siswa yang bercerita guru akan mengetahui bahwa siswa tersebut membutuhkan saran atau hanya perlu didengarkan. Umumnya guru yang populer dan baik di kalangan murid mempunyai beberapa sikap dan karakteristik berikut.

1. Bisa Menjelaskan Materi

Seperti perannya yaitu mengajar, guru yang baik bisa menjelaskan materi secara baik dan mudah untuk dipahami. Dalam artian guru bisa menemukan cara mengajar yang efektif dengan metode belajar yang inovatif.

Jika proses pembelajaran yang diterapkan sama setiap harinya maka murid cenderung bosan dan mengantuk. Hal ini berakibat murid akan mencari kesibukan lain bahkan tidur saat jam pelajaran.

Umumnya guru yang baik akan mengetahui waktunya menjelaskan materi, membuat kelompok diskusi dan memberikan tugas. Tidak jarang guru akan melibatkan murid saat merencanakan kegiatan pembelajaran supaya materi yang disampaikan bisa diserap secara maksimal.

2. Memiliki Banyak Ide Baru

Banyaknya ide tentu menjadi ciri dari sikap guru yang diam-diam disukai murid. Di situasi yang tengah membosankan dan jenuh, guru yang asik cenderung mempunyai alternatif lain selain menyuruh murid untuk mengerjakan lembar kerja siswa.

Umumnya guru yang asyik akan memulai games, mengadakan debat kecil-kecilan, nonton bareng, bahkan kegiatan kelas lain.

3. Tegas Tetapi Tidak Killer

Dibalik kesan tarian serta lawakannya saat guru sedang dalam mode serius para murid akan merasakan ketegasan dan akan fokus mendengarkan.

4. Mengenali Murid

Murid akan merasa dihargai jika guru bisa mengenalnya secara baik. Maka dari itu daripada Anda hanya membaca nama siswa saat melakukan absen sebaiknya sebagai seorang guru berusaha untuk mengenali nama siswa tersebut.

Jika perlu cari tahu kesukaan murid, tanyakan kabar, perbanyak senyum, dan ucapan terima kasih saat menerima bantuan.

5. Mampu Memposisikan Diri

Guru mempunyai peran yang sangat sentral di sekolah. Jadi tidak heran jika sebagian orang mengatakan bahwa guru lupakan orang tua kedua untuk murid. Selain memposisikan diri sebagai guru terkadang situasi tertentu harus menempatkan diri sebagai motivator, orang tua, sahabat, bahkan mediator.

Seorang guru yang bisa memposisikan diri pada berbagai situasi akan lebih mudah akrab dan disukai oleh murid. Mereka bisa memahami suka-duka murid dan menawarkan solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

6. Tidak Membandingkan Murid

Tidak ada orang yang suka dibanding-bandingkan, jadi untuk guru sebaiknya hindari membandingkan murid satu sama lain. Sikap guru yang diam-diam disukai murid tidak membandingkan dengan murid karena setiap murid mempunyai kemampuan yang berbeda. Jadi usahakan untuk menghindari membandingkan atau menghakimi murid.

Ciri guru yang banyak disukai murid adalah bisa memahami murid yang suka menyala, kurang perhatian atau suka mengalihkan pembicaraan. Umumnya guru yang terbuka untuk dicurhati dan tidak membandingkan dengan murid lain apalagi membandingkan antargenerasi.

7. Bisa Menjadi Tempat Cerita

Sikap yang terakhir yaitu guru bisa menjadi tempat cerita. Selain bisa mendengarkan cerita siswa dengan baik guru juga bisa dipercaya untuk menjaga kerahasiaan. Jika dicurhati masalah maka guru tidak membocorkan ke pihak terkait. Guru yang sangat komunikatif adalah mudah menjalin komunikasi dengan murid.

Sikap guru yang diam-diam disukai murid tersebut sebenarnya sudah menjadi rahasia umum. Karena banyak murid yang lebih akrab dengan guru yang asyik dan mudah memahami.