Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

5 Masalah yang Sering Dihadapi Anak Kelas 1 SD di Sekolah

5 Masalah yang Sering Dihadapi Anak Kelas 1 SD di Sekolah
Kelas 1 SD adalah awal pendidikan. Guru juga harus memahami 5 masalah yang sering dihadapi anak kelas 1 SD di sekolah berikut ini

Kelas 1 SD adalah tahapan paling mendasar memulai jenjang pendidikan resmi. Karena itulah akan ada banyak penyesuaian yang dilakukan anak, sehingga mungkin kerap menimbulkan masalah. Maklum ketika masuk SD, anak akan belajar menghadapi tes harian dan penilaian bertingkat. Untuk itulah orangtua harus memahami 5 masalah yang sering dihadapi anak kelas 1 SD di sekolah berikut ini.

1. Sulit Berteman

Masalah murid kelas 1 SD yang pertama adalah anak sulit berteman. Kenapa bisa seperti ini? Ada banyak sekali penyebabnya seperti anak memang pemalu, rasa percaya diri yang kurang hingga memiliki sikap yang tak disukai teman-temannya di kelas. Solusi untuk orangtua terhadap masalah ini adalah membantunya mengembangkan kecerdasan sosial dengan sering mendorongnya ikut kegiatan berkelompok.

Jangan lupa beri contoh untuk selalu bersikap positif seperti ramah, jujur, mau menghargai, mempunyai empati dan pastinya suka menolong. Perlahan tapi pasti, sikap-sikap itu akan membuat anak semakin nyaman dan akhirnya mudah bergaul.

2. Lupa Pelaksanaan Ujian

Termasuk dalam 5 masalah yang sering dihadapi anak kelas 1 SD di sekolah adalah mereka lupa pelaksanaan ujian. Meskipun mungkin menurut Anda ini adalah sebuah hal yang remeh, adalah hal wajar kalau anak terutama yang masih kelas 1 SD akan melakukannya. Kenapa begitu? Karena siswa kelas 1 SD memang belum memiliki kemampuan menghapal jadwal dengan baik.

Hal ini terjadi karena pelajar kelas 1 SD masih belum bisa memperhatikan hari dan terbiasa dengan yang namanya penjadwalan. Untuk itulah sebagai orangtua, setidaknya harus cukup aware dengan jadwal ujian anak dengan bertanya kepada guru atau wali kelas. Jika perlu, buat jadwal dalam kertas karton besar yang dipasang di dinding kamarnya sehingga membantu anak bersikap disiplin.

Jangan remehkan perihal disiplin waktu, karena pada dasarnya pelajar kelas 1 SD memang belum terampil mengatur waktu. Supaya tidak membuatnya bingung saat tiba waktunya ujian di esok hari, orangtua tentu harus lebih teliti.

3. Lupa yang Sudah Dipelajari

Karena baru saja mengalami perubahan dari pendidikan TK ke Sekolah Dasar (SD), salah satu dari 5 masalah yang sering dihadapi anak kelas 1 SD di sekolah adalah lupa dengan pelajaran. Kondisi ini bisa saja terjadi karena anak mengalami rasa gugup atau cemas sehingga lupa seluruh pelajaran di sekolah. Supaya membuatnya lebih tenang, orangtua haruslah memberi semangat.

Ada baiknya jika orangtua memberi penjelasan bahwa ujian adalah peluang mereka untuk menunjukkan sudah paham atas pelajaran di kelas atau tidak. Agar anak makin terbantu, Anda juga bisa menemaninya belajar, membantu menjelaskan pelajaran yang tidak dia mengerti hingga memberi soal-soal latihan di rumah. Dengan begitu, anak akan tahu akan kelemahan diri dan mulai percaya diri.

4. Malu Maju ke Depan Kelas

Masalah berikutnya yang sering dialami pelajar di jenjang awal pendidikan adalah malu dan gugup jika harus maju ke depan kelas. Ini merupakan hal wajar karena gugup jelas dimiliki oleh setiap orang, termasuk orang dewasa dan pembicara profesional sekalipun. Agar buah hati bisa berdamai dengan masalah ini, usahakan agar Anda untuk berdiskusi mengenai hal-hal yang membuatnya cemas.

Ajak anak untuk berlatih presentasi di depan kelas sesering mungkin supaya dirinya makin percaya diri dan kemampuan berbicaranya terlatih. Bahkan jika perlu, ajak anggota keluarga yang lain seperti saudara, kakek, nenek atau pasangan hingga pengasuh yang nantinya bisa membuat anak makin berani.

5. Malas Sekolah

Termasuk dalam 5 masalah yang sering dihadapi anak kelas 1 SD di sekolah adalah mereka malas harus sekolah. Hal ini tak bisa dianggap remeh dan orangtua tak boleh serta merta marah. Ada banyak hal yang membuat anak enggan sekolah seperti rasa bosan hingga mendapat aksi bullying dari rekan-rekannya. Coba tanyakan alasan dia masuk sekolah dan berikan solusi terbaik secara bijaksana.

Jika perlu, kembalikan mood buah hati supaya mereka akhirnya semangat dan ingin kembali sekolah. Dengan memberitahu anak secara positif, tentunya 5 masalah yang sering dihadapi anak kelas 1 SD di sekolah bukanlah hal yang berat lagi bagi Anda. Orangtua bakal makin tenang karena buah hati tetap bisa semangat kembali ke sekolah.

Berlangganan via Email