Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Latihan Soal KSN Matematika SD dan Pembahasannya

Latihan Soal KSN Matematika SD dan Pembahasannya

Kompetisi Sains Nasional (KSN) Matematika SD adalah kompetisi yang diadakan di Indonesia untuk siswa sekolah dasar (SD) yang memiliki minat dan kemampuan dalam matematika. KSN Matematika SD bertujuan untuk mendorong siswa untuk mengembangkan pemahaman dan keterampilan matematika mereka melalui tantangan dan soal-soal yang lebih kompleks.

Peserta KSN Matematika SD akan mengikuti serangkaian tahap seleksi, mulai dari tingkat sekolah, tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi, hingga tingkat nasional. Pada setiap tahap, siswa akan diuji melalui soal-soal matematika yang berbeda tingkat kesulitannya. Biasanya, soal-soal tersebut mencakup berbagai topik matematika dasar yang telah saya sebutkan sebelumnya.

Bagi siswa yang berprestasi dalam KSN Matematika SD, mereka dapat mendapatkan pengakuan dan penghargaan atas pencapaian mereka di bidang matematika. Kompetisi ini juga memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar dan bersaing dengan siswa lain yang memiliki minat dan kemampuan yang sama.

Jika Anda berminat untuk mengikuti KSN Matematika SD, disarankan untuk menghubungi pihak sekolah atau instansi pendidikan setempat untuk informasi lebih lanjut tentang proses pendaftaran dan persiapan yang diperlukan. Selain itu, Anda juga dapat mencari sumber belajar tambahan, seperti buku soal dan latihan, untuk mempersiapkan diri dengan baik.

Di bawah ini adalah beberapa contoh soal matematika untuk Kompetisi Sains Nasional (KSN) tingkat SD. Harap diingat bahwa KSN dapat memiliki berbagai jenis soal, dengan tingkat kesulitan yang bervariasi. Berikut ini adalah beberapa contoh soal:

Sepertiga jumlah uang Andi sama dengan seperempat jumlah uang Budi sama dengan seperlima jumlah uang Cipto sama dengan seperenam jumlah uang Dodi. Berapakah jumlah uang Cipto dan Dodi jika jumlah uang Andi dan Budi sama dengan Rp 28.000,00?

PENYELESAIAN :

Misalkan, jumlah uang Andi = A,
  jumlah uang Budi = B,
  jumlah uang Cipto = C, dan
  jumlah uang Dodi = D. 
Diketahui bahwa 1/3 A = 1/4 B = 1/5 C =  1/6 D
Misalnya 1/3 A = 1/4 B = 1/5 C =  1/6 D = N
Maka A = 3N, B = 4C, C = 5N dan D = 6N

Jelas A + B = 28.000 
maka 3N + 4N = 28.000
7N = 28.000
N = 4.000

Maka 𝐶 + 𝐷 = 5𝑁 + 6𝑁 = 11𝑁 = 11 × 4000 = 44000
Jadi jumlah uang Cipto dan Dodi adalah Rp 44.000,00.

Download Latihan Soal KSN Matematika SD dan Pembahasannya

Biasanya soal-soal KSN Matematika SD tahun sebelumnya sudah ada tersedia secara publik. Untuk mempersiapkan diri dengan baik, disarankan untuk menggunakan buku-buku latihan KSN Matematika SD yang tersedia di toko buku atau mencari sumber latihan matematika online yang serupa. Soal latihan KSN Matematika sd dan kunci jawabannya bisa Anda unduh melalui link berikut :



Selain itu, Anda juga dapat mengikuti berbagai ajang olimpiade matematika atau kompetisi serupa yang diselenggarakan di tingkat sekolah atau di luar sekolah. Ini akan membantu Anda mengasah keterampilan matematika dan mempersiapkan Anda untuk menghadapi tantangan matematika yang lebih kompleks.