Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Soal AKM atau ANBK 2022 Kelas 5 SD dan Kunci Jawabannya

Soal AKM atau ANBK SD Kelas 5 dan Kunci Jawabannya

AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) Untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) diikuti oleh siswa kelas 5 SD. Soal-soal AKM terdiri dari 2 bagian, yaitu kemampuan bernalar menggunakan bahasa atau literasi membaca dan matematika atau numerasi. AKM atau juga sering disebut Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) itu akan dilaksanakan tanggal 24-27 Oktober 2022 mendatang.


Sebelum pelaksanaan AKM atau ANBK, akan diadakan simulai dan gladi. Hal ini bertujuan untuk melatih proktor dan teknisi serta siswa dalam mengikuti prosedur pelaksanaan ANBK. Penting bagi siswa kelas 5 untuk mempelajari soal-soal sebelum mengikuti AKM atau ANBK di akhir bulan Oktober nanti. Berikut contoh soal dan kunci jawaban ANBK 2022 untuk kelas 5 SD.

CONTOH SOAL AKM NUMERASI DAN KUNCI JAWABANNYA

1. Saat lift kosong, berapa paling banyak orang dengan berat badan sama dengan Andi yang dapat masuk?

Jawaban: 5

2. Dua orang akan masuk ke dalam lift. Mereka akan bergabung dengan kelima orang yang sudah ada di dalam lift. Dua orang yang dapat masuk secara bersamaan ke dalam lift tersebut adalah ….

Jawaban: - Andi dan Joni - Rosa dan Joni

3. Apabila ada yang bergabung dengan kelima orang yang ada di dalam lift, apakah kondisi berikut memungkinkan? Berilah tanda centang (√) pada kolom ‘Benar’ atau ‘Salah’ pada setiap pernyataan!

Jawaban: - Andi, Rosa, dan Joni dapat masuk dan menggunakan lift secara bersama-sama. (SALAH)

- Lift sudah tidak dapat diisi lagi. (SALAH)

4. Apabila Andi masuk lift dengan membawa barang seberat 6 kg dan bergabung dengan kelima orang yang di dalam lift, berapa kg kapasitas lift yang tersisa? .... kg

Jawaban: 69 kg

5. Keluarga Dewi juga ingin masuk ke dalam lift. Mereka akan bergabung dengan kelima orang di dalam lift. Keluarga Dewi terdiri atas Ayah (72 kg), Ibu (63 kg), Feri (33 kg) dan Dewi (45 kg). Mereka membawa beberapa kardus.

Jawaban:

- Ayah, Ibu, dan Feri - berat kardus 2 kg
- Ayah, Feri, dan Dewi - berat kardus 20 kg
- Ibu, Dewi, dan Feri - berat kardus 29 kg

6. Jika Rosa dan Joni masuk bersamaan, kemudian bergabung dengan kelima orang di dalam lift, berapa kilogram barang paling berat yang dapat mereka bawa? Jelaskan alasan matematismu!

Jawaban: Jumlah berat Rosa dan Joni adalah 118 kg. Sementara sisa kapasitas lift yakni 170 kg. Sehingga bobot barang yang bisa dibawa Rosa dan Joni maksimal adalah 170 kg - 118 kg = 52 kg

CONTOH SOAL AKM LITERASI DAN KUNCI JAWABANNYA

Soal pertama

Siti dan Udin di Jalan. Siti dan Udin namanya. Muka mereka penuh debu. Dengan baju rombengan, mereka menyanyi di tengah kebisingan. Pagi sampai malam, mereka tersenyum dalam peluh, menyapa om dan tante, mengharap receh seadanya.

Beribu Siti dan Udin berkeliaran di jalan-jalan, dengan suara serak dan napas yang sesak oleh polusi. Kalau hari ini bisa makan, alhamdulillah. Siti dan Udin tetap berdoa agar mereka bisa sekolah dan punya rumah berjendela.


1. Apa permintaan Siti dan Udin dalam doanya?

Jawaban: Ingin bersekolah.

2. Manakah yang merupakan sifat Siti dan Udin? Beri tanda centang (√) pada setiap pernyataan yang benar !

Jawaban: Pekerja keras dan pemalu

3. Apa yang dilakukan Siti dan Udin di jalan?

Jawaban: Mengamen atau menyanyi bersama

4. Jelaskan alasan yang mendukung gambar tersebut sudah sesuai dengan isi puisi!

Jawaban: Dalam gambar tersebut menunjukkan dua orang anak yang sedang memainkan alat musik di jalan dengan wajah riang sehingga sesuai dengan teks puisi

Soal kedua

Tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan. Kurang tidur bisa membuat kita menjadi mudah marah dan tidak fokus dalam belajar. Kurang tidur juga akan membuat kita mudah lupa. Lingkaran hitam di bawah mata (biasa disebut mata panda) bisa timbul pada orang yang kurang tidur.

Jam tidur manusia berbeda-beda. Anak kecil tidur lebih lama daripada orang dewasa. Salah satu cara agar tidur pulas adalah dengan mematikan lampu sebelum tidur.


5. Apa yang menyebabkan mata kita terlihat seperti mata panda

Jawaban: Mata terlihat seperti mata panda karena kurang tidur.

6. Penyakit apa yang dapat berlipat ganda jika seseorang tidur kurang dari lima jam per malam?

Jawaban: Serangan jantung dan stroke.

7. Apa tujuan penulis pada teks tersebut?

Jawaban: Menginformasikan pembaca pentingnya waktu tidur yang cukup.

8. Manakah pernyataan yang benar tentang manfaat tidur cukup bagi kesehatan? Kamu bisa memilih lebih dari satu jawaban.

Jawaban:

- Membantu kita untuk fokus dalam belajar.
- Membuat kita lebih mudah mengingat sesuatu.
- Membuat kita lebih sabar dan tidak mudah marah.

9. Andi adalah seorang anak kelas 5 SD. Menurut artikel di atas, berapa lama waktu tidur yang diperlukan Andi setiap harinya? Mengapa?

Jawaban: Andi perlu tidur selama 9-11 jam karena usia andi adalah usia anak sekolah.

Download Soal AKM atau ANBK SD Kelas 5

Untuk bisa mengerjakan soal-soal AKM di Asesmen Nasional, siswa harus mempelajari konsep setiap materi pelajaran dengan baik, bukan hanya hafalan. Nah, sebagai bahan latihan, coba cari jawaban dari kumpulan soal AKM numerasi dan literasi yang bisa Anda download melalui link berikut ini: 


Contoh soal AKM atau ANBK SD kelas 5 di atas mungkin dirasa sedikit rumit. Memang diperlukan ketelitian siswa untuk memahami soal dan menemukan jawaban yang tepat. Supaya lancar dalam mengerjakan soal harus terus banyak berlatih.