Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Dokumen KOSP Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan SD

Dokumen KOSP Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan SD

Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) merupakan dokumen perintis yang harus dimiliki jenjang sekolah. SekolahDasar.Net akan membagikan dokumen KOSP atau Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan untuk SD. Dokumen KOSP adalah dukumen baru yang digunakan untuk sekolag yang melaksanakan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM)

Dokumen KOSP SD ini adalah seluruh rencana proses belajar yang diselenggarakan di satuan pendidikan jenjang SD. Kurikulum Operasional SD ini juga digunakan sebagai pedoman seluruh penyelenggaraan pembelajaran di satuan pendidikan tersebut. 

Kurikulum operasional yang digunakan oleh sekolah dikembangkan harus mengacu kepada Struktur Kurikulum Merdeka. KOSP yang dikembangkan harus menunjukkan kesesuaian dengan karakteristik dan kebutuhan siswa, sekolah, dan lingkungan sekitar. Dalam mengembangkan dan mengelola kurikulum operasional, sebaiknya sekolah melibatkan komite sekolah dan masyarakat. 

Dokumen Struktur Kurikulum Merdeka

Kemendikbudristek telah menetapkan kerangka dasar dan struktur kurikulum terbaru atau kurikulum Merdeka ini menjadi acuan untuk pengembangan dokumen Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP). Sekolah harus meluangkan waktu serta mencurahkan ide-ide untuk membantu proses berpikir dan mengembangkan satuan pendidikan agar penyusunan dan isian dokumen KSOP jenjang SD tersebut sesuai dengan apa yang dibutuhkan sekolah.

Penyusunan dokumen kurikulum operasional sebaiknya dimulai dengan memahami secara utuh Struktur Kurikulum Merdeka. Dalam Kurikulum Merdeka, pembelajaran dibagi menjadi 2 kegiatan utama, yaitu pembelajaran intrakurikuler dan projek penguatan profil pelajar Pancasila. 

Berdasarkan struktur Kurikulum Merdeka, kegiatan pembelajaran intrakurikuler dirancang agar anak dapat mencapai kemampuan yang tertuang di dalam capaian pembelajaran. Untuk Projek penguatan profil pelajar Pancasila mengikuti struktur Kurikulum Merdeka dan diambil dari minimum tiga mata pelajaran.

Prinsip Penyusunan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan

Dalam penyusunan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan jenjang SD atau juga disebut Dokumen 1 harus memenuhi prinsip penyusunan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) yang telah ditetapkan Kemendikbudristek. Berikut prinsip penyusunan kurikulum operasional di satuan pendidikan:

1. Berpusat pada peserta didik

Pembelajaran harus memenuhi keragaman potensi, kebutuhan perkembangan dan tahapan belajar, serta kepentingan peserta didik.

2. Kontekstual

Menunjukkan kekhasan dan sesuai dengan karakteristik satuan pendidikan, konteks sosial budaya dan lingkungan, serta dunia kerja dan industri (khusus SMK), dan menunjukkan karakteristik atau kekhususan peserta didik berkebutuhan khusus (khusus SLB).

3. Esensial

Memuat semua unsur informasi penting/utama yang dibutuhkan dan digunakan di satuan pendidikan. Bahasa yang digunakan lugas, ringkas, dan mudah dipahami.

4. Akuntabel

Dapat dipertanggungjawabkan karena berbasis data dan aktual.

5. Melibatkan berbagai pemangku kepentingan. 

Pengembangan KOSP melibatkan komite sekolah dan berbagai pemangku kepentingan, antara lain orang tua, organisasi, berbagai sentra, di bawah koordinasi dan supervisi dinas pendidikan.

Download Dokumen Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan SD

Dalam rangka memberikan inspirasi dalam mengembangkan KOSP Jenjang Pendidikan Dasar, SekolahDasar.Net akan membagikan file Dokumen Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) SD. Dokumen KSOP untuk SD format MS Word dalam folder RAR dapat Anda download melalui berikut ini:


File contoh Dokumen KOSP atau Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan SD yang Anda download di atas terdiri dari dua file, Kurikulum Operasional SD dan Lampiran Contoh Kurikulum Operasional SD. Semoga dokumen dan administrasi Kurikulum Merdeka untuk SD di atas bermanfaat.