Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kriteria Guru Ideal Kekinian, Ia Mampu Menyentuh Hati Siswa

Kriteria Guru Ideal Kekinian, Ia Mampu Menyentuh Hati Siswa

Guru tidak hanya sekedar menyampaikan materi ajar kepada siswa. Namun yang terpenting juga merubah pola pikir siswa. Perubahan pola pikir siswa ditandai dengan peningkatan secara kognitif, afektif serta psikomotor pasca perlakuan seorang guru kepadanya. Guru kekinian yang ideal memiliki beberapa kriteria berikut:

1. Guru yang mampu menyatukan hati dan pikiran diri dengan siswa

Kriteria pertama guru ideal kekinian adalah guru yang bisa menyatukan hati dan pikiran dirinya dengan siswa secara total. Siswa akan merasa nyaman dengan kehadiran guru yang mempunyai kriteria ini. Kehadirannya tidak menjadikan siswa takut dan khawatir. Performa yang memikat di awal pertemuan adalah strategi jitu yang harus dilakukan oleh guru untuk mengikat hati siswa. Jika sudah terikat, siswa akan menanti kehadiran guru.

2. Guru yang bersikap lembut dan jadi teladan di depan siswa

Ekspresi wajah dan pola komunikasi yang hangat dan bersahabat bisa memberi efek positif dan semangat belajar siswa untuk bersama guru tercintanya. Untuk menjadi guru ideal kekinian, guru harus mampu meyakinkan dirinya kepada siswa sebagai seorang yang dapat diandalakan untuk jadi teman diskusi, teman berbagi serta teman penyelesaia masalah. Kedekatan yang dibangun oleh guru dengan siswanya tetap memerhatikan aspek-aspek akademik dan sosial.

3. Guru mampu menjelaskan dengan jelas dan analogi realistik

Kriteria guru hebat kekinian yang ketiga ini berkaitan dengan kompetensi guru. Dalam pembelajaran, guru mampu menjelaskan dengan jelas dan dapat memberikan analogi realistik. Hal ini diawali dengan mendiagnosa kondisi pengetahuan siswa. Kemudian membaca tingkat pemahaman siswa sebagai parameter utama ketika menjelaskan materi pelajaran. Perlu diperhatikan juga capaian pemahaman siswa.

4. Guru yang mampu mengevaluasi siswa dengan cermat

Seorang guru yang ideal memahami proses pembelajaran yang kurang optimal, memperbaikinya serta meningkatkannya. Tidak ada yang harus dipersalahkan ketika target pembelajaran tercapai. Namun, guru selalu melakukan evaluasi yang tepat untuk perbaikan di masa mendatang. Guru yang memiliki kriteria ini senantiasa melakukan mereleksi kegiatan terdahulu dan tindaklanjut untuk perbaikan secara terus-menerus.

5. Guru yang mengakhiri kelas penuh dengan kesan

Kriteria guru ideal kekinian yang terakhir adalah ia mampu memberikan kesan yang tak terlupakan bagi siswa. Pembelajaran yang berkesan bagi siswa adalah ketika mereka mampu menceritakan kembali proses itu setelah belajar, merasakan kontekstualitas pembelajaran dalam kehidupannya serta menunggu kehadiran guru kembali untuk mengajarkan sesuatu yang baru. Cirinya yaitu kehadiran guru disenangi dan ketidakhadirannya dirindukan.