Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Penting, Cara Sekolah Membentuk Siswa Berkarakter

Penting, Cara Membentuk Siswa Berkarakter

Membentuk siswa berkarakter adalah tugas pendidik di sekolah, karena itu ketahui caranya. Siswa berkarakter  adalah siswa yang memiliki akhlak atau budi pekerti yang baik. Di sinilah peran guru di sekolah untuk mendidik siswa supaya lebih berkarakter. Namun hal ini juga merupakan tantangan para guru selain memberikan materi pelajaran.

Cara Membentuk Siswa Berkarakter

Pendidikan karakter merupakan pendidikan yang berkaitan dengan nilai, budi pekerti, moral, dan watak. Karena pentingnya pendidikan karakter, maka ini harus ditanamkan sejak dini. Hal ini bisa dilakukan di sekolah. Sehingga mampu membangun dan menguatkan karakter bangsa. Berikut beberapa cara untuk membentuk siswa agar berkarakter:

Guru Harus Menjadi Teladan

Cara pertama membentuk siswa berkarakter adalah guru harus senantiasa menjadi teladan yang baik bagi siswa-siswinya, baik dalam ucapan dan juga perilakunya. Kalau guru berkata hal-hal baik dan juga perilaku yang baik, maka akan dijadikan contoh yang baik juga oleh para siswanya. Bahkan dengan upacan dan perilaku yang baik pada guru akan bisa membuat siswa mengedepankan akhlaknya, sehingga bisa membangun karakter siswa.

Menerapkan Program 3K

Untuk membentuk siswa supaya berkarakter sekolah dapat menerapkan program 3K (Kebersihan, Keindahan, dan Ketertiban). Dengan melaksanakan program ini, akan tercipta budaya sekolah yang baik ditekankan dalam bentuk praktik. Contoh program 3K di sekolah yang sederhana adalah dengan mengadakan Jumat bersih, menyusun jadwal piket kelas, bahkan juga dapat dengan mengadakan lomba kebersihan antar kelas.

Melalui Program Sekolah

Cara selanjutnya untuk membentuk siswa berkarakter adalah dengan mengintegrasikan nilai-nilai karakter dengan berbagai program sekolah. Hal ini berguna untuk terus menanamkan dan menumbuhkan nilai-nilai karakter pada siswa. Mengintegrasikan nilai-nilai karakter juga dapat guru lakukan dalam pembelajaran di kelas dan mampu mengelola manajemen kelas.

Melalui Upacara Bendera

Untuk mendidik siswa supaya berkarakter adalah dengan melalui upacara bendera. Setiap hari Senin maupun hari besar nasional pastinya sekolahan selalu melaksanakan kegiatan upacara. Selain untuk meningkatkan rasa nasionalisme, kegiatan ini tentu dapat menanamkan dan menumbuhkan nilai-nilai karakter pada siswa, karena kegiatan ini dilakukan dengan tertib dan juga hikmat.

Nilai-nilai dalam pendidikan karakter yang perlu ditanamkan kepada siswa di antaranya; religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, cinta tanah air, peduli lingkungan dan sosial. Tips penerapan pendidikan karakter bagi siswa di atas bisa menjadi refleksi guru.