Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Alokasi Waktu dan Jadwal Pelajaran Kelas 6 SD Kurikulum Merdeka

Berbeda dengan kurikulum 2013 yang menggunakan pendekatan tematik, pada Kurikulum Merdeka menggunakan pendekatan mata pelajaran. Kurikulum Merdeka mulai diimplementasikan pada jenjang Sekolah Dasar pada tahun pelajaran 2022/2023. Ada tiga pilihan bagi sekolah dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). Pilihan IKM 1 untuk mandiri belajar, IKM 2 untuk mandiri berubah, dan IKM 3 untuk mandiri berbagi.

Untuk mengenalkan struktur Kurikulum Merdeka tentang alokasi waktu dan contoh jadwal pelajaran, Kemendikbudristek menyelenggarakan Bimbingan Teknis (BIMTEK) IKM. Bimtek ini juga diikuti oleh guru-guru kelas 6 SD. Salah satu perubahan Kurikulum Merdeka adalah adanya alokasi untuk proyek penguatan profil pelajar Pancasila (5P). Alokasi waktu kelas 6 Kurikulum Merdeka dalam satu minggu 42 jam pelajaran (JP), 32 JP untuk Intrakurikuler dan 7 JP untuk 5P.

Lihat juga : Yakin Sudah Siap Menjadi Guru Kelas 6? Ini Suka Dukanya

Mata pelajaran kelas 6 Kurikulum Merdeka terdiri dari; Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, Pendidikan Pancasila, Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, Seni dan Budaya, Bahasa Inggris, serta Muatan Lokal. Berikut rincian alokasi waktu mata pelajaran dan contoh jadwal pelajaran kelas 6 SD Kurikulum Merdeka:

Alokasi Waktu dan Jadwal Pelajaran Kelas 6 SD Kurikulum Merdeka

Alokasi Waktu dan Jadwal Pelajaran Kelas 6 SD Kurikulum Merdeka

Alokasi Waktu dan Jadwal Pelajaran Kelas 6 SD Kurikulum Merdeka

Alokasi Waktu dan Jadwal Pelajaran Kelas 6 SD Kurikulum Merdeka

Download Contoh Jadwal Pelajaran Kurikulum Merdeka Kelas 6

Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila merupakan hal yang baru pada Kurikulum Merdeka yang harus dicermati guru kelas 6. Dalam menyusun jadwal pelajaran kelas 6 SD guru harus mencantumkan kegiatan proyek.  Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dapat dijadwalkan per akhir pelajaran, per minggu atau per periode. 

Pembelajaran berbasis proyek yang konon disebut sebagai keunggulan Kurikulum Merdeka bertujuan agar siswa mendapat pemahaman dan mampu menyelesaikan masalah. Dalam kegiatan pembelajaran berbasis proyek guru kelas 6 bisa berkoordinasi dengan guru mata pelajaran lain untuk menentukan jenis proyek yang sesuai dan relevan dengan materi ajar. 

SekolahDasar.Net akan membagikan referensi jadwal pelajaran Kurikulum merdeka untuk kelas 6. Contoh jadwal ini bisa guru kelas 6 manfaatkan sebagai gambaran dalam menentukan Proyek yang akan dilaksanakan di kelas 6. File alokasi waktu dan jadwal pelajaran kelas 6 Kurikulum Merdeka bisa diunduh melalui tautan berikut ini:

JADWAL PELAJARAN KELAS 6 KURIKULUM MERDEKA

Demikian informasi terkini terkait implementasi Kurikulum Merdeka di kelas 6 terkait alokasi waktu mata pelajaran dan jadwal pelajaran Kurikulum Merdeka kelas 6. Untuk menyusun jadwal pelajaran diperlukan ketelitian serta ketelatenan. Semoga contoh jadwal pelajaran kurikulum merdeka kelas 6 menjadi referensi yang bermanfaat.