Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Mengenali 10 Karakteristik Guru Hebat di Dunia Pendidikan

Mengenali 10 Karakteristik Guru Hebat di Dunia Pendidikan

Guru sebagai tombak penting dalam dunia pendidikan. Dengan peran seorang guru yang hebat akan menjadikan siswa didik berkembang secara maksimal. Terdapat sepuluh karakteristik guru hebat yang dapat Anda ketahui.

Sepuluh Karakteristik Guru Hebat

Seorang guru hebat bisa membuat semua siswa menyukai guru serta pelajaran yang disampaikan. Mengenali sepuluh karakteristik guru yang dapat Anda ketahui:

1. Sabar

Seorang guru harus memiliki kesabaran yang tinggi. Kesabaran merupakan hal yang harus selalu ditanamkan dalam diri seorang pendidik. Menghadapi karakter-karakter siswa seperti siswa yang malas, suka bolos, bahkan mengganggu kegiatan pembelajaran. Jadi guru harus sabar menghadapi siswa dengan karakter yang berbeda.

2. Adil

Menjadi seorang guru pendidik harus memperlakukan siswa didik dengan cara yang adil. Tidak pilih kasih dalam memberikan hukuman maupun nilai pada peserta didik.

3. Menjadikan Semua Topik Menarik

Menjadi seorang guru bukan hal yang mudah. Guru harus bisa membuat pembelajaran menjadi lebih menarik meskipun materi yang disampaikan sulit. Memotivasi peserta didik agar mau mengikuti pembelajaran merupakan sebuah tantangan bagi guru. Jika penyampaian terkesan monoton akan membuat peserta didik bosan bahkan akan melakukan kegiatan sendiri.

4. Kreatif

Salah satu dari sepuluh karakteristik guru hebat adalah kreatif. Guru yang kreatif akan mendapatkan ide-ide baru agar peserta didik tidak bosan dalam kegiatan pembelajaran. Dengan guru yang kreatif akan memotivasi peserta didik melakukan hal-hal baru dan lebih menyenangkan.

5. Guru Hebat dan juga Pembelajar

Dengan adanya teknologi yang semakin canggih, seorang guru harus selalu menambah ilmu pengetahuan. Meskipun sudah menjadi seorang guru bukan berarti berhenti belajar. Tetapi menjadi seorang justru harus mengupdate pengetahuan yang dimilikinya. Memberlakukan pembelajaran secara interaktif agar seorang guru juga bisa mendapatkan pengetahuan serta informasi dari peserta didik.

6. Mengajarkan Contoh yang Nyata

Seorang guru juga diharapkan bukan hanya menyampaikan teori tetapi juga memberikan sebuah contoh yang nyata. Contoh yang nyata dapat berasal dari kegiatan sehari-hari serta lingkungan peserta didik. Karena biasanya menyampaikan teori akan lebih mudah dibandingkan dengan memberikan contoh yang nyata.

7. Melayani Siswa Secara Individual

Melayani secara individual dengan artian seorang guru harus bisa mengajar dalam sebuah kelas tetapi semua siswa mendapat perhatian yang sama. Merasa disapa dan dilayani dengan sama. Menjadi seorang guru harus bisa melayani peserta didik secara personal sehingga tidak ada siswa tertinggal dalam mengikuti pembelajaran yang disampaikan.

Lihat juga : 7 Tips Bagi Guru SD Mudah Mengelola Kelas Supaya Kondusif

Sehingga peserta didik memiliki peluang yang sama dalam memperoleh pendidikan dan mendapatkan prestasi. Menemukan, menggali, mengasah kemampuan dan bakat peserta didik adalah tugas utama menjadi seorang guru hebat.

8. Rendah Hati

Menjadi seorang guru juga harus memiliki sifat rendah hati. Tidak menyombongkan diri meskipun memiliki kemampuan dan kelebihan. Dengan sifat rendah hati tersebut akan menjadi teladan baik untuk peserta didik.

9. Menghargai Pendapat Orang Lain

Cara menghargai pendapat orang lain dapat dimulai dari kegiatan pembelajaran. Mendengarkan atau memperhatikan merupakan salah satu cara menghargai orang lain. Menjadi seorang guru juga harus menghargai atau mendengarkan pendapat dari peserta didik. Mendengarkan ide-ide yang berasal dari siswa.

10. Memiliki Standar yang Tinggi

Menerapkan standar tinggi untuk menarik peserta didik agar dapat mengejar standar tersebut. Hal itu dilakukan untuk menaikan standar pencapain peserta didik. Jika standar yang diterapkan rendah maka pencapaiannya pun juga rendah. Akan tetapi standar yang diterapkan juga harus realistis. Standar harus ditata agar peserta didik merasa tertantang untuk mencapai standar yang tinggi.

Itulah sepuluh karakteristik guru hebat yang dapat Anda terapkan. Menjadi seorang guru merupakan hal yang mulia.