Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Program Semester PPKN Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka

Program Semester PPKN Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka

Guru kelas harus segera melengkapi administrasi, perangkat dan program pembelajaran di awal tahun ajaran baru. Program Semester atau dalam Kurikulum Merdeka SD disingkat PROSEM merupakan perangakat pembelajaran yang wajib guru susun.  

SekolahDasar.Net akan membagikan Prosem mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas 1 SD semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka. File Prosem PPKn kelas 1 yang dibagikan berupa excel yang bisa diedit.

Lihat juga: Program Semester Bahasa Indonesia Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka

Prosem Kelas 1 mapel PPKn merupakan perangkat ajar yang wajib guru buat untuk menunjang keberhasilan dalam kegiatan belajar mengajar di kelas 1. Program semester PPKn Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka berisi pembagian materi ajar atau Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) sesuai dengan waktu yang mengacu pada kalender pendidikan.

Pada Kurikulum Merdeka, Program Semester atau Prosem Kelas 1 SD disusun menggunakan pendekatan Mata Pelajaran. Prosem mata pelajaran PPKn kelas 1 disusun selama kurun waktu satu semester. Prosem berisi tema dan materi ajar untuk keperluan kegiatan belajar mengajar. 

Berikut rincian Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) mata pelajaran PPKn kelas 1:

  1. Peserta didik dapat mengenali simbol-simbol Pancasila dan Lambang Negara Garuda Pancasila, serta menceritakan hubungannya. Peserta didik juga dapat mengidentifkasi tugas peran dirinya dalam kegiatan bersama. Selain itu menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehariannya sesuai dengan perkembangan dan konteks peserta didik
  2. Peserta didik dapat mengidentifkasi aturan yang ada di rumah dan di sekolah serta melaksanakannya dengan bimbingan orang tua dan guru. Peserta didik dapat menceritakan contoh sikap mematuhi dan yang tidak mematuhi aturan yang berlaku di rumah dan di sekolah. Peserta didik dapat menyampaikan pendapatnya di kelas sesuai dengan tingkat berfkir dan konteksnya.  dengan bimbingan guru
  3. Peserta  didik mengenali  dirinya  sendiri,  sebagai  individu, bagian  dari  masyarakat  dan  lingkungannya,  sebagai  warga  negara  Indonesia  dan warga negara dunia.  Ia  juga mengenali dan memahami bahwa bangsa Indonesia  itu bineka  baik  dari  segi  suku,  ras,  bahasa,  agama  dan  kelompok  sosiaL
  4. Peserta  didik mengenali  dirinya  sendiri,  sebagai  individu, bagian  dari  masyarakat  dan  lingkungannya,  sebagai  warga  negara  Indonesia  dan warga negara dunia.  Ia  juga mengenali dan memahami bahwa bangsa Indonesia  itu bineka  baik  dari  segi  suku,  ras,  bahasa,  agama  dan  kelompok  sosiaL
  5. Peserta didik dapat mengenal karakteristik dan ciri-ciri fisik lingkungan rumah dan sekolah, sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah NKRI. Ia dapat menyebutkan contoh perilaku dan sikap yang menjaga lingkungan sekitar, serta mempraktikannya di rumah dan  di sekolah. 
  6. Peserta didik mampu menyadari pentingnya gotong royong dalam lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat. Dengan memahami pentingnya gotong royong, peserta didik diharapakan mampu menganalisis karakteristik peran setiap individu untuk dapat kontribusi dalam gotong royong. 

Download Program Semester Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka Mapel PPKn

Dengan memiliki Promes PPKn Kelas 1 dapat mempermudah guru dalam melaksanakan pembelajaran. Seperti apa dan bagaimana tampilan dari Program Semester Kurikulum Merdeka Kelas 1 SD? Berikut Prosem mapel PPKn Kurikulum Merdeka Kelas 1 Semester 1 dan Semester 2. File Prosem PPKn Kurikulum Merdeka Kelas 1 dapat didownload melalui link berikut ini:


Promes PPKn Kelas I Kurikulum Merdeka di atas dapat guru gunakan selain sebagai referensi membuat prosem yang tepat juga dapat guru gunakan untuk melengkapi dokumen rencana pembelajaran. File Prosem PPKn Kurikulum Merdeka Kelas 1 Semester 1 dan Semester 2 tersebut berformat Excel yang dijadikan RAR yang dapat Anda edit kembali menyesuaikan dengan kondisi sekolah.