Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Bagi Guru Gairah dan Passion Sangat Diperlukan dalam Mendidik

Bagi Guru Gairah dan Passion Sangat Diperlukan dalam Mendidik

Gairah dan passion menjadi hal yang paling penting bagi seorang guru. Bukankah metode itu lebih penting dan utama daripada materi. Namun guru nyatanya juga lebih penting dari pada metode itu sendiri. Akan tetapi, ada yang lebih penting daripada itu semua, yakni ruh dari guru itu sendiri.

Sebenarnya apa sih pengertian guru itu? Jika mendapati adanya pertanyaan tersebut tentunya satu orang dengan yang lainnya memiliki jawaban yang berbeda-beda. Ada yang menjawab bahwa ia adalah pahlawan tanpa tanda jasa dan pemilik sabar yang sesungguhnya. Namun dalam dunia pendidikan, guru memiliki arti bahwa ia adalah seorang tenaga profesional dengan mempunyai tugas utama mengajar, mendidik, mengarahkan, melatih, dan membimbing juga mengevaluasi peserta didiknya.

Lihat juga : Guru Adalah Orang yang Mengajar untuk Menciptakan Semua Profesi

Memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia, guru juga telah sukses mencetak berbagai macam profesi dalam kehidupan sehari-hari. Tetapi bukan itu saja, dari profesi tersebut seseorang bisa sukses dan kaya karena mendapatkan hasil dari usahanya.

Ciri-Ciri Guru yang Memiliki Gairah dan Passion dalam Mengajar Murid

Sebagai seorang guru yang harus mengajar di sekolah, pastinya memberikan pengajaran itu bukanlah hal sangat mudah. Terutama bagi para siswa memang tidak memiliki kemampuan yang sama. Tidak hanya itu saja tantangannya, akan tetapi juga masih banyak lagi. Bagaimana sebenarnya ciri-ciri guru yang passion dalam mendidik, mari kita simak bersama.

1. Senang atau Enjoy dalam Mengajar

Sebagai seorang guru pastinya mempunyai tugas yang mulia. Dalam melaksanakannya pastinya juga ia tidak terpaksa dan tidak pula mengeluh. ia juga betul-betul menikmati setiap langkah juga prosesnya yang sudah ia melewati.

Ketika ia memerankan perannya sebagai guru, maka ia juga sedang melakukan hobi yang sudah ia tekuni sejak lama. Hal ini juga menjadi alasan mengapa gairah dan passion sangat penting bagi seorang guru. Siswa tentunya tidak akan suka dan tidak bisa memahami materi jika guru yang mengajar selalu bersikap angkuh dan pemarah. Maka dengan ciri tersebut juga akan membantu siswa dalam memahami materi yang disampaikan.

2. Seorang Guru Itu Harus Tumbuh

Hal ini juga berkaitan dengan sebuah kata guru adalah seorang yang berani mengajar dengan tidak berhenti belajar. Dalam penyampaian materi kepada muridnya, guru juga harus memahaminya terlebih dahulu memahami guna ketika ada yang menanyakan guru bisa memberikan pemahaman dengan bahasa yang mudah juga untuk murid pahami.

Ia juga selalu sadar bahwa dalam dirinya juga terdapat banyak kekurangan. Maka itu sangat penting pula mengenai gairah dan passion yang selalu tumbuh guna ia juga dapat mengupgrade dirinya sendiri. Belajar sendiri bagi seorang guru juga akan menambahkan ilmu pengetahuan juga meningkatkan dirinya yang sudah menjadi guru.

3. Selalu Profesional

Menjadi seorang guru yang profesional adalah hal yang juga memiliki kaitan dengan gairah dan passion dalam menjadi guru. Guru itu bukan hanya fokus pada satu profesi. Pasalnya terkadang ia justru juga harus menjadi seorang teman curhat, teman juga orang tua.

Akan tetapi juga bukan hanya itu saja, ia juga harus menguasai ilmu yang akan ia ajarkan, evaluasi belajar, memanage PBM, dan hal lainnya yang memiliki kaitan dengan kurikulum pendidikan. belum lagi perannya ketika dalam lingkungan rumah.

Sebagai seorang perencana ia juga harus mempersiapkan apa yang akan dilakukan saat proses dalam belajar dan mengajar nantinya (planner). Sebagai seorang pelaksana (organizer), ia juga harus mampu menciptakan sebuah situasi, merangsang memimpin, juga menggerakan dengan baik dan benar. Guru yang sebagai evaluator pastinya juga harus bisa menafsirkan, menganalisis, untuk bisa memberikan pertimbangan pada akhirnya.

4. Bisa Memberikan Makna yang Lebih

Maksud dari ciri gairah dan passion yang satu ini adalah dalam menjalankan tugasnya guru tidak asal-asalan ataupun hanya sebatas menjalankan saja. Ia juga harus selalu memberikan kewajiban-kewajiban kepada siapapun yang membutuhkannya.

Guru yang sedang menjadi profesinya sekarang juga harus memberikan makna bahwa ia harus mendidik anak supaya mempunya karakter yang mulia juga mengaktualkan potensi yang dimiliki anak didiknya tersebut. Titik intinya adalah ia mampu memanusiakan manusia.

Empati kepada murid dan ikhlas dalam melakukan pekerjaanya juga menjadi ciri dari gairah dan passion bagi seorang guru.