Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Program Semester Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka

Program Semester Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka

Tahun pelajaran 2022/2023 mulai diimplementasikan Kurikulum Merdeka untuk jenjang Sekolah Dasar. Guru kelas 1 sebagai sasaran Kurikulum Merdeka harus segera melengkapi administrasi, perangkat dan program pembelajaran Kurikulum Merdeka. 

Program Semester atau dalam disingkat PROSEM Kurikulum Merdeka SD merupakan perangakat pembelajaran yang wajib guru susun. SekolahDasar.Net akan berbagi Prosem mata pelajaran Matematika Kelas 1 SD semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka. 

Pada Kurikulum Merdeka, Program Semester atau disebut Prosem Kelas 1 SD disusun menggunakan pendekatan Mata Pelajaran. Prosem mata pelajaran Matematika kelas 1 disusun selama kurun waktu satu semester. Prosem berisi materi ajar untuk keperluan kegiatan belajar mengajar. 

Lihat juga : 5 Masalah yang Sering Dihadapi Anak Kelas 1 SD di Sekolah

Prosem Kelas 1 mapel Matematika adalah perangkat pembelajaran yang hurus guru buat supaya kegiatan belajar mengajar di kelas 1 berjalan lancar. Program semester Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka berisi pembagian materi ajar sesuai dengan waktu sesuai dengan kalender pendidikan.

Berikut rincian Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) mata pelajaran Matematika kelas 1:

  1. Menghitung bilangan dengan menggunakan benda - benda disekitar,dan menerapkan tentang konsep hitungan. kemudian memperdalam pemahaman tentang angka 7-10. Memahami perbedaan nilai dan urutan angka sampai 10. Memahami penguraian angka 5 - 10. Memahami urutan bilangan 1 - 20. Memahami tentang hubungan antara angka hitung dan angka urutan. Memahami cara menyatakan posisi letak benda.
  2. Memahami makna angka untuk menghitung dalam kehidupan sehari-hari, serta dapat menggunakannya. Mencoba mencari jumlah atau selisih dari satu angka dengan angka lain dan mengetahui hubungannya.
  3. Menghitung dan menyatakan angka yang menyatakan jumlah dan angka yang menyatakan urutan dalam kehidupan seharihari, serta memahami hubungan antara angka yang menyatakan jumlah dan angka yang menunjukkan urutan. Menyatakan posisi letak benda menggunakan kosakata depan-belakang, atas-bawah, kanan-kiri, dan lain-lain.
  4. Menjumlahkan untuk menemukan (konteks penggabungan) dengan "jadi berapa jika digabungkan". merupakan bentuk penjumlahan. berhitung dengan penjumlahan di bawah 10. menghitung penjumlahan dengan benar hingan berjumlah 10. Memahami makna penjumlahan 0. Memahami konteks di mana penjumlahan digunakan melalui pembuatan cerita penjumlahan. 
  5. Menggunakan metode pengurangan pada saat mencari "sisa" (konteks sisa). Membaca dan menulis rumus pengurangan dengan menggunakan simbol "–", dan "=". Mengungkapkan konteks pengurangan dengan menggunakan kata-kata, angka rumus, gambar dan lainnya. Menghitung dengan benar pengurangan angka dibawah 10.
  6. Membuat kartu pengurangan. Membiasakan diri dengan menghitung menggunakan kartu pengurangan. Menyusun kartu pengurangan dan menyadari karakteristik bagaimana angkanya berubah. Memahami konteks yang menggunakan 0, untuk memperdalam pemahaman tentang pengurangan (sisa). Menunjukkan konteks bertanya tentang perbedaan melalui gambar, untuk memperdalam pemahaman pengurangan (selisih).
  7. Memperkaya pengalaman yang menjadi dasar pemahaman bentuk ruang. Mengenali bentuk benda dan menangkap karakteristik dari bentuk benda tersebut.
  8. Menghitung dengan benar dan mengurutkan angka dan jumlah potongan. Mengetahui besaran dan urutan angka, membuat serangkaian angka dan wakili pada garis lurus. Menghubungkan satu nomor dengan yang lainnya. Memahami cara menyatakan dan mengartikan digit kedua. Menghitung dalam satuan puluhan. Menghitung penjumlahan dan pengurangan angka dua digit.
  9. Membaca jam yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Memiliki perhatian dan minat terhadap waktu dan menghubungkannya dengan situasi kehidupan sehari-hari. Bagaimana sebuah jam bekerja dan menghubungkannya dengan cara membacanya. Memahami cara kerja jam dengan melihat angka yang ditunjuk oleh jarum panjang dan jarum pendek pada jam.
  10. Memiliki perhatian terhadap bilangan dengan mengamati menu makan siang sekolah. Mengatur dokumen atau data agar mudah dilihat. Memahami istimewaan dan jumlah benda yang telah disusun sedemikian rupa. Memahami kebaikan dari menyusun gambar
  11. Memahami dan menguasai keterampilan menjumlahkan bilangan 1 digit yang hasilnya di atas angka 11. Memformulasikan situasi penjumlahan ke dalam operasi hitung dan bisa membaca operasi hitung.  Mempelajari penjumlahan dengan menggunakan kartu. mengumpulkan kartu yang jawabannya sama dan menyadari hubungan antara bilangan yang ditambahi dan penambah. 
  12. Memahami kebalikan dari penjumlahan di atas 10 yaitu pengurangan di atas 10, dan dapat menguasai keterampilan berhitung. Membaca operasi hitung operasi hitung, dan memahami situasi cerita tentang pengurangan. Menguasai pengurangan di atas 10 dengan menggunakan kartu. Mengumpulkan kartu dengan jawaban yang sama, kemudian memahami bilangan yang dikurangi dan bilangan pengurang. 
  13. Mengetahui situasi soal yang menggunakan pengurangan atau penjumlahan. Menyatakan situasi soal yang menggunakan pengurangan atau penjumlahan dalam operasi hitung, kemudian mendiskusikannya.Membuat operasi hitung dan menjawab berdasarkan situasi penjumlahan pada soal tentang penjumlahan dalam urutan atau kumpulan. Memikirkan cara membagi 10 buah stroberi atau 18 buah permen secara rata. 
  14. Menambah pengalaman dalam memahami jumlah dan cara mengukurnya melalui kegiatan membandingkan besar benda, dan lain-lain. Secara langsung dapat mengukur panjang, luas , dan volume. Mengukur besarnya barang-barang di sekitar sebagai suatu satuan. Membandingkan perbedaan panjang baik secara langsung ataupun tidak langsung dan menyatakanbilangan untuk panjang satuan dengan jumlah yang sama. Memahami konsep jumlah, cara menyatakan dengan bilangan, dan cara membandingkan panjang. Membandingkan perbedaan volume baik secara langsung maupun tidak langsung dan membandingkan panjang dengan satuan jumlah yang sama dan menyatakannya dalam bentuk angka. Memahami cara perbandingan volume, cara menyatakan dengan angka, dan konsep ukuran. Membandingkan perbedaan luas secara langsung maupun tidak langsung dan membandingkan luas dengan mengubahnya menjadi angka dengan jumlah satuan yang sama. Memahami konsep jumlah, cara membandingkan, dan cara mengubah menjadi angka.
  15. "Memahami makna jumlah dan menggunakannya melalui kegiatan menghitung jumlah satuan benda dan lain-lain. Menghitung dan menyatakan jumlah satuan dan urutan dengan benar. Menyatakan di atas garis bilangan atau membuat seri bilangan berdasarkan besar kecilnya jumlah atau urutan. Menyatakan bilangan yang terdiri dari 2 angka. Menyatakan bilangan yang terdiri dari 3 angka yang sederhana. Menghitung jumlah dengan puluhan sebagai satuan. Memahami makna penjumlahan dan pengurangan serta dapat menggunakannya. Memikirkan perhitungan dan pengurangan bilangan yang terdiri dari 2 angka yang sederhana. Memahami struktur bilangan sampai 100. Menghitung, membaca, menyatakan dan menggunakan bilangan sampai 100. Memahami struktur bilangan sampai 100. Memahami urutan jumlah, seri, besar dan kecil sampai bilangan 100. Merepresentasikan bilangan 3 digit sederhana. Memahami cara mudah menghitung (puluhan, satuan) + (puluhan, satuan)."
  16. Memperkaya pengalaman siswa mengenai pokok pemikiran tentang bentuk. Memahami ciri khas bentuk berbagai benda. Membuat beragam bentuk dengan mengubah posisi kertas bentuk berwarna (menggeser, memutar, membalik). Menemukan bilangan, kuantitas, bentuk dalam kehidupan sehari-hari melalui kegiatan "cari perbedaan", kemudian membuat soal yang diaplikasikan dalam penjumlahan dan pengurangan.

Download Program Semester Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka Mapel Matematika

Dengan mempunyai Promes Matematika Kelas 1 dapat mempermudah guru dalam melaksanakan pembelajaran. Seperti apa sih dan bagaimana tampilan dari Promes Kurikulum Merdeka Kelas 1 SD? Berikut Prosem mapel Matematika Kelas 1 Kurikulum Merdeka Semester 1 dan Semester 2. File Prosem Matematika Kelas 1 dapat didownload melalui tautan berikut ini:


Promes Matematika Kelas I Kurikulum Merdeka tersebut bisa guru manfaatkan selain sebagai referensi membuat prosem yang tepat juga dapat guru gunakan untuk melengkapi dokumen rencana pembelajaran. File Prosem Matematika Kurikulum Merdeka Kelas 1 Semester 1 dan Semester 2 tersebut berformat Excel yang dapat Anda edit menyesuaikan dengan kondisi sekolah.