Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

4 Sifat dan Karakteristik Seorang Guru yang Baik dan Harus Dimiliki

4 Sifat dan Karakteristik Seorang Guru yang Baik dan Harus Dimiliki

Sifat dan karakteristik seorang guru yang baik merupakan dambaan dan harapan bagi semua murid serta wajib diterapkan oleh tenaga pendidik. Sementara itu menjadi seorang guru yang ideal juga sudah jelas harapan semua guru.

Nah guru yang ideal itu merupakan mereka guru yang mampu menguasai kelas, menguasasi materi sehingga memiliki wawasan yang luas. Namun tidak hanya itu saja, masih ada banyak lagi sifat maupun karakteristik yang wajib dimiliki oleh seorang guru.

Simak Beberapa Karakteristik Seorang Guru yang Baik dan Benar

Menjadi generasi yang berkarakter memang tidak akan pernah terlepas dari peran seorang guru alias tenaga pendidik. Sehingga seorang guru atau tenaga pendidik pastinya juga memiliki sifat maupun karakteristik sebagai pendidik.

Memang manusia tidak ada yang sempurna, namun setidaknya untuk menjadi seorang guru harus memiliki sifat-sifat yang terpuji pula. Apa tujuannya? Yaitu supaya bisa dijadikan sebagai teladan bagi anak didik atau murid-muridnya.

Guru tidak hanya sekedar profesi belaka, melainkan nilai esensi yang terkandung dalam diri seorang guru juga memiliki tugas dan kewajiban. Yaitu untuk menyebarluaskan ilmu pengetahuan yang bermanfaat untuk semua siswa-siswinya di sekolah.

1. Penyabar

Salah satu sifat dan karakteristik seorang guru adalah penyabar, mengingat bahwa setiap murid pasti memiliki keunikan tersendiri. Ada banyak anak yang aktif, hiperaktif, memiliki gaya belajar kinestetik, sulit diatur dan lain sebagainya.

Nah dari sinilah maka seorang tenaga pendidik alias guru harus sabar dalam menghadapi anak didiknya itu. Sudah menjadi risiko bagi seorang guru, maka sifat sabar harus selalu dimiliki.

2. Adil

Seorang tenaga pendidik alias guru maka juga harus bersikap adil dalam memperlakukan anak didiknya secara adil dan sama. Jangan sampai menjadi guru dengan membeda-bedakan antara anak satu dengan anak yang lain.

Sebisa mungkin, untuk menjadi tenaga pendidik ideal, maka harus bersikap adil kepada semua murid-muridnya. Sebab jika sering membeda-bedakan anak, maka tidak baik pula untuk guru maupun anak tersebut.

3. Lemah Lembut

Seorang guru yang memiliki sifat lemah lembut serta selalu menghindari kekerasan sudah jelas akan lebih dicintai oleh murid-muridnya. Pasalnya segala sesuatu yang disampaikan dengan lemah lembut, maka bisa diterima dengan lembut dan baik pula oleh murid.

4. Mampu Menjelaskan Materi dengan Benar

Sesuai perannya sendiri yakni mengajar, bahwa seorang guru yang baik maka juga harus mampu menjelaskan mata pelajaran dengan baik pula. Itu artinya seorang tenaga pendidik harus bisa menemukan cara untuk mengajar yang seefektif mungkin.

Lihat juga : Tips Menjelaskan Materi Pembelajaran yang Menarik Perhatian Siswa

Jika proses pembelajaran hanya itu-itu saja, kemungkinan besar anak-anak akan merasa sangat bosan bahkan mengantuk. Hal ini akan mengakibatkan anak bukannya memahami materi namun justru malah akan mencari kesibukan lain.

Karakteristik seorang guru maupun sifat-sifat tenaga pendidik yang baik, maka akan membuat guru tersebut banyak disukai anak didiknya.