Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Program Semester PAI Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka

Program Semester PAI Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka

Di awal tahun pelajaran guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) harus segera melengkapi administrasi atau perangkat pembelajaran. Salah satu program pembelajaran  Kurikulum Merdeka itu berupa Program Semester. Program Semester atau Prosem merupakan perangkat ajar yang harus guru miliki untuk menunjang keberhasilan dalam kegiatan pembelajaran.

Program Semester Kurikulum Merdeka Kelas 1 mapel PAIBP merupakan administrasi yang di kembangkan dari Program Tahunan. Dalam Kurikulum Merdeka penyusunan Prosem Kelas 1 SD menggunakan pendekatan mata pelajaran. Masih banyak guru yang bertanya-tanya, seperti apa dan bagaimana tampilan dari Prosem Kurikulum Merdeka Kelas 1 mata pelajaran PAI?

SekolahDasar.Net akan membagikan Prosem mapel pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 1 SD semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka. Posem PAI BP Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka berisi pembagian materi ajar atau Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) sesuai dengan waktu yang mengacu pada kalender pendidikan.

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 1

  1. Mengenal huruf hijaiah, harakat sederhana (fatihah,  kasrah, dan dammah), definisi Al-Quran, serta 1 surah pendek (al-Fatihah), melafalkan huruf hijaiah dan harakat secara lengkap. Dapat melafalkan huruf hijaiah dan harakat secara lengkap, berani menunjukkan hafalan surah Al Fatihahh dengan lancar di depan guru sehingga menumbuhkan kebiasaan untuk suka melafazkan ayat-ayat Al-Qur’an.
  2. Menyebutkan  rukun Iman terutama Iman kepada Allah (Keesaan Allah/Al-Ahad) dan  iman kepada rasul. Dapat membuat karya berupa gambar pohon rukun iman secara berkelompok sehingga menumbuhkan sikap peduli dan suka bekerja sama.
  3. Menyebutkan arti kalimah tayibah basmalah dan hamdalah serta menggambar kaligrafi basmalah dan hamdalah beserta artinya sehingga dapat menumbuhkan sikap pandai berterima kasih dan sikap santun.
  4. Menyebutkan  rukun Islam, terutama kalimah syahadatain dan artinya; menyanyikan lagu dengan syair syahadatain beserta artinya; serta menggambar ilustrasi “jalan kereta dan stasiun” rukun Islam secara berkelompok sehingga tertanam mental yang kuat dan hati yang teguh.
  5. Menyebutkan arti nabi, rasul, dan mukjizat dengan menggunakan bahasa sendiri serta berani menyanyikan lagu atau selawat yang berisi tentang nabi dan rasul yang memiliki kisah kehidupan sederhana dan mukjizatnya sehingga dapat menumbuhkan sikap sederhana dalam kehidupan
  6. Mengenal  harakat sederhana fathatain, kasratain, dammatain, sukun, dan tasydid,  serta 1 surah al Ikhlas melafalkan harakat sederhana fathatain, kasratain, dan dammatain, sukun, dan tasydid, 1 surah al-Ikhlas serta berani menunjukkan hafalan surah al-Ikhlas  dengan lancar di depan guru dan orang tua sehingga menumbuhkan sikap bertanggung jawab untuk disiplin.
  7. Menyebutkan  asmaulhusna Ar-Rahman dan Ar-Rahim beserta artinya dan peran Muhammad saw. sebagai rasul serta membuat karya berupa kaligrafi asmaulhusna Ar-Rahman dan Ar-Rahim beserta artinya dan kaligrafi lafaz Muhammad Rasulullah secara berkelompok sehingga menumbuhkan sikap kasih sayang kepada sesama manusia. 
  8. Menyebutkan arti terima kasih kepada manusia dan arti disiplin serta dapat membunyikan tepuk kasih sayang dan disiplin sehingga dapat menumbuhkan sikap kasih sayang dan disiplin. 
  9. Menyebutkan  pengertian bersuci (taharah) dalam fikih; mempraktikkan tata cara berwudu dan bertayamum; dan menyebutkan hikmah dari hidup bersih sehingga dapat membiasakan pola hidup bersih dalam kehidupan sehari-hari. 
  10. Menceritakan kisah Nabi Adam a.s. dengan menggunakan bahasa sendiri; dapat menyusun urutan kartu kisah Nabi Adam a.s. secara berkelompok; serta menceritakan kembali kisah Nabi Adam a.s. berdasarkan alur cerita kartu tersebut sehingga dapat menumbuhkan sikap senang bertaubat dan bersabar dalam ketaatan kepada Allah sebagaimana sikap teladan Nabi Adam a.s.

Download Program Semester Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka

Guru akan lebih mudah dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran jika telah melakukan penyusunan dan pembagian waktu di dalam Promes PAI Kelas 1 SD yang tepat. Berikut Prosem mapel Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kurikulum Merdeka Kelas 1 Semester 1 dan Semester 2. File Prosem tersebut Kurikulum Merdeka Kelas 1 dapat didownload melalui link berikut ini:


Promes Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas I Kurikulum Merdeka di atas dapat guru gunakan sebagai referensi membuat prosem. Selain itu, juga dapat guru mapel PAI gunakan untuk melengkapi administrasi mengajar. File Prosem PAI dan BP Kurikulum Merdeka Kelas 1 Semester 1 dan Semester 2 tersebut dalam format Excel yang dapat diedit dengan mudah menyesuaikan kondisi sekolah Anda.