Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Program Semester PPKN Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka

Program Semester PPKN Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka

Guru kelas 4 harus segera melengkapi administrasi, perangkat atau program pembelajaran di awal tahun ajaran baru. Program Semester atau dalam Kurikulum Merdeka SD disingkat PROSEM adalah salah satu perangakat pembelajaran yang wajib guru susun.  

SekolahDasar.Net akan membagikan Prosem mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas 4 SD semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka. File Prosem PPKn kelas 4 Kurikulum Merdeka yang dibagikan berupa excel yang dapat dengan mudah diedit.

Lihat juga: Program Semester Bahasa Indonesia Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka

Pada Kurikulum Merdeka, Program Semester Kelas 4 SD disusun menggunakan pendekatan Mata Pelajaran. Mata pelajaran PPKN kelas 4 memiliki alokasi waktu total 5 jam pelajaran (JP), 4 JP untuk intarkurikuler dan 1 JP untuk projek penguatan profil pelajar Pancasila.

Prosem Kelas 4 mapel PPKn merupakan perangkat ajar yang harus guru susun untuk menunjang keberhasilan dalam kegiatan pembelajaran. Program semester PPKn Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka berisi pembagian Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) sesuai dengan waktu yang mengacu kalender pendidikan.

Berikut rincian Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) mata pelajaran PPKn kelas 4 SD:

  1. Peserta didik dapat menjelaskan makna sila-sila Pancasila serta dapat memberikan contoh sikap dan perilaku yang sesuai dengan sila-sila Pancasila.   Mengidentifkasi hal yang dianggap berharga dan penting bagi teman, keluarga dan orang lain yang dikenali peserta didik.
  2. Peserta didik dapat mengidentifkasi dan menuliskan aturan-aturan yang harus diketahui di sekolah, rumah, dan lingkungan sekitar serta mematuhinya. mendengarkan ketika teman atau guru berbicara. Membandingkan dan mencari titik persamaan antar sesama peserta didik tentang aturan-aturan yang perlu ada di kelas disertai dengan hukuman dan penghargaannya, untuk kemudian disepakati bersama
  3. Peserta didik dapat mengenal identitas dirinya teman-temannya sesuai budaya, minat dan perilakunya, serta cara berkomunikasi dengan mereka, dan mengenali karakteristik fisik dan non-fisik orang dan benda yang ada di lingkungan sekitarnya, serta memahami bahwa kebinekaan dapat memberikan kesempatan untuk mendapatkan pengalaman dan pemahaman yang baru
  4. Peserta didik dapat mengenal lingkungan rumah,  sekolah, lingkungan (RT/RW/desa/kelurahan dan kecamatan) sebagai bagian tidak terpisahkan dari wilayah NKRI, dan memahami arti pentingnya menjaga kebersamaan dan persatuan sesama peserta didik di sekolah.
  5. Peserta didik mampu menyadari pentingnya gotong royong dalam lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat. Dengan memahami pentingnya gotong royong, peserta didik diharapakan mampu menganalisis karakteristik peran setiap individu untuk dapat kontribusi dalam gotong royong. 

Download Program Semester Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka Mapel PPKn

Dengan mempunyai Promes PPKn Kelas 4 bisa mempermudah guru dalam melaksanakan pembelajaran. Mungkin Anda bertanya-tanya, seperti apa tampilan dari Program Semester Kurikulum Merdeka Kelas 4 SD? Berikut Prosem mapel PPKn Kurikulum Merdeka Kelas 4 Semester 1 dan Semester 2. File Prosem PPKn bisa didownload melalui link berikut ini:


Promes PPKn Kelas IV Kurikulum Merdeka di atas dapat guru gunakan selain sebagai referensi membuat prosem yang tepat. Selain itu juga untuk melengkapi dokumen rencana pembelajaran. File Prosem PPKn Kurikulum Merdeka Kelas 4 Semester 1 dan Semester 2 berformat Excel yang dapat Anda edit kembali dengan mudah menyesuaikan dengan kondisi sekolah.