Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Program Semester PJOK Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka

Program Semester PJOK Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka

Tahun pelajaran baru ini mulai diimplementasikan Kurikulum Merdeka untuk jenjang Sekolah Dasar. Guru mapel Pendidikan Jasmasi dan Olahraga (PJOK) sebagai sasaran Kurikulum Merdeka harus segera melengkapi administrasi, perangkat dan program pembelajaran Kurikulum Merdeka. 

Program Semester atau disingkat PROSEM Kurikulum Merdeka SD merupakan perangakat pembelajaran yang wajib guru mapel PJOK susun dengan tepat. SekolahDasar.Net akan berbagi Prosem mata pelajaran PJOK Kelas 1 SD semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka. 

Lihat juga : Selalu Dinanti, Ini Suka Duka Menjadi Guru Olahraga di SD

Pada Kurikulum Merdeka, Program Semester Kelas 1 SD disusun menggunakan pendekatan Mata Pelajaran. Prosem mata pelajaran PJOK kelas 1 disusun selama kurun waktu satu semester. Prosem berisi materi ajar untuk keperluan kegiatan belajar mengajar di kelas maupun lapangan. 

Prosem Kelas 1 mapel PJOK merupakan perangkat pembelajaran yang hurus guru buat agar kegiatan belajar mengajar berjalan lancar. Program semester PJOK Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka berisi pembagian materi ajar sesuai dengan waktu pada kalender pendidikan (kaldik).

Orientasi pembelajaran PJOK pada Kurikulum Merdeka berubah menjadi mata pelajaran yang dijadikan lebih banyak praktik dengan hanya sedikit teori. Pembelajaran olahraga berisi kegiatan untuk kebugaran. Karena itu pada Kurikulum Merdeka tidak ada buku teks mapel PJOK.

Berikut rincian Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) mata pelajaran PJOK kelas 1:

  1. menunjukkan kemampuan dalam Mengetahui dan mempraktekkan  jalan, lari, dan lompat aktivitas gerak dasar lokomotor,  menunjukkan kemampuan dalam Mengetahui dan mempraktekkan   gerakan memutar, mengayun/ menekuk aktivitas gerak dasar non-lokomotor menunjukkan kemampuan dalam Mengetahui dan mempraktekkan  melempar dan menangkap bola aktivitas gerak dasar manipulatif dengan benar.
  2. menunjukkan kemampuan dalam Mengetahui dan mempraktekkan  gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama dengan benar.
  3. menunjukkan kemampuan dalam Mengetahui dan mempraktekkan  berbagai gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/ lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam.
  4. menunjukkan kemampuan dalam Mengetahui dan mempraktekkan  Pengetahuan gerakan kaki, gerakan lengan, pengambilan napas, dan koordinasi gerakan renang gaya dada serta bentuk-bentuk keselamatan penyelamatan dan keselamatan di air dengan koordinasi yang baik.
  5. mengenal dan mampu mempraktikkan aktivitas kebugaran jasmani untuk kesehatan diantaranya: sikap tubuhdalam keadaan diam, sikap tubuh dalam keadaan bergerak, sikap tubuh dalam posisi berdiri, bagian tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh orang lain, cara menjaga kebersihannya, dan kebersihan pakaian sesuai dengan pola perilaku hidup sehat
  6. menunjukkan kemampuan dalam Mengetahui dan mempraktekkan  jalan, lari, dan lompat aktivitas gerak dasar lokomotor,  menunjukkan kemampuan dalam Mengetahui dan mempraktekkan   gerakan memutar, mengayun/ menekuk aktivitas gerak dasar non-lokomotor menunjukkan kemampuan dalam Mengetahui dan mempraktekkan  melempar dan menangkap bola aktivitas gerak dasar manipulatif dengan benar.
  7. menunjukkan kemampuan dalam Mengetahui dan mempraktekkan  gerak dasar lokomotor dan non-lokomotor sesuai dengan irama (ketukan) tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama dengan benar.
  8. menunjukkan kemampuan dalam Mengetahui dan mempraktekkan  berbagai gerak dominan (bertumpu, bergantung, keseimbangan, berpindah/ lokomotor, tolakan, putaran, ayunan, melayang, dan mendarat) dalam aktivitas senam.
  9. menunjukkan kemampuan dalam Mengetahui dan mempraktekkan  Pengetahuan gerakan kaki, gerakan lengan, pengambilan napas, dan koordinasi gerakan renang gaya dada serta bentuk-bentuk keselamatan penyelamatan dan keselamatan di air dengan koordinasi yang baik.
  10. mengenal dan mampu mempraktikkan aktivitas kebugaran jasmani untuk kesehatan diantaranya: sikap tubuhdalam keadaan diam,dan sikap tubuh dalam posisi berjalan dengan benar dan menunjukkan bagian-bagian tubuh, bagian tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh orang lain, cara menjaga kebersihannya, dan kebersihan pakaian sesuai dengan pola perilaku hidup sehat

Download Program Semester Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka Mapel PJOK

Dengan mempunyai Promes PJOK Kelas 1 dapat mempermudah guru mapel PJOK dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Seperti apa sih dan bagaimana tampilan dari Promes Kurikulum Merdeka Kelas 1 SD? Berikut Prosem mapel PJOK Kelas 1 Kurikulum Merdeka Semester 1 dan Semester 2. File Prosem PJOK Kelas 1 dapat didownload melalui tautan berikut ini:

PROMES PJOK KLS 1 KURIKULUM MERDEKA

Promes PJOK Kelas I Kurikulum Merdeka tersebut bisa guru gunakan selain sebagai referensi membuat prosem yang tepat juga dapat untuk melengkapi dokumen rencana pembelajaran. File Prosem PJOK Kurikulum Merdeka Kelas 1 Semester 1 dan Semester 2 tersebut berformat Excel yang dapat Anda edit menyesuaikan dengan kondisi sekolah.